CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Gaji Terakhir belum dibayar perusahaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edd70348d9b176be551bc91/gaji-terakhir-belum-dibayar-perusahaan

Gaji Terakhir belum dibayar perusahaan

Salam Hormat suhu Melek Hukum.

Saya Karyawan PKWT dari perusahaan Retail Terkemuka di Indonesia. Kontrak Kerja saya berakhir di tanggal 31 Mei 2020. Gaji terakhir saya yang seharusnya turun di setiap tanggal 28 via tf ke rekening belum saya terima hingga hari ini tanggal 8 Juni 2020. Berarti sudah ada 12 hari dari tanggal seharusnya gaji dibayarkan. Saya sudah bertanya perihal gaji saya yang tidak kunjung turun kepada Manager saya. karena saya kerja di retail jadi segala masalah harus saya tanyakan via Manager toko terlebih dahulu sebelum nantinya di Tembus ke HRD. karena Manager saya hanya mengurus Absensi saja dan kegiatan operasional toko maka wewenang gaji dsb itu adalah tanggung jawab pihak Payroll Perusahaan. Dan kemudian saya dapat jawaban bahwasanya Pihak payroll tidak akan mentransfer segala macam transaksi kecuali di tanggal yang memang sudah ditentukan dari Perusahaan dalam hal ini tanggal Gajian adalah setiap tanggal 28 dan tanggal untuk pembayaran Overtime (Hari Libur Nasional yang digantikan dengan uang lembur) adalah tanggal 13. Selain tanggal tersebut tidak akan ada transaksi Transfer rekening dsb.

Yang ingin saya tanyakan adalah kemungkinan Gaji saya akan turun di Tanggal 13 Juni 2020 yang berarti gaji saya sudah di pending selama 16 hari. Atau bisa jadi di tanggal 28 Juni 2020. Saya sudah adukan perihal ini kepada Disnakertrans. Dan sudah dalam proses penindaklanjutan. apa sanksi untuk perusahaan yang sudah secara langsung menahan gaji saya, yang dalam hal ini saya merasa dirugikan hak saya. Terlebih sekarang situasi karena Pandemik membuat berbagai kebutuhan saya yang mendesak saya abaikan karena saya belum mendapatkan sepeserpun hak gaji saya. Dan hingga hari ini Saya masih belum dapat kepastian kapan Paklaring saya akan terbit. Dan ternyata Beberapa kawan saya yang sudah resign, Kebanyakan dari mereka adalah Pegawai Harian malah belum mendapatkan gaji mereka sama sekali. karena upah karyawan harian tidak seberapa maka beberapa diantara mereka merelakan begitu saja gaji terakhir mereka yang tidak terbayarkan.

Mohon dibantu untuk pencerahannya . Sehat selalu untuk kita semua
profile-picture
profile-picture
nona212 dan VolkswagenPutih memberi reputasi
Saya sudah adukan perihal ini kepada Disnakertrans. Dan sudah dalam proses penindaklanjutan. apa sanksi untuk perusahaan yang sudah secara langsung menahan gaji saya, yang dalam hal ini saya merasa dirugikan hak saya.

Tunggu sj kelanjutan dr disnakertrans. Menahan gaji sanksinya denda.
profile picture
Sanksi dendanya itu gmn maksudnya ya, jadi dendanya itu diberikan ke Disnakertrans ?
profile picture
titoa.ja
kaskus addict
@bayitabungan Diberikan ke pekerja, seperti ini:
Terlambat 4-8 hari denda 5% per hari, hari ke-9 sampai 30 denda ditambah 1% per hari tp total max 50% upah. Hari 31 dst denda sebesar bunga bank BUMN.

Misal gaji 1 juta, maka denda hari ke 4-8 = 50 rb per hari, denda hari 9-30 = 10 rb. Jk menahan gaji sampai 30 hr mk total dendanya hanya dihitung 50% x 1 jt = 500rb.
Hari 31 dst "cuma" mendapat denda sesuai bunga bank pemerintah, misal bunga di bank 12% per tahun mk dapatnya cuma 1/30 % per hari
profile picture
@titoa.ja kalau perusahaan tetap tidak membayar denda bgmn gan? Misalkan dia cuma bayar gaji saja tok
profile picture
titoa.ja
kaskus addict
@bayitabungan tdk seperti matahari yg kita tahu pasti bakal terbit dgn sendirinya, hak2 yg diberikan hukum itu hrs diperjuangkan dgn aktif

jd mumpung disnaker blm memberikan anjuran penyelesaian masalah ini sebaiknya segera saja pastikan komponen denda itu mereka masukkan dlm anjuran, caranya: datang ke disnaker pura2 tanya bagaimana kelanjutan masalah ente, lalu pura2 tanya 'saya denger jika perusahaan menunda bayar gaji dpt dikenakan denda berdasar PP Pengupahan, pak/bu .. apakah itu benar?' selanjutnya mintalah dgn sopan agar komponen denda dimasukkan dlm "gugatan" ente
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di