CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
7 Kebiasaan Ini, Ternyata Dapat Menurunkan Tingkat Kecerdasan Otak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec3d9ea337f933b4e782d12/7-kebiasaan-ini-ternyata-dapat-menurunkan-tingkat-kecerdasan-otak

7 Kebiasaan Ini, Ternyata Dapat Menurunkan Tingkat Kecerdasan Otak

Hai... agan agan semua.. berjumpa kembali dengan saya emoticon-Hai

Otak merupakan bagian tubuh manusia yang sangat penting. Jika diibaratkan dalam sebuah komputer, otak berperan sebagai prosesor yang berfungsi untuk mengolah data dan informasi yang diperoleh, agar bisa dimengerti dan dipahami. Setiap prosesor tersebut tentunya mempunyai tingkat performa yang berbeda-beda disetiap komputernya, ada yang cepat ada yang lamban, begitu juga dengan otak manusia. Setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda pula, ada yang memiliki kecerdasan otak yang sangat baik dan ada pula yang biasa-biasa saja. Ada yang punya kapasitas memori dan daya ingat yang bagus, tapi ada juga yang mudah pelupa dan sulit mengingat sesuatu. Semua itu tergantung kebiasaan dan cara kita merawat kesehatan otak tentunya. Kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari akan sangat berpengaruh perkembangan dan kesehatan otak. Dari sekian banyaknya kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari, berikut ini telah saya rangkum tujuh kebiasaan yang dapat menurunkan tingkat kecerdasan seseorang. emoticon-thumbsup


1. Kecanduan smartphone
Quote:

Dijaman yang serba modern ini, smartphone dan gadget adalah dua benda yang tidak lepas dari aktivitas sehari-hari. Smartphone ataupun gadget rasanya sudah menjadi benda wajib yang harus dimiliki. Hampir semua pekerjaan ataupun kegiatan dilakukan dengan bantuan kedua benda tersebut. Tapi tahukah agan agan sekalian, kalau penggunaan smartphone yang terlalu sering dapat mengurangi tingkat kecerdasan seseorang loh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Swiss Tropical and Public Health Institute, sering terpaparnya radiasi dari smartphone dapat merusak daya ingat otak. Gelombang radiasi RF-EMF yang dihasikan smartphone dapat menurunkan performa daya ingat remaja.

2. Multitasking
Quote:

Bagi orang yang sangat sibuk dan memiliki banyak pekerjaan atau aktivitas, melakukan multitasking adalah pilihan yang harus dijalankan. Beberapa orang bisa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan secara bergantian. Misalnya, seseorang dapat mengubah layar desktop komputernya menjadi beberapa display, mengerjakan beberapa pekerjaan dengan melompat dari satu display ke display yang lain.

Tapi, menurut penelitian yang dilakukan oleh Earl Miller dari Massachusetts Institute of Technology kegiatan multitasking ini justru dapat mengurangi kemampuan kinerja otak. Dengan melakukan multitasking, membuat otak menjadi tidak fokus dan ini menyebabkan otak bekerja dua kali lipat dan akibatnya otak menjadi cepat lelah. Lamban laun jika kebiasaan ini terus dilakukan maka dapat menurunkan tingkat kognitif otak.


3. Terlalu Banyak Konsumsi Gula
Quote:

Gula ataupun makanan manis lainnya, selain dapat menimbulkan penyakit diabetes apabila konsumsinya berlebih, juga dapat memperlambat kinerja otak loh. Menurut  penelitian dari University of California, konsumsi gula terutama Fruktosa yang berlebihan dapat mempengaruhi cara kerja sel-sel otak, otak cenderung akan memproses gula menjadi energi untuk berpikir. Karena kondisi tersebut, maka kita akan merasa harus mengonsumsi gula saat kita berpikir atau sedang belajar. Karena dampak yang kurang baik itu, alangkah baiknya, mulai sekarang agan mulai mengurangi konsumsi gula dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung omega 3 untuk menjaga kesehatan otak.

4. Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Berlemak

Quote:

Waktu kita kecil, kita sering dinasehati untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, dan hal itu memang benar. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak selain tidak baik untuk pencernaan, juga dapat memperlambat fungsi otak. Menurut peneliti Kelly Purtell dari Ohio State University, menyatakan bahwa anak-anak yang terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, maka cenderung akan mengalami keterlambatan perkembangan otak. Makanan cepat saji yang mengandung banyak gula dan pengawet 

Selain makanan cepat saji, makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, seperti gorengan tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi. Makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi dapat menyebabkan ganguan sirkuit otak dan mood. Gangguan mood ini dapat mengakibatkan perasaan 'senang' untuk terus mengosumsi makanan berlemak tersebut.


5. Googling
Quote:

Dijaman yang serba canggih dan cepat ini, penggunaan sistem pencarian seperti google ataupun sejenis, akan sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang belum dipahami. Bagi seorang pelajar Google sudah menjadi mesin pencarian yang dapat menyediakan berbagai macam materi dan penyelesaian soal-soal mata pelajaran. Tapi ternyata kebiasaan googling tanpa berusaha berpikir terlebih dahulu dapat membuat kualitas kecerdasan otak kita menurun. Dengan langsung melakukan googling, artinya kita tidak memanfaatkan memori-memori dalam otak untuk memproses informasi. Karena memori dan cara berpikir otak yang jarang diasah tersebut, maka lamban laut dapat mengakibatkan menurunnya tingkat kecerdasan.

6. Kebiasaan Menonton Acara Yang Bodoh
Quote:

Tanpa disadari semua kebiasaan yang kita lakukan ternyata berdampak pada kualitas otak dan cara berpikir kita, termasuk salah satunya acara-acara apa saja yang kita tonton. Peneliti mengungkapkan apa yang kita tonton sehari-hari sangat mempengaruhi kecerdasan otak, jika kita terbiasa menonton acara yang berbau informatif dan mengedukasi maka akan membuat cara berpikir kita cenderung baik untuk kedepannya dan sebaliknya apabila kita terbiasa menonton acara sampah dan kurang mendidik maka akan mempengaruhi perkembangan pola pikir kita juga kurang baik kedepannya.

7. Sering Berkendara Terlalu Lama



Kebiasaan terlalu sering berkendara dalam waktu yang lama, ternyata berdampak pada kualitas otak loh. Menurut peneliti dari University of Leicester, berkendara lebih dari 2 jam dalam sehari berpotensi dapat menurunkan IQ seseorang. Penelitian yang dilakukan dengan mempelajari 500.000 orang selama 5 tahun tersebut, mendapatkan hasil berupa mereka yang sering berpergian menggunakan mobil lebih dari 2 jam sehari atau berpergian jarak jauh, cenderung mengalami penurunan kemampuan kognitif otak. Hal tersebut terjadi karena pikiran kita kurang aktif atau kurang bekerja selama berkendara.

Di atas adalah beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan, justru dapat menurunkan tingkat kecerdasan otak. Beberapa kebiasaan diatas mungkin sudah melekat pada diri kita dan sudah menjadi hal yang sulit dihilangkan, tapi sebaiknya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat bagi kehidupan agan, mungkin mulai sekarang bisa dikurangi. emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

Btw terima kasih atas kunjungannya, salam cendol.. emoticon-Cendol (S)

Sumber penulisan: 1. https://health.detik.com/ 
                                  2. https://www.idntimes.com/


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 82 lainnya memberi reputasi
Kayaknya karena mindset juga sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
Yoi. gan... always positif thinking
profile picture
kyukyunana
kaskus addict
Berfikir secara internet positif gan emoticon-Big Grin
profile picture
dogmagila
kaskus holic
Perlu banyak baca bacaan yg bermanfaat juga sih utk ngimbangin hal diatas yg udah jd pola kehidupan manusia modern
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di