CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Melihara Kelinci? Murah, Aman, dan Air Kencingnya pun Jadi Uang Loh, Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8b322082d4952a16799c94/melihara-kelinci-murah-aman-dan-air-kencingnya-pun-jadi-uang-loh-kok-bisa

Melihara Kelinci? Murah, Aman, dan Air Kencingnya pun Jadi Uang Loh, Kok Bisa?




Assalamualaikum, Selamat Malam warga Kaskus Raya semuanya. Ini adalah perdana bagi Ane nulis di forum peliharaan loh. Sebenarnya dah lama mau up tapi masih belum tahu mau nulis apaan.

By the Way, lamun ada event Ane jadi semangat, garcep gitu nih ceritanya.😅 Well, kali ini Ane bakal bagi cerita ma kalian tentang kelinci-kelinciku yang amat kusayang-sayang lho. Gak sabar? Sama, Gansist, hehe.

Agustus 2019, Ane dikasih uang ma bapak buat beli bendera merah putih. Sebenarnya sebagai warga negara yang baik Ane pasti beli tuh bendera merah putih, sayang ada tawaran menggiurkan dari Pak Lek yang bikin Ane berpaling. Bendera boleh kagak baru kan ya? Hiks, Ane ngotot banget beli bibit kelinci sapihan. Umur mereka sekitar 1,5 bulan gitu. Waktu itu, seingat Ane 120 ribu dapat empat ekor. Sebelumnya Ane sudah pelihara dua ekor kelinci campuran Australi dan Jawa.

Kenapa Ane mutusin nambah bibit lagi?

Sebenere saat itu Ane terdesak masalah finansial. Ane belum terlalu nulis di Kaskus dan tentu belum dapat piti dari platform Kaskus ini sih. Kalean tahu kan the power of kepepet? Kiranya itu yang terjadi pada Ane. Kata orang Jawa, "Mergo kahanan pikiran bakal kepyar."Right, kan?





Ini kelinciku yang sapihan loh? #MumpungdiRumah Ane punya banyak kesempatan buat terjun langsung nih. Maaf pict sederhana beud nih, maklum Ane kumus-kumus habis bersihin kandangnya. Oh ya, kandang kelinci kubuat sendiri dari bambu dan ram kawat, lalu untuk pintu Ane pakai engsel dari ban sepeda motor bekas. Kupikir wanita perlu untuk berdikari sendiri.

Dulu, dulu banget, Ane itu pingin punya banyak anak, karena Ane dah 2X cesar jadi Ane mikir kenapa gak jadi peternak? Pan, berasa punya anak.😂😂😂



ilustrasi kelinci memeti mau kimpoi nih spesial buat kalean



Quote:



Quote:


Melihara kelinci itu mudah-mudah gampang sih, apa bedanya coba?😂😂

Gini ... Gansist, kelinci itu adalah hewan yang suaranya amat minim di telinga manusia loh. Ini salah satu yang bikin Ane demen sih. Mereka gak bakalan berisik meski lapar. Jadi, gak bikin rusuh tetangga kan ya?

Kelinci Ane cuma makan rumput ajah, sisanya saban pagi Ane comborin pakai bekatul, sisa nasi, dan irisan kangkung biasanya, bisa juga pakai serutan wortel, irisan daun pepaya, irisan daun ketela rambat, sawi, atau sayur mayur lainnya kok.

Di saat ada wabah gudiken atau gatal-gatal gitu biasanya Ane nyombor-nye pakai campuran irisan kacang panjang tipis-tipis, tapi kalau dah parah banget, biasanya Ane vaksin sendiri. Pokoknya kebersihan kandang itu faktor utama sih.

Air kencing kelinci juga laku dijual loh, Gansist. Biasanya para petani gunain air kencing kelinci untuk penawar hama. Ampuh bin manjur pokoknya. Harga kisaran 8-15 ribu per botol 1,5 liter itu, tergantung tingkat fermentasi juga sih.


Quote:


Nah, ini cerita Ane tentang binatang peliharaan nih. Mana kisahmu? Yuk, share!



Penulis : @qoni77
Referensi : Dokumen dan pemikiran sendiri ajah.



Ngawi, 6 April 2020
Salam Sayang Hewan,


Warna_Senja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bejosegerwaras dan 75 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh qoni77
Quote:


Gak tau kak... Kayaknya dari tahun 2015
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan qoni77 memberi reputasi
profile picture
TS qoni77 
KASKUS Plus
wah keren beud. itu ternak buat pedaging atau bibit?

GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di