CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Jambi /
[COC Reg Jambi] Keunikan Seni Yang Wajib Agan Dan Sista Ketahui
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ede7e69c820843ce95bd73f/coc-reg-jambi-keunikan-seni-yang-wajib-agan-dan-sista-ketahui

[COC Reg Jambi] Keunikan Seni Yang Wajib Agan Dan Sista Ketahui

Spoiler for screenshotan:



Saat membicarakan Jambi, sebenarnya sih lebih tertarik dengan unsur-unsur kebudayaannya. Namun, karena segalanya yang mengandung seni, kusukai sekali, apalagi dengan tradisi dan kebudayaan, seperti sebuah hoby yang diminati dan tidak pernah puas untuk mengoleksinya, tersebab terlampau banyak ciri khas budaya yang unik dan beraneka ragam.

Namun pada kesempatan kali ini, mencoba menuliskan tentang arsitektur dari rumah adat Jambi yang menarik perhatian.

Dan kenapa harus rumah adatnya sih yang menarik untuk diulas!?

Semuanya itu dikarenakan ukiran kayu yang terdapat di antaranya, itulah seni yang menurut pendapat Ts, sangat unik dan menarik perhatian.

Bagaimana lagi ya...sudah jatuh cinta itu agak kesulitan untuk move on, seperti tidak ingin terpisahkan lagi .... Tersebab sudah merekat, serupa dengan kau dear..ya hanya kau, pujaannya seniku...emoticon-Wkwkwk

Ya udahlah, cekidot dah gambar-gambarnya berikut ini!? Indah bukan?
Quote:



Keunikan rumah adat jambi (Kajang leko) terdapat pada strukturnya bangunannya, yang mana menyerupai rumah panggung, bentuk rumahnya persegi dan memiliki dua buah tangga. Dan pada bentuk atapnya itu gan-sis, unik sekali. Selayaknya seperti perahu yang dilengkapi oleh cabang-cabang, berbentuk melengkung dan saling ketemuan, seperti halnya sebuah seni Yang menemukan wadahnya, nampak aduhai sangat mempesona pandangan mata.

Dan kalian tau tidak? Konstruksi dari atap rumah adat Jambi tersebut, acap kali disebut dengan "gajah mabuk" bumbungan atapnya yang berbentuk seperti perahu, yang mana membuat penampilan ujung atapnya yang melengkung tersebut lebih unik, menjadi gambaran diatas angan, bahwa bangunan tersebut seperti lebih kokoh, jantan dan berwibawa, karena memiliki kekuatan dan kedamaian dari bahan-bahannya yang saling menunjang keserasian, yang mana bahannya tersebut dibuat dari anyaman ijuk.

Langit-langit atap juga di buat seperti tebar layar, yang mana berfungsi menjadi sebuah pembatas, antara ruangan loteng dengan ruang penyimpanan.

Pada lengkungannya tersebut juga dinamakan potong jerabah, atau lipat kajang dan kesemuanya itu lebih dipercantik dengan dibungkus oleh ukiran ukiran yang sangat unik, berseni dan mempunyai pencitraan dan bermakna.

Pada dinding-dinding rumah adat tersebut juga terdapat banyak sekali ukiran, dengan motif-motif yang beragam, yang masing-masing memiliki makna filosofi tersendiri. Seperti halnya motif yang sering sekali diketemukan yaitu : berbentuk bunga, daun dan buah yang kesemuanya itu adalah menjadi sebuah perlambangan, bahwa hutan di jambi adalah merupakan inti utama dari kehidupan masyarakat jambi.

Rumah Jambi ini mempunyai sebuah kepercayaan yang mana dikatakan bahwa, rumah adat ini tidak boleh dibangun sembarangan. Rumah adat Jambi hanya boleh dibangun menghadap arah utara dan selatan saja. Selebihnya tidak diperbolehkan. Jumlah anak tangga pada rumah adat jambi juga memiliki perbedaan, untuk menentukan derajat status sosial Jambi.


Quote:


Begitulah kira-kira penjelasan tentang rumah adat Jambi tersebut.


linknya
profile-picture
profile-picture
Laruku07 dan nona212 memberi reputasi
pejwan untuk keterangan lebih lanjut
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di