CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Dapatkah Vitamin D Menjadi Upaya Untuk Mencegah Penularan Risiko COVID-19?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7f2167f4d69567785fc3bf/dapatkah-vitamin-d-menjadi-upaya-untuk-mencegah-penularan-risiko-covid-19

Dapatkah Vitamin D Menjadi Upaya Untuk Mencegah Penularan Risiko COVID-19?


                                                      ilustrasi gejala covid

Virus covid-19 atau corona menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang di seluruh dunia saat ini,berbagai upaya dan cara untuk mencegah penularan risiko COVID-19  pun terus di kampanyekan di setiap sudut negeri dan berbagai belahan dunia.

Nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan sistem kekebalan tubuh, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah suplementasi dengan vitamin D dapat membantu mengurangi risiko tertular virus corona baru yang menyebabkan COVID-19.

Hal ini penting untuk dicatat bahwa saat ini tidak ada obat untuk COVID-19 dan tidak ada tindakan pencegahan selain dengan cara pencegaha penularan virus corona yang tepat dan efektif  jarak sosial dan praktek kebersihan yang layak dapat melindungi Anda dari mengembangkan penyakit ini.

Yang mengatakan, beberapa studi menunjukkan bahwa memiliki kadar vitamin D yang sehat, serta mengonsumsi suplemen vitamin D, dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda sehat, dan dapat melindungi terhadap penyakit pernapasan pada umumnya.

Artikel ini menjelaskan bagaimana vitamin D mempengaruhi kesehatan kekebalan tubuh dan bagaimana suplemen dengan nutrisi ini dapat membantu melindungi terhadap kondisi pernapasan.

Bagaimana vitamin D mempengaruhi kesehatan kekebalan tubuh?
Vitamin D diperlukan untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh, yang merupakan baris pertama tubuh Anda pertahanan terhadap infeksi dan penyakit.

Vitamin ini memainkan peran penting dalam meningkatkan respon imun. Memiliki anti-inflamasi dan immunoregulatory dan sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuh .

Vitamin D dikenal untuk meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, termasuk sel-T dan makrofag, yang melindungi tubuh Anda dari patogen .

Bahkan, vitamin yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh sehingga kadar vitamin D rendah telah dikaitkan dengan peningkatan kerentanan terhadap infeksi, penyakit, dan gangguan terkait kekebalan tubuh.

Misalnya, kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit pernapasan, termasuk TBC, asma, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), serta infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Selain itu, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru, yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi pernafasan .

RINGKASAN
Vitamin D penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Ini kekurangan gizi dapat mengganggu respon kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit.


Dapat vitamin D melindungi terhadap COVID-19?
Saat ini, tidak ada obat atau pengobatan untuk COVID-19. Tidak ada studi telah meneliti efek dari suplemen vitamin D atau kekurangan vitamin D berisiko tertular virus corona baru yang menyebabkan COVID-19.

Namun, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat merusak fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit pernafasan.

Selain itu, beberapa studi telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh dan melindungi terhadap infeksi pernafasan secara keseluruhan.

Sebuah tinjauan baru-baru melibatkan 11 321 orang dari 14 negara menunjukkan bahwa suplemen vitamin D menurunkan risiko akut infeksi saluran pernapasan (ISPA) pada mereka yang kekurangan vitamin D dan mereka dengan tingkat yang memadai.

Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D mengurangi risiko mengembangkan setidaknya satu ARI sebesar 12%. Efek perlindungan paling kuat pada mereka dengan kadar vitamin D rendah

Selain itu, penilaian ini menemukan bahwa kebanyakan suplemen vitamin D efektif melindungi terhadap ISPA ketika diambil setiap hari atau setiap minggu dalam dosis kecil dan kurang efektif bila diambil dalam dosis yang lebih besar.


referensi : healthline,
                 halalboga

#healthy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 9 lainnya memberi reputasi
guuuud.. ane juga sekarang tiap pagi berjemur.. biar sehat aja sih.. ya jangan sampe kena covid juga haha amit2
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di