CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
10 Hal Tragis saat Proses Pembuatan Film
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e992fe6eaab25074806f13d/10-hal-tragis-saat-proses-pembuatan-film

10 Hal Tragis saat Proses Pembuatan Film


Pixabay.com
Pembuatan sebuah film merupakan sebuah proses yang sangat panjang. Lamanya proses penggarapan film dikarenakan kebutuhan skrip film itu sendiri. Jika sebuah film memiliki skrip yang panjang, maka durasi film tersebut juga akan panjang sehingga proses pembuatannyapun membutuhkan waktu yang sangat lama. Selain karena kebutuhan skrip film, lamanya proses pembuatan film juga disebabkan oleh kendala-kendala yang dialami selama proses penggarapan film itu sendiri. Beberapa hal yang dapat menjadi kendala dalam pembuatan sebuah film bisa berupa kecelakaan. Beberapa genre membuat film menampilkan adegan-adegan berbahaya. Pengambilan gambar adegan-adegan berbahaya tersebut bahkan berakhir tragis sehingga menghilangkan nyawa manusia.

1. Kecelakaan Pesawat dalam The Flight of The Phoenix (1965)

gotengoxgodzilla.blogspot.com
Kecelakaan pesawat dalam film Flight of The Phoenix berawal dari ide sang produser Robert Aldrich dan pilot stunt yang bernama Paul Mantz ingin mengulang pengambilan gambar pendaratan pesawat. Alih-alih mendapatkan hasil lebih baik dari gambar sebelumnya, perekaman ulang tersebut malah berujung petaka. Pesawat yang digunakan Mantz mendarat di pasir yang tak rata. Hal tersebut mengakibatkan patahnya badan pesawat sehingga hidung pesawat menabrak daratan secara vertikal. Dalam kecelakaan tersebut Mantz sang stunt meninggal seketika. Seorang korban lainnya, Bobby Rose mengalami patah tulang pada bahu dan panggulnya.

2. Insiden dalam proses pembuatan film Shark (1969)

Pixabay.com
Kejadian tragis selanjutnya terjadi pada film Shark. Film Shark merupakan sebuah karya yang tak memuaskan. Saking buruknya, Samuel Fuller ini pernah meminta agar namanya tak dimuat dalam kredit di akhir film. Selain merupakan film yang tak bagus, proses pembuatan film Shark juga dihiasi sebuah kejadian tragis. Kejadian naas tersebut menimpa seorang stuntman, Jose Marco. Sang stuntman digigit oleh seekor hiu putih ketika melakukan pengambilan gambar di laut. Ketika melakukan pengambilan gambar bawah air dengan seekor hiu banteng, sang stuntman digigit oleh seekor hiu putih. Hiu tersebut mencabik tubuh stuntman dibagian perutnya. Hewan tersebut menyerang Marco setelah melewati jaring yang telah dipersiapkan untuk menghambat area pengambilan gambar. Hal tersebut membuat Marco meninggal.

3. Hal mistis saat penggarapan film Annabelle

cinemablend.com
Hal mengerikan selanjutnya terjadi dalam proses pembuatan film Annabelle. Pembuatan film horor memiliki tantangan tersendiri. Hal tersebut mengharuskan para kru memiliki keberanian luar biasa. Saat proses pembuatan film Annabelle, ada dua kejadian supranatural yang terjadi. Kejadian pertama adalah penampakan bekas tiga kuku yang diduga berbentuk cakar di dinding sebuah ruangan. Sedangkan kejadian mistis kedua adalah penampakan cahaya yang jatuh ke kepala seorang aktor yang sedang berakting sebagai pembersih gedung.

4. Robekan pada lambung kapal kru film

Liputan6.com
Peristiwa tragis lainnya terjadi saat proses pembuatan film Jaws. Kejadian tersebut menimpa para kru pada hari-hari akhir pembuatan film tersebut. Lambung kapal yang dinaiki para kru robek. Steven Spielberg yang ditunjuk sebagai sutradara mengarahkan agar para kru agar dievakuasi dari kapal tersebut. Untungnya peristiwa bocornya kapal kru film tersebut tak memakan korban. Untuk mengangkut para kru tersebut, sebuah kapal didatangkan. Selain kebocoran kapal, hal mengerikan terkait film tersebut juga ada pada klaim anak Stephen King bahwa extra dalam film merupakan mayat korban pembunuhan yang ditemukan di Provincetown pada tahun 1974.

5. Kelumpuhan stuntman Harry Potter

moviemania.io
Kejadian tragis selanjutnya adalah kejadian yang menimpa seorang stunt film Harry Potter. Stunt yang bernama David Holmes tersebut mengalami peristiwa naas saat ia telah bekerjasama dengan Daniel Radcliff selama enam tahun. Holmes mengalami kecelakaan ketika proses pembuatan film Harry Potter and The Deadly Hallows. Sebuah stunt membuatnya terbentur ke sebuah dinding dan ditarik dengan kabel berkekuatan tinggi. Hal tersebut membuat Holmes lumpuh dari bagian dada hingga bawah tubuhnya. Holmes menghabiskan waktu 6 bulan di rumah sakit. Untuk membantu biaya pengobatan Holmes Daniel Radcliff melakukan penggalangan dana dengan menjadi host sebuah acara amal. Setelah perawatannya yang menghabiskan waktu lama Holmes mendirikan rumah produksi dengan dua orang rekannya yang sama-sama lumpuh.

