CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Macintosh /
Share pengalaman claim / service MacBook Pro Retina GRATIS !!!! di Apple Retail Store
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e09997aa2d1955002415fcf/share-pengalaman-claim---service-macbook-pro-retina-gratis--di-apple-retail-store

Share pengalaman claim / service MacBook Pro Retina GRATIS !!!! di Apple Retail Store

Hi, mau sharing aja untuk kualitas layanan Apple Store, nih pngalaman ane aja sih, klo ada yg pernah ngalamin dan bertolak belakang, mohon dimaklumi ya karena pengalaman pribadi jadi sifatnya subjective sekali.

1. Macbook ane tipenya Mackbook Pro Retina 15-inch Mid-2017 , pembelian akhir Juni 2017

2. Baru sebulan penggunaan, skitar pertengahan Agustus 2017, ada insiden, bagian keyboardnya ketimpa sm batok chargernya yg jatoh pas lg dipegang mau di colok, ketinggian si batok charger cm skitar 5cm aja pas jatoh, tau2nya kena salah satu keypadnya yaitu keypad panah kanan nya patah (ringkih bener yak !!!, mungkin karena batok chargernya jg berat kali ya, tp harusnya cm dari ketinggian 5cm mah aman lah, mungkin ane aja yg sue)

3. Akhirnya akhir Agustus 2017 ane bawa lah macbook nya ke iBox CP dan karena masih garansi, ditinggal lah di sana.

4. Awal September 2017, dpt email dr iBox CP yg kasih kabar kalo proses perbaikan sudah selesai, semuanya free of charge, komponen yg diganti adalah seluruh set top case (penutup atas) yg meliputi case, keyboard, trackpad dan battery (karena mbp ane unibody, jadi seluruh komponen yg ane sebut itu menempel di set top case nya itu).

5. Setelah pulang, ane test macbook ane, semuanya emg baru, charge cycle battery jg masih 0-2 aja, jadi hati senang bgt, mantabs bgt kan gara2 satu keypad aja diganti smuanya.

6. Tapi setelah di test 1 hari, trnyata ada keanehan, batterynya jd cepet bgt abisnya, yg awalnya bs 10jam-an skg jd cuma 3jam-an aja, walaupun batterynya baru dan charge cycle nya msh kecil.

7. Setelah beberapa waktu, ane pikir mungkin karena lum kalibrasi dll lah ya, mau dibawa ke iBox CP lg rempong lagi tinggal lagi 1-2minggu, ane pikir pake aja lah smpe ud mau abis garansi, baru claim skaligus nanti.

8. Penggunaan normal selama 1,5 taon. Macbook ane kebanyakan dicolok charger nonstop karena memang kerjaannya dirumah dan juga memang batterynya cm tahan 3jam-an, dan ane baca2 kalo review dan info dr luar kalau pd bilang gak mslh colok 24 jam.

9. Karena terlena, akhirnya masa garansi lewat dan gak smpet bawa ke iBox untuk diclaim, dimana ane merasa menyesal sekali karena lalai, ya kan, secara brg mahal dan ane sayang2 skali

10. Masalah baru muncul ketika masa garansi lewat, yaitu banyak keypadnya yg mengalami repeated, yaitu di mana kalo kita pencet sekali munculnya beberapa kali char nya, yg mana memang setelah di check, emg ada mslh di butterfly keyboardnya dan Apple jg ud menawarkan perbaikan gratis untuk seluruh macbook yg terkena issue tersebut.

11. Selain masalah battery yg cepet abis, trus masalah keyboard yg repeated key, mslh baru itu trackpadnya jadi keras pencetnya, biasanya empuk skg tiba2 keras bgt. Bisa pencet sih, tp gak enak bgt de asli.

