Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Bukan Atari Atau NES, Inilah Konsol Game Pertama di Dunia Yang Jarang Diketahui Gamer
Bagi para gamer yang tahu atau pernah memainkan konsol jadul kebanyakan mulai bermain game dari eranya Playstation atau Nintendo Entertainment System (NES). Ketika ditanya apakah konsol video game pertama mungkin akan menjawab Atari 2600 atau NES karena kedua konsol tersebut merupakan yang pertama kali meraih kesuksesan secara komersil dan paling berpengaruh dalam industri gaming. Namun ternyata konsol game pertama bukanlah NES ataupun Atari 2600. NES memang sukses namun itu adalah konsol generasi ketiga dan Atari 2600 yang legendaris itu adalah konsol generasi kedua. Lalu, apa konsol game pertama di dunia? Jawabannya adalah Magnavox Odyssey. Konsol ini diluncurkan pada 1972 dan jadi cikal bakal konsol video game modern.

Tahun RilisBukan Atari Atau NES, Inilah Konsol Game Pertama di Dunia Yang Jarang Diketahui Gamer
Konsol Magnavox Odyssey dirilis pada 1972. Konsol ini dikembangkan oleh kecil yang dipimpin oleh Ralph Baer dan diperkirakan terjual sekitar 350.000 unit. Ya, konsol ini memang bukanlah konsol yang meraih kesuksesan komersil seperti Atari 2600. Namun tetap termasuk dalam sejarah penting dalam evolusi dan perkembangan konsol video game karena Magnavox Odyssey memberikan inspirasi bagi yang lain untuk bisa menyempuranakan sebuah konsol video game.

Belum Input AV Apalagi HDMIBukan Atari Atau NES, Inilah Konsol Game Pertama di Dunia Yang Jarang Diketahui Gamer
Di era sekarang untuk bisa menghubungkan konsol ke televisi atau monitor membutuhkan input HDMI dan dulu juga bisa melalui input colokan Audio Visual (AV) dengan kabel RCA. Kedua hal itu tidak akan ditemukan dalam Magnavox Odyssey yang cara menghubungkannya ke tv adalah dengan menempelkan sebuah plastik overlay ke layar. Plastik tersebut berbeda-beda untuk setiap judul game. Hal ini karena pada waktu itu masih belum ditemukan teknologi input Audio Visual di tv dan masih cukup banyak tv hitam putih. Memang, Magnavox Odyssey dihubungkan dengan alat khusus ke tv namun itu bukanlah alat input AV seperti tv zaman sekarang.

Cara BermainBukan Atari Atau NES, Inilah Konsol Game Pertama di Dunia Yang Jarang Diketahui Gamer
Pertama-tama adalah memasang plastik yang berisi satu judul game dan menyalakan switchbox di bagian perangkat utama ke televisi. Di layar menampilkan sebuah gambar statis yang tidak akan berubah dan dua titik yang bisa dikendalikan pemain dengan stik dan satu titik lagi digerakan oleh sistem dalam permainan. Titik-titik tersebut mirip sebuah senter atau laser sehingga sangat terlihat primitif untuk zaman sekarang ini. Lebih primitif dari NES sekalipun. Cara dan objektif permainan tergantung dari judul game itu sendiri. Tidak banyak judul game yang tersedia dalam Magnavox Odyssey.

Judul GameBukan Atari Atau NES, Inilah Konsol Game Pertama di Dunia Yang Jarang Diketahui Gamer
Tidak banyak judul game yang bisa dimainkan di Magnavox Odyssey, belum ada devoloper video game saat itu dan konsol ini hanya mempunyai 28 judul game saja termasuk Tennis, Table Tennis, Ski, Simon Says, Hocket, Cat and Mouse, dll. Semua judul game memang tidak terkenal seperti deretan game Atari 2600 namun salah satu judul game menjadi inspirasi Atari 2600 untuk menciptakan game legenderis nan ikonik, "Pong".

Penjualan Magnavox Odyssey dihentikan pada 1975 karena buruknya pemasaran. Konsol ini kini menjadi bagian sejarah video game dianggap menjadi nenek moyang segala jenis konsol game.

Nah, gan. Ternyata ini dia leluhurnya konsol game di dunia, lebih tua dari NES dan tidak banyak orang yang tahu emoticon-Ngakak

Quote:
minhakim20
squid.bakar
nona212
nona212 dan 135 lainnya memberi reputasi
134
7.1K
105
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
indramamothAvatar border
indramamoth
#101
Nenekmoyang segala game consol emoticon-Matabelosayangnya enggak lanjut
0
Tutup