6. Kejadian Tragis saat proses penggarapan The Abyss (1989)

hollywoodreporter.com
Peristiwa tragis selanjutnya dalah yang terjadi pada proses pembuatan film besutan James Cameron, The Abyss. Film yang disutradarai oleh sutradara film-film fenomenal seperti Titanic dan Avatar tersebut didominasi oleh adegan bawah air. Sebagian besar adegan film diambil di dalam air dengan kedalaman 40 kaki. Pembuatan film tersebut diwarnai oleh kejadian-kejadian yang menyedihkan. Kejadian pertama adalah stres yang dialami oleh aktor utama yang membuatnya pergi dari tempat shooting dan tak melanujutkan penggarapan film. Selain itu hal yang sama juga terjadi pada pemeran wanita dalam film tersebut. Selain dialami oleh para aktornya, kejadian tragis dalam proses pembuatan film The Abyss juga menimpa sang sutradara. James Cameron hampir menemui ajalnya ketika dia kehabisan oksigen di dalam air.

7. Kecelakaan truk vs sedan di The Hangover II

Imdb.com
Kejadian tragis lainnya terjadi ketika proses pembuatan film The Hangover part II. Peristiwa mengerikan tersebut menimpa seorang stuntman yang bernama Scott Mclean. Suatu adegan di film Hangover II yang berupa kecelakaan antara sebuah mobil sedan dengan truk membuat Scott mengalami kerusakan otak. Walaupun Scott telah sering berlatih dan mengulang adegan tersebut, pria tersebut malah mengalami kecelakaan ketika pengambilan gambar. Saat adegan kecelakaan antara mobil sedan dengan truk, Scott yang bersandar di jendela truk terkena hantaman mobil sedan.

8. Kecelakaan di lokasi shooting Midnight Rider

abcnews4.com
Peristiwa mengerikan dalam pembuatan film lainnya terjadi dalam film Midnight rider. Pembuatan film Midnight Rider diwarnai oleh beberapa hal tak mengenakkan. Pengambilan gambar adegan yang berlokasi di sebuah rel mendapat larangan dari perusahaan pemilik rel. Selain larangan dari pemilik rel, hal naas ajuga terjadi ketika beberapa kru 'ngeyel' dan tetap melakukan pengambilan gambar di rel tersebut. Seorang asisten sutradara meninggal dan 7 kru film luka karena tertabrak kereta ketika mempersiapkan pengambilan gambar. Seorang aktor dalam film Midnight rider awalnya meragukan keamanan para kru dan bertanya pada sutradara. Namun sang sutradara malah bersikukuh bahwa para kru akan aman. Pernyataan sutradara tersebut akhirnya membuat dia didenda sebesar US $ 5000 dan dikenakan tuntutan memasuki sebuah tempat secara ilegal dan tak sengaja menghilangkan nyawa manusia.

9. Tragedi pembuatan film Roar (1981)

indiewire.com
Kengerian selanjutnya terjadi saat proses pembuatan film Roar. Film tersebut bercerita tentang serangan binatang buas terhadap sebuah keluarga. Namun sayangnya tak satupun kebun binatang yang mau menyewakan hewan mereka untuk kebutuhan skrip film tersebut. Kesulitan tersebut tak menyurutkan niat Noel Marshall dan Istrinya sehingga mereka membeli beberapa ekor singa, harimau dan gajah. Pada saat mereka mulai menggarap film tersebut, sinematografer film tersebut harus menerima 220 jahitan setelah diserang oleh singa. Tak hanya itu, istri Marshall juga harus menerima akibat dari tindakannya. Hedren mengalami patah tulang kaki ketika dia mencoba menunggangi seekor gajah. Anak Marshall, Melannie Grifith juga menerima 50 jahitan di kepala setelah diserang singa.

10. Kanker yang diidap oleh kru The Conqueror (1956)

apptheatre.org
Peristiwa tragis berikutnya adalah kanker yang dialami oleh para pemeran film The Conqueror. Hal tak menyenangkan tersebut terjadi karena lokasi pembuatan film tersebut berjarak 137 mil dari reaktor Nevada National Security Site. Lokasi pembuatan film tersebut sangat dekat dengan tempat tes senjata nuklir AS. 91 dari 220 orang yang terlibat dalam pembuatan film The Conqueror mengalami kanker, 46 diantaranya meninggal. Director Dick Powell mengalami kanker ginjal dan bunuh diri pada 1963. John Wayne mengalami kanker paru-paru dan perut senhingga meninggal pada 1979. Susan Hayward meninggal pada 1975. 
GIF
tenor.com
Film merupakan karya yang sering menarik perhatian masyarakat secara luas. Hal tersebut disebabkan oleh keindahan-keindahan latar, paras para aktor, dan akting yang tersaji dalam film. Namun film-film menarik terkadang memiliki cerita tak mengenakkan dalam proses pembuatannya. Beberapa film yang telah sukses mengambil hati masyarakat ternyata diwarnai kejadian-kejadian tragis saat proses pembuatannya. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan kecacatan bahkan menghilangkan nyawa manusia.

Sumber gan

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 118 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh GutSchreiben
Quote:


Iyaaa sekarang keknya pada pake grewn screen
profile-picture
GutSchreiben memberi reputasi
profile picture
mamabraddox
kaskus addict
betul gan, kayanya agan terlalu semangt nih sampe typo wkwkw
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di