12. Setelah 3 mslh tersebut, akhirnya ane bawa ke iBox CP, setelah di check sebentar, mslh trackpad ternyata terimbas dari batterynya yg bunting alias menggelembung, yg ternyata menekan topcase-nya dan trackpadnya jadi trackpadnya jadi tertekan dari bawah sehingga kalo di pencet dari atas, otomatis jd keras. OMG !!! WTF!!! -- trus battery yg bunting jg bikin bottom casenya menggelembung sedikit jadi ketika di taroh di permukaan rata, jadi oplek oplek ato gak solid / gak pakem lah istilahnya.

13. Setelah konsultasi, katanya macbooknya harus ditinggal, biaya estimasinya sekitar 8-9juta karena sudah tidak garansi dan harus penggantian top case seluruhnya yg meliputi penggantian keyboard, trackpad dan battery sekaligus, dan lama estimasi skitar 30-40 hari pengerjaan.

14. Setelah dipertimbangkan, akhirnya gak jadi ditinggal di iBox CP, karena lamanya waktu proses dan mahalnya biaya yg menurut sy gak worth-it.

15. Konsultasi sana sini, cek sana sini, di Jakarta ada beberapa alrernatif, rangenya untuk battery sendiri sekitar 2jt - 2,5jt, dan stocknya pd gak ready, jd indent dlu, dan itu jg buat battery aja, gak trmasuk trackpad dan keyboard, yg mana keyboard nya makin lama makin mengganggu karena makin lama makin byk key nya yg repeated.

16. Akhirnya di December 2019, ada jdwl ke SG , jd ane putusin utk skalian bawa ke SG de lsg ke Apple Store nya.

17. Sebelum pergi, bikin appointment dlu di Genius Bar Reservation di www.apple.com, trus pas di bandara jakarta, lapor / declare dlu ke bea cukai biar aman, jd pas dibawa balik dr SG ke Indo sini, gak dikirain barang baru, klo ngga pas lg sial, nanti kena OTT Bea Cukai, dikirain beli baru, kna cukai lagi. Jadi gkda salahnya declare dulu, gak bayar apa2, gak ditnya apa2, paling SN nya aja, trus Passport dan fotoin fisiknya aja, beres de. Paling 15 menit aja waktunya.

18. Sampai ke SG lsg bawa ke Apple Store sesuai wktu perjanjian yg ud di bikin di Genius Bar Reservation sebelumnya.

19. Setelah sampai di Apple Store Orchard SG, lsg bawa ketemu teknisi, kasih tau keluhannya apa, gak smpe 5 menit, si teknisi info, smua part keluhan akan di replace for FREE !!!!  FOR FREEEEEEEEEEEEE !!!

20. Bisa bayangin senengnya kan yg sebelumnya di iBox CP estimasinya 8-9jt bahkan lebih, di Apple Store SG dikasih GRATISSSSSSSSSSSSSS !!!, sebelumnya 30-40hari, yg ini 5-7 hari aja. S.E.N.E.N.G BUANGEETTTT !!!

21. Untuk parts dan rincian biaya total di invoicenya untuk penggantian set-top-case berupa topcase+battery+keyboard+trackpad+touchbar+labor = SGD 597,53, yang kalau di-Rupiah-kan sekitar Rp. 6,3juta

22. Hal itu karena pertamanya ane claim klo mslh Keyboard, karena ternyata keyboard butterfly itu garansinya 4th, dan untungnya karena keyboardnya menyatu sm topcase, termasuk trackpad dan battery, jadi penggantian butterfly keyboard akan mengganti seluruh komponen tersebut karena jadi satu. Jadi klo agan ada yg unibody dan pake keyboard butterfly, kalo tips buat nakal, agan bs "tidak sengaja" buat rusakin keyboardnya, trus bw claim untuk keyboardnya, niscaya agan akan dapat penggantian full set keyboard, battery baru dan trackpad serta top case baru. Estimasi proses kerjanya jg 5-7 hari aja. W O W !!!

