CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec84fcbf0bdb24a7d343f82/andropause

Andropause


Ketika wanita mengalami menopause, ovarium akan berhenti berfungsi. Keadaan ini dapat terjadi lebih cepat oleh berbagai faktor, antara lain seperti mengonsumsi alkohol dan rokok, telat menarche.

wanita yang mengalami menopause biasanya akan mengalami beberapa kondisi fisik seperti insomnia, kekeringan pada area vagina, hot flashes dan nyeri sendi. 
 

Seperti halnya wanita mengalami menopause, laki-laki secara fisiologis akan mengalami andropause. Andropause adalah penurunan kadar testosteron seiring penuaan usia. Pada kondisi ini laki-laki masih bisa memproduksi sperma yang mana masih mungkin berkesempatan memiliki anak.


Andropause dapat menyebabkan beberapa gejala antara lain; kebotakan pada kepala, peningkatan tekanan darah, perasaan mudah tersinggung, penurunan libido, menurunnya ukuran testis, kurangnya daya konsentrasi.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa andropause timbul lebih cepat karena di pengaruhi berbagai faktor, salah satunya obesitas yang di ukur dengan indeks massa tubuh. Indeks Massa Tubuh adalah suatu jumlah yang dihitung berdasarkan berat dan tinggi badan seseorang.



Kenapa Pria dengan Obesias dapat mengalami andropause dini


Menurut Lakshman KM, berat badan yang melampaui batas kebutuhan fisik dan skeletal, mengakibatkan penimbunan lemak tubuh yang berlebih. lemak berlebih inilah yang dapat menurunkan kadar testosteron melalui peningkatan proses aromatisasi testosteron menjadi estrogen.



Perubahan Psikologis


beberapa kondisi psikologis yang akan dialami oleh orang-orang andropause adalah perubahan suasana hati, kecemasan, penurunan gairah seksual, dan insomnia. Salah satu kesamaan paling umum yang dialami pria dan wanita saat mengalami menopause dan andropause adalah secara emosi mereka akan kembali ke keadaan semula sebelum mereka memasuki masa pubertas.    


      


*Aromatisasi adalah proses yang terjadi secara alami dalam tubuh untuk mengubah testosteron menjadi estrogen, yang mengaitkan enzim aromatase dalam prosesnya.



 Sumber : Jurnal Darma Agung Husada, Volume 7, Nomor 1, April 2020 : 22-26

 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 5 lainnya memberi reputasi
Baru tau ini gan,,
Terimakasih. Jadi tau ane..
emoticon-2 Jempol
profile-picture
union442 memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di