CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Di Jawa, Dilarang Keras Menikah Melangkahi Kakak Perempuan, Bisa Jadi Perawan Tua!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb23075cf6c42a343e4562/di-jawa-dilarang-keras-menikah-melangkahi-kakak-perempuan-bisa-jadi-perawan-tua

Di Jawa, Dilarang Keras Menikah Melangkahi Kakak Perempuan, Bisa Jadi Perawan Tua!

"Wah si Fatimah kasian banget, sampe sekarang belum nikah, padahal temen-temen seumuran dia anak nya udah pada gede. Gara-gara dilangkahi nikah sama adiknya sih, jadi susah ketemu jodoh kan kakak nya". Sering banget ane denger omongan-omongan begini.

Seorang adik menikah duluan melangkahi kakak perempuannya yang masih single, wah sama aja ngajak perang kalo dikeluarga ane. Ga cuma dikeluarga ane sih, tapi dilingkungan kampung ane, masyarakat disini masih kental banget sama mitos-mitos leluhur. Apalagi masalah menikah melangkahi kakak perempuan, wah ini bener-bener pamali.

Mitos Dilarang Menikah Melangkahi Kakak Perempuan.

Bagi kalian para pria yang sedang menjalin hubungan dengan seorang wanita keturunan Jawa, pastikan pacar kamu punya kakak yang belum menikah atau ga. Kalau dia punya, wah pupuskan harapan untuk menikah cepat ya, karena bagi kami suku Jawa, sangat dilarang dan pamali untuk menikah melangkahi kakak perempuan yang masih single. 
Sebagian orang pasti menganggap ini hanya mitos belaka, tapi mitos ini telah bergeser menjadi tradisi untuk sebagian kalangan, jadi harap untuk tetap saling menghormati mengenai hal ini. Ane sendiri kurang tau sejak generasi kapan mitos seperti ini mulai beredar dan dipercaya oleh masyarakat Jawa, yang jelas sampai saat ini larangan untuk menikah melangkahi kakak perempuan masih ada

Mitos Tentang Nasib Sial Karena Dilangkahi Menikah
Untuk sebagian orang mungkin menikah cuma perlu memperhitungkan materi dan mental. Tapi di Jawa memperhitungkan silsilah keluarga juga sangat diperlukan. Awalnya ane tidak mempercayai hal-hal seperti ini karena ya ane hanya menganggap ini mitos biasa. Tapi di lingkungan ane bener-bener terjadi, yah kuasa Tuhan juga si ya, entah karena kebetulan atau memang mitos ini nyata.

Nasib sial untuk wanita yang dilangkahi yaitu akan kesulitan untuk menemukan jodoh, dan ga sedikit yang baru bisa menikah setelah usia diatas 40 tahun. Banyak juga yang percaya, bahwa wanita ini akan menjadi perawan tua. Serta nasib sial untuk si adik yang melangkahi adalah dia akan menjadi bulan-bulanan masyarakat, akan menjadi objek cibiran karena tega menikah melangkahi kakak perempuannya.

Ritual Yang Harus Dilakukan Untuk Menikah Melangkahi Kakak
Sebagian kalangan ada yang mempercayai, agar nasib sial tidak menghantui si kakak yang dilangkahi serta rumah tangga si adik yang melangkahi, keduanya harus melakukan ritual. Ada beberapa ritual yang harus dilakukan :
1. Menggigit Janur
Ritual ini dilakukan oleh sang kakak, jadi dia harus menggigit janur sebanyak 3 kali. Lalu janur yang sudah di gigit tersebut akan di pecutkan ke badan si kakak sebanyak 3 kali, setelah itu janur disimpan dibawah kolong kasur yang ditiduri oleh si kakak. Ritual ini dipercaya agar jodoh si kakak cepat datang. Kalo di tempat ane ritual ini jarang dilakukan sih.
2. Memberikan Barang/Tanda Mata
Ritual ini dilakukan oleh si adik, dimana adik akan membelikan barang atau apapun sesuai permintaan si kakak. Boleh berbentuk apa saja sesuai keinginan si kakak. Selain untuk ritual penolak sial, ini juga sebagai bentuk ucapan terimakasih dari si adik karena telah mengizinkannya menikah terlebih dahulu. 
3. Membuat Tumpeng Lancip Bersanding Dengan Ayam Ingkung Bakar.
Ritual ini disiapkan oleh keluarga yang akan melakukan 'langkahan' sebagai tanda atau simbol penghormatan untuk kakak. Dijawa setiap masakan yang disajikan saat pernikahan mempunyai makna, nah untuk tumpeng ritual langkahan juga sama. Nasi putih tumpeng berbentuk lancip sebagai makna keluhuran hati si kakak yang telah mengikhlaskan pernikahan adiknya. Sedangkan ayam ingkung bakar bermakna agar kakak yang dilangkahi menjadi orang yang terpandang.


Pada hakekatnya sih setiap daerah pasti punya tradisi, adat serta mitos tentang pernikahan yang berbeda-beda. Terlepas dari baik atau buruknya adat tersebut, atau bahkan bener atau ga nya mitos tersebut. Kita tetap harus menghargai dan menghormati kepercayaan setiap orang. Karena apa yang mereka percayai belum tentu salah, dan apa yang kita percayai belum tentu benar. 

Tapi yang sampe sekarang masih bikin ane bingung, mitos kalo kita percayai malah jadi kenyataan sedangkan mitos yang ga kita percayai ga pernah kejadian. Kok bisa gitu ya? 

sumber : 1 , opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sinsin2806
teesnya dagh merit belumemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
udah dong, ane kaga punya adek jadi kaga ada yang bisa ngelangkahin wkwk
profile picture
srusuut 
KASKUS Plus
punya bocah brp skrg
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
@srusuut belomm punyaa 🤣🤣
profile picture
srusuut 
KASKUS Plus
@sinsin2806 oaalah dikira sdh punya bocah skrgemoticon-ceyemmerit thn berapa
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
@srusuut baru 2 taon lalu gan
profile picture
srusuut 
KASKUS Plus
@sinsin2806 wagh masih baru yaa.. mau baby cowok apa cewek neeemoticon-Peluk
profile picture
Rainbow555
kaskus geek
@srusuut @sinsin2806 te esnya masih menunda punya momongan gan
profile picture
srusuut 
KASKUS Plus
@sinsin2806 pa kabar baru berrdar lagiemoticon-Shakehand2
profile picture
TS sinsin2806
kaskus maniac
@srusuut iya nih baru sempet buka2 thread lagi gan. sampe kangen pingin balesin komenan orang haahhaha
profile picture
srusuut 
KASKUS Plus
@sinsin2806 gimana prospekannya
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 10 dari 10 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di