CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Keluarga Tanpa Rumah, Fenomena Di Masa Kini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed4298a82d49561f026fc83/keluarga-tanpa-rumah-fenomena-di-masa-kini

Keluarga Tanpa Rumah, Fenomena Di Masa Kini

Rumah adalah sebuah kebutuhan setiap orang, meskipun bukan sesuatu yang benar-benar mendesak untuk dibutuhkan namun rumah adalah sesuatu yang penting bagi mereka yang telah berkeluarga. Tanpa adanya rumah tentunya ada masalah tersendiri bagi mereka yang berkeluarga saat tinggal bersama orangtua atau mertua yang terkadanh penuh dengan masalah. Masalah rumah atau tempat tinggal bisa menjadi masalah serius bila dibiarkan begitu saja berlarut-larut tanpa adanya jalan keluar yang pasti.

Credit : ahad.co.id

Rumah menjadi sebuah dambaan tersendiri bagi mereka yang sudah berkeluarga terlebih lagi sudah memiliki anak sangat mendesak untuk punya rumah sendiri. Bagi mereka yang belum punya rumah ada yang terpaksa tinggal bersama mertua atau orang tua meski tak jarang ada yang merasa tak betah tinggal bersama mertua atau orang tua karena ada konflik di dalamnya. Selain ada yang bersama mertua dan orang tua, bagi mereka yang tak punya rumah tentunya akan menyewa rumah kontrakan dengan biaya sewa tak sedikit terutama di kota-kota besar.

Bukan rahasia lagi bila ada mereka yang sudah menikah dan berkeluarga namun tak punya rumah. Beruntunglah bagi mereka yang sudah memiliki rumah baik itu membeli rumah atau bisa membangun rumah di atas tanah warisan orang tua atau tanah hasil dari pembelian dari orang lain. Tak semua orang bisa beruntung memiliki rumah, tak dikota maupun di desa tak sedikit orang yang tak memiliki rumah yang tetap entah itu tinggal bersama mertua atau orang tua maupun tinggal di rumah kontrakan. Tak sedikit mereka yang merantau namun sudah berkeluarga dan memiliki gaji yang cukup akan tetapi tak bisa membuat rumah sendiri karena gaji yang dimiliki habis untuk keperluan lain entah itu konsumsi, bayar sewa kontrakan dan kebutuhan lainnya.

Keluarga tanpa rumah, itulah fenomena masa kini. Meski tinggal di suatu tempat namun pada dasarnya belum memiliki rumah yang dimiliki oleh diri sendiri. Masalah semakin rumit saat upaya membangun rumah sendiri namun sulit untuk diwujudkan. Lalu bagaimana solusinya? Tentunya kembali kepada setiap orang masing-masing. Bagi yang sudah berkeluarga mau tak mau harus mengatur keuangannya sendiri untuk menabung uang agar bisa membangun rumah, selain itu pendapatan harus ditingkatkan agar cita-cita memiliki rumah sendiri bisa diwujudkan. Tak harus rumah yang mewah, rumah sederhana namun layak di tempati tak mengapa karena dengan memiliki rumah tentu kehidupan sebuah keluarga akan terasa lengkap.

Bagi yang belum menikah alangkah baiknya punya rumah dulu sebelum berkeluarga karena setelah berkeluarga akan susah menabung untuk membangun rumah karena uang yang ada akan terpakai untuk kebutuhan hidup jika tak bisa mengaturnya. Tak perlu nekat untuk segera cepat menikah, tinggal di rumah kontrakan terkadang bukan solusi yang selalu tepat karena dalam jangka panjang sebuah keluarga butuh rumah yang dimiliki oleh sendiri. Begitu juga rencana tinggal bersama mertua atau orang tua setelah menikah bukanlah langkah yang bijak karena tak jarang hal tersebut menimbulkan konflik.

Credit : sehatq.com

Keluarga tanpa rumah, itulah fenomena yang ada di sekitar kita, tak hanya dialami oleh mereka yang baru menikah namun juga dialami oleh mereka yang sudah lama berumah tangga. Tanpa ada perencanaan dan manajemen yang baik akan susah memiliki rumah. Alangkah baiknya bagi yang belum menikah milikilah rumah terlebih dahulu untuk tempat tinggal bersama pasangan dan anak setelah menikah nanti. Untuk yang sudah terlanjur menikah namun belum memiliki rumah tetaplah semangat dan jangan berkecil hati, selama kita berusaha dan sungguh-sungguh pastinya tekad memiliki rumah bukanlah suatu hal yang mustahil. Demikian tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber lain
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangbud30 dan 47 lainnya memberi reputasi
Balasan post theni
bener banget emoticon-Big Grin
profile-picture
theni memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di