23. Salut dengan after salesnya Apple, bener2 customer dikasih service yg mantap pol, coba klo di Indo ada Apple resmi ya, makin gmpg dan enak bg-- sekarang ane makin mantab buat pake Apple, mereka gak cm jual produk, after salesnya mantabs bgt gakda dua nya.

24. Selang seminggu setelahnya, ane di kabarin kalau proses perbaikan sudah selesai, lsg book tiket PP CGK-SIN-CGK untuk hari yg sama, yg hrganya skitar 2,5jt, jadi itung2 ongkos ganti part ya ditebus dengan tiket PP aja, jauh drpd harus nunggu di sini dan di estimasi cost skitar 8-9juta.

25. Setelah bawa pulang, cek lagi, format, install ulang, berasa mantabs bgt, kyk baru lg, top case nya jadi mulus bgt, batterynya seperti baru lg, overall SATISFY and RECOMMENDED bgt pelayanan Apple Retail Store SG.

25. Pelajaran yang bisa dipetik dari kasus ini adalah, produk Apple sebenarnya produk premium, hanya saja kalau terjadi kasus setelah lewat garansi, harus pintar2 ngakalin claim nya, kalau ngga, ud pasti tekor ya, dan karena produk Apple Premium, layanan after-service-nya pun luar biasa, ada rusak dikit aja selama masih tercover garansi, lsg ganti part, gak pake ba-bi-bu-be-bo, tapi harga partnya sendiri memang muahal banget, makanya buat yg mau pake produk Apple cuma buat coba2, bukan yang bukan buat kerjaan serius, disarankan untuk ngga pake produk Apple de, terutama produk Macbook-nya keatas ya, kalau iPhone sih standard lah, sparepartnya banyak yg jual juga di sini, jd ngga masalah. Kalau buat kerjaan standard, lebih baik beli laptop non-Apple aja, harganya jauh lebih murah, sparepart banyak, gak rempong, cuma memang gkda yg bisa ngalahin MacOS di Macbook sih, ud psti mantab abis, computing cepet, responsive, gak bakal ada kata nge-lag, itu yg ngga kebeli harganya kalau di laptop non-Apple gak bisa dapetin, secepet2nya spek notebook non-Apple, bgitu pake Microsoft, setaon dua taon ud pasti kena lemot, solusinya harus updagrade hardware / install ulang, itu aja sih

Akhir kata, semoga pengalaman ini bisa membantu ya, yg mau tanya2 bole lsg komeng aja, akan ane jawab sebatas pengetahuan dan pengalaman ane.

Thanks yah ^^
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nextar7 dan 2 lainnya memberi reputasi
wah senangnya mendengar kabar ini.
Mbp saya juga terkena masalah Flexgate dan sekarang sudah mati total. saya ingin klaim program servis gratis dr Apple karna masalah layar ini. tp saya takut pihak Apple menolak karna mbp saya sudah keburu mati total. hmmm
profile picture
TS demos_xxx
kaskus maniac
bisa dicoba untuk bawa ke apple store terdekat, bisa ke MY atau SG kak, kalau bawa ke AASP di Indonesia ud pasti paling cepat disuruh nunggu 40 hari, lebih baik kalau ada waktu bisa lsg reserve appointment ke Genius Bar Apple langsung, dijamin oke kok pelayanannya -- kalo memang masuk dalam program service ud pasti diterima selama programnya masih ada, apapun kondisinya, selama tidak rusak terkena air ya
profile picture
[mention]demos_xxx[/mention] kalo di Indonesia ada gak Genius Bar ?
profile picture
TS demos_xxx
kaskus maniac
@Nextar7

Unfortunately di Indonesia tidak ada Genius Bar, Genius Bar hanya ada di Apple Store resmi gan -- kalau di Indonesia adanya AASP (Authorized Apple Service Provider), alias rekanan nya Apple, bukan Apple nya langsung, contohnya ada iBox dll ya -- tapi pasti-nya lama dan butuh waktu -- paling cepat 40 hari dan belum tentu gak di charge -- kalau di Genius Bar 100% FREE gan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di