CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ternyata Orang Indonesia Pernah Menjadi Pemegang Saham Terbesar Lamborghini Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed88b41349d0f380f3c658d/ternyata-orang-indonesia-pernah-menjadi-pemegang-saham-terbesar-lamborghini-gan

Ternyata Orang Indonesia Pernah Menjadi Pemegang Saham Terbesar Lamborghini Gan!


Kalau nyebutin pabrikan otomotif supercar, salah satu nama yang gak mungkin terlewat adalah Lamborghini. Pabrikan asal Italia ini memiliki deretan supercar yang peminatnya sangat banyak. Nah, ternyata Agan dan Sista dibalik eksistensi Lamborghini tersebut, orang Indonesia pernah loh menjadi pemilik saham terbesar perusahaan Lamborghini. 

Tercatat ada orang Indonesia yang pernah menjadi pemegang saham mayoritas Automobili – Lamborghini S.p.A pada rentang waktu 1994 hingga 1998.


Jadi ceritanya GanSis, sebelum dimiliki oleh orang Indonesia, Lambo pernah ada di bawah induk perusahaan mobil AS, Chrysler. Karena diterpa krisis, Chrysler memutuskan untuk menjual merek supercar tersebut ke konsorsium V’Power Corporation dan Mycom Setdco, yang berbasis di Bermuda.

FYI, V’Power Corporation adalah perusahaan milik putra Presiden Soeharto, Tommy Soeharto. Sementara Mycom Setdco adalah grup investasi asal Malaysia, yang mana sebagian besar sahamnya milik pengusaha Indonesia, Setiawan Djodi. Pada 21 Januari 1994, perusahaan patungan tersebut mengakuisisi Lamborghini dengan nilai US$ 40 juta.

Deretan model – model populer lahir semenjak dipegang oleh kedua perusahaan tersebut. Model – model tersebut juga sangat populer di zamannya. Dua diantaranya adalah Lambo model SV yang ringan, kuat, dan nyaman dikendarai, dan VT Roadster yang mengusung konsep convertible dengan atap yang bisa dibuka tutup.

Sayangnya kepemilikan Lamborghini dibawah perusahaan Indonesia gak berlangsung lama GanSis. Krisis moneter yang dialami Indonesia pada tahun 1998 ternyata cukup berdampak bagi kedua perusahaan tersebut. Kondisi ini pun dimanfaatkan oleh korporasi otomotif asal Jerman, Audi AG. Pada 27 Juli 1998, Audi AG resmi menjadi pemilik tunggal semua saham Automobili – Lamborghini S.p.A. Audi membeli perusahaan Lamborghini dengan nilai mencapai US$ 110.000.000.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
Orang 62, yg tajir ga ketulungan tu banyak aslinya.

Tapi ga pada mau keliatan
profile picture
aldean1605
kaskus addict
kalo keliatan orang orang pajak pada malakin emoticon-Hansipemoticon-Hansip

Makanyaa stay humble dan biasanyaa, anak perusahaan ny pake atas nama anak buah nyaa yg dipercaya emoticon-Hammer2

Soalnyaa big boss ane gitu emoticon-Wkwkwk
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di