CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Dampak Covid – 19, Kemacetan Jakarta Turun Drastis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7ef8d1af7e936d272cc844/dampak-covid--19-kemacetan-jakarta-turun-drastis

Dampak Covid – 19, Kemacetan Jakarta Turun Drastis


Salah satu langkah yang diambil pemerintah untuk menangani penyebaran virus corona di Indonesia adalah dengan social distancing dan physical distansing. Pemerintah mengajak masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas di rumah, mulai dari bekerja di rumah hingga belajar di rumah. Kebijakan ini otomatis berdampak positif bagi tingkat kemacetan di Jakarta atau kota – kota besar lain yang juga menerapkan kebijakan ini.


Perusahaan spesialis teknologi lokasi, TomTom, selalu menyajikan data indeks lalu lintas secara real time. Dari data tersebut, selama 7 hari belakangan, lalu lintas di DKI Jakarta tampak lengang. Tingkat kemacetan di Ibukota turun drastis.

Terlihat pada pagi ini saja (26 Maret 2020), tingkat kemacetan di Jakarta turun hingga 51% dari rata – rata tingkat kemacetan pada tahun lalu. Saat ini tingkat kemacetan di Jakarta hanya 9%. Padahal, tahun lalu rata – rata tingkat kemacetan di Jakarta bisa mecapai 60%.

O iyah GanSis, biar gak bingung, persentase tingkat kemacetan ini maksudnya adalah untuk perjalanan di Jakarta, membutuhkan waktu 60% (kalau tingkat kemacetannya 60%) lebih lama dibandingkan kondisi tanpa kemacetan. Berarti, jika persetasenya makin kecil maka tingkat kemacetannya makin rendah GanSis.

Satu sisi data ini cukup baik untuk lalu lintas di Jakarta, soalnya jika melihat tahun lalu, Jakarta berada di posisi 10 kota termacet di dunia, peringkat ini dari 416 kota di 57 negara di dunia. Dan karena tingkat kemacetannya berkurang drastis, otomatis tingkat polusi di Jakarta juga pasti bekurang. Kondisi seperti ini juga dialami oleh China ketika covid – 19 marak di negara tersebut.

Mudah – mudahan aja wabah covid – 19 ini segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa. Dan harapanya juga tingkat kemacetan dan polusi di Jakarta juga berkurang dari tahun – tahun sebelumnya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 11 lainnya memberi reputasi
Dirumah terus esmosi gampang tersulut gan.....uda berapa piring dan gelas yg ngga sengaja kebanting karena gampang esmosiemoticon-Wakaka
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di