CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Serangga Ini Mengalahkan Harga Daging. Jangan Kaget Dengan Rasanya, Sangat Nikmat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eccaa2b7e3a725b5f4bf3a4/serangga-ini-mengalahkan-harga-daging-jangan-kaget-dengan-rasanya-sangat-nikmat

Serangga Ini Mengalahkan Harga Daging. Jangan Kaget Dengan Rasanya, Sangat Nikmat

Assalamu'alaikum Gansis. Jangan bosen ya kalo sering baca threadku. Hehe ....



Quote:



Threadku kali ini, mungkin akan membuat kalian heran, melongo, bikin ngiler, pengen nyoba, penasaran, deg-degan, asal jangan eneg ya, Gansis.

Temen-temen pasti tau kalo belalang hanyalah hewan pemakan daun. Ya tau laah .... Biasanya hinggap di tanaman apapun yang mereka kehendaki.

Apakah kalian pernah dengar, kalo belalang bisa dijadikan lauk atau camilan?

Tempat tinggalku begitu banyak persawahan dan ladang. Memang cukup jauh letaknya dari rumah. Belalang kadang menjadi hama bila tidak terkondisikan. Habis sudah padi, jagung dan tanaman lainnya.

Petani atau remaja setempat sengaja berburu belalang saat malam hari. Lebih gampang menangkapnya, karena posisi belalang saat itu sedang tidur.

Tahun kemarin, belalang dijual perkilonya mencapai 120 ribu. Bayangkan, mengalahkan harga daging sapi di pasaran.

Lalu, awal bulan tahun ini harganya mulai turun. Perkilo belalang mentah seharga 100 ribu. Kemudian, sudah dua bulan sekarang ini harganya turun kembali menjadi 80 ribu perkilo.

Harga belalang mentah sudah mahal, palagi dijual matang. Pernah beli 1 pack kecil belalang matang dan sudah diberi bumbu, harganya 5 rb cuma dapet delapan biji belalang utuh. Nggak kebayang mahalnya.

Semua spesies belalang ditangkap dan diolah. Ada juga yang alergi setelah makan belalang, karena kemungkinan belalang yang berwarna hijau itu yang dimakan. Jarang juga yang terjadi. kalo tidak mau alergi karena belalang, bisa juga beli mentahan dan nanti dimasak sendiri. Biasanya pembeli memilih belalang kayu (warna coklat) dan belalang padi (warna coklat, putih atau keabuan).

Sekarang, aku coba membagikan resep belalang goreng ala aku sendiri. Bahan sederhana aja sih. Oke, siap catet ya.


Quote:



Mudah 'kan cara memasaknya. Harus sabar kalo beli mentah, karena satu per satu buang kaki belalang yang bergerigi dan kotorannya. Pakai gunting aja lebih cepet.

Dijamin deh, bakalan habisin nasi. Kalo nggak, ngabisin duwit. Selera lidah memang nggak sama. Kadang pas masak nggak pake cabe, asal gurih aja. Ada juga yang doyan pedas, cabe sampe melapisi belalang goreng hingga merata. Beuuh ....

Kalo kalian penasaran, gimana rasanya? Coba cari belalang satu aja. Jangan lupa, sayap, kaki dan kotorannya di buang , ya. Goreng pake garam aja. Itu sudah nikmat. Selamat menikmati.







Sumber foto : dokpri
Sumber opini : blog pribadi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan 75 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh muyasy
asli enak nih.. udh sering makannya di sumba NTT
profile-picture
muyasy memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di