CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Waspadai Ciri Orang Manipulatif di Sekitarmu! Kalau Cerdas Nggak Bakal Ketipu!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee18370c342bb6b53424659/waspadai-ciri-orang-manipulatif-di-sekitarmu-kalau-cerdas-nggak-bakal-ketipu

Waspadai Ciri Orang Manipulatif di Sekitarmu! Kalau Cerdas Nggak Bakal Ketipu!

Waspadai Orang - Orang Manipulatif di Sekitarmu!

Beragam karakter manusia berbaur di lingkungan sosial, masing - masing punya kelebihan dan kekurangan. Kita tidak bisa memilih akan dipertemukan dengan manusia berkarakter seperti apa, namun waktu lah yang akan membuka apakah seseorang yang kita kenal merupakan orang yang baik atau tidak. Hal yang paling membahayakan adalah ketika kita tidak paham bahwa orang terdekat kita ternyata punya potensi menjadi orang yang manipulatif. Keberadaannya dapat memanfaatkan kita, menghambat, menghalangi bahkan merusak urusan kita tanpa kalian sadari.

Nggak mau dong gansist mendapatkan efek buruk ini? Sebelum kita membahas tentang ciri - ciri orang manipulatif, mari kita pahami dulu apa sebenarnya arti dari manipulatif. Menurut KBBI, manipulatif berasal dari kata dasar manipulasi yang berarti usaha seseorang untuk memengaruhi tindakan, mindset dan sikap orang lain tanpa orang tersebut menyadarinya. Jadi, mereka bisa dengan lihainya membuat korbannya melakukan hal yang dia kehendaki untuk mencapai tujuannya tanpa terdeteksi sedang mengelabuhi. Serem kan?

Jika terkecoh, kita bisa salah menilai si manipulatif sebagai orang yang luar biasa baik, punya tujuan mulia hingga penolong dan bahkan sahabat sejati. Ciri - ciri manusia manipulatif antara lain :

1. Rela memanfaatkan orang lain untuk tujuan pribadi

Demi melancarkan aksinya untuk memanfaatkan orang lain, biasanya sosok manipulatif membuat si korban melakukan apa yang dia kehendaki melalui taktik menakut - nakuti secara halus, seperti "Kalau kamu tidak melakukan ini, nanti kamu bisa saja dianggap bla bla bla". Namun apa yang dia katakan tidak sama sekali kentara bila bernada ancaman, melainkan hasutan halus sehingga si korban merasa dia bukanlah orang yang berbahaya.

2. Berbohong

Sifat wajib bagi orang manipulatif adalah sering berbohong. Entah demi menutup - nutupi motifnya maupun mengarang cerita yang sebenarnya tidak ada. Untuk terlihat baik dan menciptakan citra diri sesuai dengan harapannya ketika dilihat orang lain.

3. Mengadu domba

Hal yang paling parah adalah rela mengadu domba pihak A dan B agar saling bertikai. Padahal cerita yang disampaikan hanyalah cerita karangan saja yang ditambah bumbu dan dipanaskan agar nuansa semakin hot. Ketika kedua belah pihak telah berseteru, kebahagiaan batin dia dapatkan. Tetapi ketika salah satu pihak menyadari sikapnya yang buruk itu, dia akan berkelit ataupun play victim (berakting seolah - olah dia adalah korban).

4. Manis di depan, lain di belakang

Muka dua, ungkapan yang pantas bagi orang yang lain di depan lain di belakang. Di depan kita seolah - olah berpihak pada kita, tapi di belakang kita menjelek - jelekkan kita dan membela pihak yang lain. Individu semacam ini seperti ular berkepala dua!

Quote:


So, guys ... semoga kita semua terhindar dari orang - orang manipulatif dan licik seperti yang ane sebutkan di atas ya! Kalau kalian pernah punya pengalaman buruk terkait orang dengan ciri - ciri di atas, share di kolom komentar yuk! Jangan lupa bagikan thread ini ke media sosial kalian dan follow adnanami di Kaskus, Facebook & Instagram!



Sumber :
KBBI & opini + observasi TS

Sumber gambar : keepo.me
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cydol dan 64 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
wah ini sih udah toxic ya gan kalau ane biasany kalau udah gt ya ane hindari terus si
profile-picture
adnanami memberi reputasi
profile picture
TS adnanami 
KASKUS Plus
emg harus dihindri
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di