CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wapres Maruf Amin: Negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8c435a72768618e03cd90/wapres-maruf-amin-negara-berpenduduk-mayoritas-islam-susah-majunya

Wapres Maruf Amin: Negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya

Maruf Amin menyebut jika sebagian besar negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam susah untuk maju. Hal ini pula yang terjadi pada Indonesia.

Pernyataan ini bukan sekadar ungkapan belaka, sebab dia turut menjabarkan sejumlah faktor, mengapa bisa demikian.

Menurut Wapres Maruf Amin, susahnya maju negara berpenduduk agama Islam karena menerapkan cara pikir konservatif dalam kehidupan sehari-hari. Maka, ekonomi dan pendidikan pun menjadi tertinggal.

“Cara berpikir konservatif menjadi salah satu penyebab mengapa negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim masih tergolong underdevelopment country dan mengalami ketertinggalan dalam ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya,” kata Wapres Maruf Amin saat menyampaikan ceramah yang disiarkan TVRI, disitat Antara, Senin 11 Mei 2020.


Wapres Maruf Amin kemudian menilai cara berpikir tersebut semakin berkembang akhir-akhir ini, khususnya ketika muncul kelompok-kelompok masyarakat yang berpikir bahwa kemurnian Islam harus dibangun dengan cara tekstualis.

“Cara berpikir seperti itu memang sudah mulai berkembang akhir-akhir ini, ketika isu kemurnian Islam harus dibangun dengan kemudian kita mengalami kemunduran berpikir dan mengarah pada cara pikir yang sangat tekstual,” katanya.

Kelompok konservatif tersebut, lanjut Wapres Maruf Amin, biasanya menolak adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dianggap tidak sesuai dengan pemahaman mereka terhadap ajaran agama Islam secara tekstual.


Padahal, kata dia, pemahaman secara tekstual dan konservatif itu tidak sesuai dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW.

Cara berpikir konservatif tersebut juga menghambat upaya-upaya dalam mewujudkan peradaban Islam.

Untuk membangun kembali peradaban Islam, kata Wapres Maruf Amin, pola pikir wasathi atau moderat harus ditanamkan dan dikembangkan di negara Islam dan negara berpenduduk mayoritas Muslim.


“Cara berpikir konservatif seperti itu menghambat dan kontraproduktif terhadap upaya membangun kembali peradaban Islam. Oleh karena itu, cara berpikir wasathi dapat menjadi pijakan kuat untuk kita membangun kembali peradaban Islam yang kuat,” katanya.

https://www.hops.id/wapres-maruf-ami...susah-majunya/

bener sih,muslim indo ni kalo dinasehatin ,ngelesnya mentingin surga dr pd dunia..emoticon-Cape deeehh

pdhl kalau perut lapar ujung2nya jd rampok,jambret,tukang todong,ngerusuh jgemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 137 lainnya memberi reputasi
.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abahsange69 dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh batanganal
profile picture
jamkecil
kaskus addict


ilmu darimana yang menyatakan nilai kurs SDH PASTI paralel dengan tingkat kemajuan suatu negara??? emoticon-Malu emoticon-Malu
profile picture
yuniharto
kaskus addict
coba kasih tau produk obat, IT, otomotif, kimia, pertanian atau senjata yang dikembangkan dan dibuat oleh negara2 yang agan sebut itu.

bandingin sama Israel deh.. 😉
profile picture
TS dispenserr
kaskus addict


jd menurut loe negara dengan mata uang tertinggi=termakmur?

cari tau dulu supaya ga malu..berapa bantuan ekomomi USA ke jordania pertahun..

saudi sdh menuju sekuler krn tau ekonominya goyang akibat minyak yg jatuh

negara islam lain jg mana ada yg maju tanpa ngandalin minyak

UEA dubai pun sdh menuju sekuler
profile picture
TS dispenserr
kaskus addict
@batanganal tetap aja negara maju..dan jd tujuan utama berbondong2 negara impian umat islam sedunia utk mencari kehidupan yg lbh baikemoticon-Smilie
profile picture
@jamkecil .............
profile picture
jamkecil
kaskus addict
@batanganal
maksudnya elo sendiri?? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile picture
jamkecil
kaskus addict
@batanganal
oman yordania sama jepang korea kursnya tinggian mana??
majuan mana?? emoticon-Malu (S)
profile picture
jamkecil
kaskus addict
@batanganal
sama ama ini ... emoticon-Malu (S)

Government Debt to GDP in Bahrain is expected to reach 105.00 percent by the end of 2020, according to Trading Economics global macro models and analysts expectations. In the long-term, the Bahrain Government Debt to GDP is projected to trend around 110.00 percent in 2021, according to our econometric models.

the debt reached $35.1 billion representing 93.4% of its GDP.
...
Economy of Jordan.

emoticon-Malu emoticon-Malu
profile picture
yuniharto
kaskus addict
@batanganal oh iya, mungkin ane kurang baca.

bisa disebut produk dari negara2 yang agan bilang maju itu? selain minyak dan turunannya yang operator dan manajemennya bule2 itu ya gan.

mungkun agan mau bantu ane yang kurang baca ini...
profile picture
skyver
kaskuser
Duh kalian kocak uy..
Coba dong baca nya jgn cuma dr 1 sisi aja, kurs doang lah, utang doang lah, coba sana perbandingkan seluruh aspek negara nya..
klo mau menilai kemajuan banyak aspek nya coi..

Ane mah awam bgt soal ini, cuma yg ane tau klo mau menilai sesuatu jgn cm liat 1 / 2 sisi aja.. tp seluruh nya..
Sama aja kaya menilai org jgn cm dr kulit nya aja..

Hade.. yg ada cm jadi debat KUSIR aje
profile picture
lexia
kaskus maniac
negara yang ente sebut diatas semua emang kaya dari alam yaitu minyak...ga butuh pinter2 coba kalo minyak abis atau ga laku?..perumpamaan anak orang kaya meski tiap hari main game tidur ya otomatis kaya...operator semua ya orang bule...tapi mereka masih mending lah...masih nikmatin daripada indonesia ....nyerahin free port nyaris gratis bertahun tahun...ke bule...padahal itu kekayaan yang sangat besar
profile picture
yuniharto
kaskus addict
@lexia kata siapa gratis? itu barter sama kursi kekuasaan gan. Coba cek kapan UU penanaman modal asing ditandatangani, benang merahnya langsung keliatan dah...
profile picture
lexia
kaskus maniac
@yuniharto Ya kan ga gratis hanya bagi beberapa orang gan...kalo bagi ratusan juta rakyat indonesia..seperti gratis karena ga mendapat apa2..
profile picture
lexia
kaskus maniac
@yuniharto Kalo itu mega korupsi ane paham gan semua juga paham...tapi indo suruh ngelola dan ambil emas di Freeport juga ga bisa gan...SDM dan teknologi belum mumpuni
profile picture
Newbie220502
kaskus addict
Dungu emoticon-Wakaka
profile picture
atmajazone
kaskus maniac
@dispenserr yg negara pusat agama sana malah mulai moderat. Yg lain ada yg malah semakin konservatif. :P
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 23 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di