CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wapres Maruf Amin: Negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8c435a72768618e03cd90/wapres-maruf-amin-negara-berpenduduk-mayoritas-islam-susah-majunya

Wapres Maruf Amin: Negara berpenduduk mayoritas Islam susah majunya

Maruf Amin menyebut jika sebagian besar negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam susah untuk maju. Hal ini pula yang terjadi pada Indonesia.

Pernyataan ini bukan sekadar ungkapan belaka, sebab dia turut menjabarkan sejumlah faktor, mengapa bisa demikian.

Menurut Wapres Maruf Amin, susahnya maju negara berpenduduk agama Islam karena menerapkan cara pikir konservatif dalam kehidupan sehari-hari. Maka, ekonomi dan pendidikan pun menjadi tertinggal.

“Cara berpikir konservatif menjadi salah satu penyebab mengapa negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim masih tergolong underdevelopment country dan mengalami ketertinggalan dalam ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya,” kata Wapres Maruf Amin saat menyampaikan ceramah yang disiarkan TVRI, disitat Antara, Senin 11 Mei 2020.


Wapres Maruf Amin kemudian menilai cara berpikir tersebut semakin berkembang akhir-akhir ini, khususnya ketika muncul kelompok-kelompok masyarakat yang berpikir bahwa kemurnian Islam harus dibangun dengan cara tekstualis.

“Cara berpikir seperti itu memang sudah mulai berkembang akhir-akhir ini, ketika isu kemurnian Islam harus dibangun dengan kemudian kita mengalami kemunduran berpikir dan mengarah pada cara pikir yang sangat tekstual,” katanya.

Kelompok konservatif tersebut, lanjut Wapres Maruf Amin, biasanya menolak adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dianggap tidak sesuai dengan pemahaman mereka terhadap ajaran agama Islam secara tekstual.


Padahal, kata dia, pemahaman secara tekstual dan konservatif itu tidak sesuai dengan salah satu sabda Nabi Muhammad SAW.

Cara berpikir konservatif tersebut juga menghambat upaya-upaya dalam mewujudkan peradaban Islam.

Untuk membangun kembali peradaban Islam, kata Wapres Maruf Amin, pola pikir wasathi atau moderat harus ditanamkan dan dikembangkan di negara Islam dan negara berpenduduk mayoritas Muslim.


“Cara berpikir konservatif seperti itu menghambat dan kontraproduktif terhadap upaya membangun kembali peradaban Islam. Oleh karena itu, cara berpikir wasathi dapat menjadi pijakan kuat untuk kita membangun kembali peradaban Islam yang kuat,” katanya.

https://www.hops.id/wapres-maruf-ami...susah-majunya/

bener sih,muslim indo ni kalo dinasehatin ,ngelesnya mentingin surga dr pd dunia..emoticon-Cape deeehh

pdhl kalau perut lapar ujung2nya jd rampok,jambret,tukang todong,ngerusuh jgemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 137 lainnya memberi reputasi
lha Dubai itu kan maju. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 22 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS dispenserr
kaskus addict


dubai dipaksa moderat cuk...itu bule2 bisa bikini an di pantai

faktor kuncinya moderat apa konservatif
profile picture
lexia
kaskus maniac
@dispenserr Dubai bukannya karena emang kaya dari minyak ya?emang bakal kaya meski ga ngapa2in....CMIIW
profile picture
TS dispenserr
kaskus addict
@lexia
dubai duku kaya minyak..tp cadangan minyak mereka sdh mau habis,makanya dialihkan jd bisnis property dan keuangan
profile picture
Lysergide
kaskus addict
Dubai didominasi sama imigran.
profile picture
renzaki
kaskus addict
Uang minyak Dubai udah gak sebanyak dulu, sekarang fokus di Properti dan Pariwisata.. Iklim disana hangat, jadi banyak bule pada kesana, dan lagi disana kan hedon banget, makin senang lah artis2 dunia kesana.
profile picture
firzark
kaskus addict
Ude ke dubai blom, isinya kebanyakan India, Pinay, dan Bule, dan Dubai Moderat
profile picture
apaadanya2000
kaskus addict
dubai itu islam moderat beda sama syria
profile picture
mat.piere
kaskus addict
Dubai kaya minyak, jadi negara maju. Lebih bodoh kita. Kaya minyak, kaya hasil tambang, kaya pertanian, tapi gak maju2
profile picture
yellowmarker
kaskus addict
@mat.piere

