CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Gaji Terakhir belum dibayar perusahaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edd70348d9b176be551bc91/gaji-terakhir-belum-dibayar-perusahaan

Gaji Terakhir belum dibayar perusahaan

Salam Hormat suhu Melek Hukum.

Saya Karyawan PKWT dari perusahaan Retail Terkemuka di Indonesia. Kontrak Kerja saya berakhir di tanggal 31 Mei 2020. Gaji terakhir saya yang seharusnya turun di setiap tanggal 28 via tf ke rekening belum saya terima hingga hari ini tanggal 8 Juni 2020. Berarti sudah ada 12 hari dari tanggal seharusnya gaji dibayarkan. Saya sudah bertanya perihal gaji saya yang tidak kunjung turun kepada Manager saya. karena saya kerja di retail jadi segala masalah harus saya tanyakan via Manager toko terlebih dahulu sebelum nantinya di Tembus ke HRD. karena Manager saya hanya mengurus Absensi saja dan kegiatan operasional toko maka wewenang gaji dsb itu adalah tanggung jawab pihak Payroll Perusahaan. Dan kemudian saya dapat jawaban bahwasanya Pihak payroll tidak akan mentransfer segala macam transaksi kecuali di tanggal yang memang sudah ditentukan dari Perusahaan dalam hal ini tanggal Gajian adalah setiap tanggal 28 dan tanggal untuk pembayaran Overtime (Hari Libur Nasional yang digantikan dengan uang lembur) adalah tanggal 13. Selain tanggal tersebut tidak akan ada transaksi Transfer rekening dsb.

Yang ingin saya tanyakan adalah kemungkinan Gaji saya akan turun di Tanggal 13 Juni 2020 yang berarti gaji saya sudah di pending selama 16 hari. Atau bisa jadi di tanggal 28 Juni 2020. Saya sudah adukan perihal ini kepada Disnakertrans. Dan sudah dalam proses penindaklanjutan. apa sanksi untuk perusahaan yang sudah secara langsung menahan gaji saya, yang dalam hal ini saya merasa dirugikan hak saya. Terlebih sekarang situasi karena Pandemik membuat berbagai kebutuhan saya yang mendesak saya abaikan karena saya belum mendapatkan sepeserpun hak gaji saya. Dan hingga hari ini Saya masih belum dapat kepastian kapan Paklaring saya akan terbit. Dan ternyata Beberapa kawan saya yang sudah resign, Kebanyakan dari mereka adalah Pegawai Harian malah belum mendapatkan gaji mereka sama sekali. karena upah karyawan harian tidak seberapa maka beberapa diantara mereka merelakan begitu saja gaji terakhir mereka yang tidak terbayarkan.

Mohon dibantu untuk pencerahannya . Sehat selalu untuk kita semua
profile-picture
profile-picture
nona212 dan VolkswagenPutih memberi reputasi
Gw kurang paham sih masalah hukum,

Tapi biar urusan lo dipercepat sama perusahaan tsb, coba aja terus2an blow up hal ini ke medsos dan forum2 kayak kaskus gini gan. Jadi biar perusahaan itu nganggep serius dan bikin mereka terburu2 buat selesain.

Satu lagi, jangan gerak sendiri2. Gerak barengan. Kumpulin opini dr karyawan yg ngalamin hal yg sama kayak lo. Trus saran gw lo bikin aja sih threadnya di twitter, kaskus, sama up juga di quora.

Semoga gaji lo yg kepending bisa cepet cair ya gan. Dan urusannya cepet kelar.

Btw ya, misalkan thread lo ini disajiinnya bagus dan isinya panjang, gw rasa bisa naek ke HT deh. Karena topiknya bagus menurut gw..
profile picture
Ya makasih gan atas supportnya. Kebanyakan kawan ane yang gak keluar gajinya udah pada legowo. Oh iya gan jadi di tahun lalu CEO perusahaan ini visanya di Indonesia itu bukan visa pekerja. Gak ada yang mau up masalah ini emoticon-Leh Uga
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di