CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pendapatan PLN Anjlok Rp3 Triliun Karena Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeafff988b3cb5df227dd64/pendapatan-pln-anjlok-rp3-triliun-karena-covid-19

Pendapatan PLN Anjlok Rp3 Triliun Karena Covid-19



Di tengah kontroversi melonjaknya tagihan listrik rumah tangga, konsumsi atau permintaan listrik sebenarnya berkurang sehingga berimbas pada sisi pendapatan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) di masa wabah covid-19.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini di Jakarta, Rabu (17/6), mengatakan pada sisi lainnya konsumsi listrik rumah tangga justru mengalami kenaikan drastis, namun hal tersebut belum mampu menutupi pada berkurangnya konsumsi industri dan bisnis.

Dalam rapat bersama Komisi VII DPR RI, ia menjelaskan bahwa penurunan pendapatan pada bulan Mei 2020 mencapai hingga Rp3 triliun.

Biasanya PLN mendapatkan pendapatan bulanan sebesar Rp25 triliun, namun pada bulan Mei hanya sebesar Rp22 triliun.

Berdasarkan pemaparannya, PLN mengalami kerugian sebesar Rp38,87 triliun pada kuartal I. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, BUMN listrik ini berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp4,14 triliun.

PLN memang mengantongi pendapatan usaha sebesar Rp72,7 triliun atau meningkat 5,48 persen di kuartal I dibanding periode yang sama di 2019. Namun beban usaha PLN mengalami lonjakan drastis yakni sebesar tujuh persen dari Rp73,63 triliun pada kuartal I-2019 menjadi Rp78,8 triliun di tiga bulan pertama tahun ini.

Kemudian PLN mengaku tengah menunggu pemerintah untuk mencairkan kompensasi atas subsidi listrik pada tahun 2018 dan 2019 dengan total kompensasi mencapai Rp45,47 triliun, demikian diberitakan Antara.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayutriadmojo dan 29 lainnya memberi reputasi
bubarin aja sih.,
ngaku rugi terus,... jijik ane kalo ngaku rugi,miskin,dll..
padahal mereka doang yg berdiri,.gak ada perusahaan saingan..mereka doang yg berkuasa di industri tenaga listrik (monopoli).

bisa ngaku pendapatan anjlok,dll..

udah tagihan gak masuk akal.., maruk abisssss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 35 lainnya memberi reputasi
profile picture
c4tboo
kaskus addict
lihat aja rumah2 petinggi pln...mobilnya mereka mereka apa.
profile picture
logika ente masuk juga, tp mgkn rugi karena biaya Operasional dan Produksi blm tertutup karena industri yg seharusnya makai listrik tp libur karena Pandemi emoticon-Hansip
profile picture
king.aslan
kaskus addict
Kenapa yang hanya dikelola satu badan usaha sering merugi ya
profile picture
gikogaza
kaskus geek
@c4tboo teman ane yg gtw si bagian apa ,ga bagian atas
udah enak idupnya boil ,liburan Ln
Tp au dah skrg gimana
jadi mau daftar masuk
emoticon-Ngacir
profile picture
amispelem
kaskus addict
Duh duh gini gan perjanjian antara pln dengan IP (kalo jawa bali) itu si IP menyediakan listrik konstan perbulan sedangkan penggunaan listrik turun tapi kontak udah di teken berarti si pln udah jelas harus bayar sama dengan pemakaian dan arus yg normal
profile picture
zan2599
kaskus addict
Gaji pewage yg pns dari pln nya bisa sampek belasan jt bahkan dari yg paling bawah..
gue masih ga abis pikir klo bumn katanya rugi, padahal gaji nya gila2 an..
ya tp entah lah,, cmiiwemoticon-Big Grin
profile picture
banyak utang gan, batubara ane dah 3 bulan gak dibayar, dah masuk 5 ton padahal
profile picture
kbeniadip
kaskus geek
definisi rugi perusahaan itu berbeda.. gak kejer target pemasukan pun dibilang kerugian kok..
profile picture
emineminna
aktivis kaskus
@juruketik69 oh ini toh penyebab ruginya emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis

Ga kepikiran di ane gan! emoticon-Cape d...
profile picture
daisukeasakura
kaskus maniac
gw ga paham praktik monopoli kayak ginian. dari denger obrolan, kalo pln lapor profit, suntikan dana dari pemerintah bakal dikurangi.
entah bener atau nggaknya.
profile picture
keenan09
kaskus addict
PLN giitu loh, NO SUAP tp yaa.. gitulah
profile picture
isalazi
kaskuser
banyak bumn yg rugi gan, kayak kerjaan ane salah satu bumn pupuk juga gitu, harga impor jauh lebih murah, makanya ada subsidi, dan harus diakuin kalau gajinya kadang jauh lebih tinggi dari umr, rugi disini dalam artian belum kepotong sama subsidi, jadi masih bersih hpp dan harga jual dari perusahaan tsb
profile picture
ghostnewbie
kaskus addict
@JuStupiD 5 tongkang apa 5 ton bro, 5 ton mah sedikit
profile picture
kalau liat kehidupan pegawainya, kayaknya salah satu akibat meruginya dari situ....
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 14 dari 14 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di