itu karena kita kaya wacana bre.
profile picture
wildanmaol
aktivis kaskus
@mat.piere mantap gan
profile picture
yoxchuy
kaskuser
baca lagi chuk (norris) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, orang dubai udah nyiptain apa?
profile picture
wawanbjm
aktivis kaskus
dubai kaya minyak, penduduk sedikit, indon kaya minyak penduduk banyak,
profile picture
anthraxxx
kaskus addict
yahh otong lenong model bgini susah, udah dikasih data berdasarkan fakta masih aj ngeyel, dubai itu kekayaan minyak buminya kayaknya nauzubillah minzalik, sama kaya brunei yang negara persemakmuran inggris, ya status mereka hanya negara boneka amerika, sama kaya arab saudi, itu pangkalan militer amerika segede gede gaban di arab dan negara2 negara persemakmuran minyaknya
profile picture
Seizhan
kaskus maniac
@yellowmarker negeri sultan mah beda. emoticon-Ngakak ATM emas aja punyak. emoticon-Leh Uga
profile picture
@wawanbjm kaya minyak tapi ongkos galinya mahal mah sama aja ga nutup biaya produksi
profile picture
moggey
kaskus addict
beda nya di banding dimari,klo di sana ga ngebahasin Haram,Kafir,and Najis
profile picture
rickdn
kaskuser
@mat.piere
Indonesia itu miskin karena daerah subur
Semakin subur suatu maka pertumbuhan penduduk semakin pesat masalahnya pertumbuhan tersebut berbanding dengan harapan hidup bukan kesejahteraan jadi selama seseorang bisa tetap hidup sampai berkembang biak meskipun miskin tidak masalah sementara itu timur tengah termasuk negara dengan kekayaan tersembunyi dimana kekayaan tersebut tidak bisa mendukung pertumbuhan penduduk tapi bisa memberikan kekayaan lebih pada sedikit rakyat yang bisa memanfaatkan.
Bukan karena Indonesia bodoh.
profile picture
rickdn
kaskuser
@mat.piere
Indonesia itu miskin karena daerah subur
Semakin subur suatu maka pertumbuhan penduduk semakin pesat masalahnya pertumbuhan tersebut berbanding dengan harapan hidup bukan kesejahteraan jadi selama seseorang bisa tetap hidup sampai berkembang biak meskipun miskin tidak masalah sementara itu timur tengah termasuk negara dengan kekayaan tersembunyi dimana kekayaan tersebut tidak bisa mendukung pertumbuhan penduduk tapi bisa memberikan kekayaan lebih pada sedikit rakyat yang bisa memanfaatkan.
Bukan karena Indonesia bodoh.
profile picture
rickdn
kaskuser
@mat.piere
Indonesia itu miskin karena daerah subur
Semakin subur suatu maka pertumbuhan penduduk semakin pesat masalahnya pertumbuhan tersebut berbanding dengan harapan hidup bukan kesejahteraan jadi selama seseorang bisa tetap hidup sampai berkembang biak meskipun miskin tidak masalah sementara itu timur tengah termasuk negara dengan kekayaan tersembunyi dimana kekayaan tersebut tidak bisa mendukung pertumbuhan penduduk tapi bisa memberikan kekayaan lebih pada sedikit rakyat yang bisa memanfaatkan.
Bukan karena Indonesia bodoh.
profile picture
FinPay
kaskuser

Indonesia itu lebih hebat dah banyak dikorupsi
Dari level atas smp level rt/rw dan terjadi merata dimana-mana tapi masih hidup, kagak bangkrut.

Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 28 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di