CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI Sarankan Jokowi Segera Lockdown Total Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e805105337f93769d3a76a5/mui-sarankan-jokowi-segera-lockdown-total-indonesia

MUI Sarankan Jokowi Segera Lockdown Total Indonesia



Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan pemerintahan Joko Widodo segera melakukan lockdown atau karantina kewilayahan total di seluruh penjuru negeri sebagai upaya menghentikan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

"Melakukan total lockdown di seluruh negeri dan atau local lockdown untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan pertimbangan dari para ahli," kata Sekjen MUI Anwar Abbas dalam keterangannya, Minggu (29/3).

Anwar juga menyarankan pemerintah melakukan realokasi seluruh atau sebagian anggaran infrastruktur untuk digunakan menangani virus corona.

MUI, kata Anwar, meminta pemerintah untuk menunda rencana anggaran pemindahan ibu kota dan dipergunakan untuk membantu ekonomi masyarakat serta memulihkan perekonomian nasional.

"Keempat, mengalihkan seluruh dan atau sebagian anggaran yang diperuntukkan bagi desa dan kelurahan bagi menolong rakyat setempat selama masa lockdown," tutur Anwar.

Selanjutnya, kata Anwar, MUI juga meminta dan mewajibkan para pengusaha besar untuk memberikan bantuan penanganan kasus corona serta mengatasi persoalan ekonomi yang dialami oleh masyarakat lapis bawah.

Lebih lanjut, jika nantinya kebijakan lockdown dilakukan, MUI meminta pemerintah untuk menindak tegas terhadap siapa saja yang tidak mematuhinya.



"Menindak dengan tegas siapa saja yang tidak mematuhi anjuran dan ketentuan dari pemerintah tentang lockdown ini," ucap Anwar.

Diketahui, pemerintah pusat menyatakan ada sebanyak 1.155 kasus positif corona di Indonesia per Sabtu (28/3) kemarin. Dari data itu, sebanyak 102 pasien meninggal dunia dan 52 orang dinyatakan sembuh.

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan pemerintah saat ini tengah menyiapkan Peraturan Pemerintah (PP) karantina wilayah untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

Mahfud mengatakan PP ini perlu dikeluarkan lantaran pemerintah tak bisa serta merta menutup satu atau dua wilayah tanpa aturan pasti. Hal ini juga sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 6 tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Kata Mahfud, karantina wilayah berbeda dengan lockdown. Karantina Wilayah menurutnya adalah istilah lain dari physical distancing atau social distancing yang sekarang dipilih sebagai kebijakan pemerintah.

Selebihnya Mahfud belum memberi penjelasan lebih mendetail. Rumusan aturan karantina wilayah tersebut masih digodok pemerintah.

SARS CoV-2


Slh satu pndkng fanatik lockdown adl kaum Muslim kaffah, alasannya sdrhn kagak perlu penelitian sains atau analisis dampak sgl mcm, alasannya sbb lockdown adl ajaran Islam ktk menghdpi tha'un atau wabah

Slnjtnya brkmbng narasi wabah lockdown khilafah solusinya emoticon-Wakaka

Oke, di negara demokrasi dskan rkyt mngkn akan terwujud dgn bbrp penyesuaian

Mslhnya mau lockdown yg kyk apa? Mbok tlng bantu jelasin jngn nnt kl sdh dituruti trnyt keliru lagi

Anak: pak, emboh gimana pokoknya aku minta mobil

Bapak: Yo wes le, senajan bapakmu abot takturuti karepmu, utang ritek ra po2

Anak: Ya hrs gitu Pokoknya hrs ada mobil

Bapak: Mobile maumu yg model gimna, tahun berapa, specnya apa le?

Anak: Kagak mau tau pokoknya mobil, jngn bnyk alasan

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 19 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
r3tfl4g
kaskus maniac


Ente gk perlu bawa-bawa agama urusan penyakit ... emoticon-Ngakak (S)
Jangan dungu... masih ada nabi yg sekali elus..semua penyakit kabur melarikan diri bahkan dewa mautpun bisa di usir emoticon-Ngakak (S)











Ujung-ujungnya pertengkaran jadi gk ada gunannya... yg ada hanya angan-angan padahal musuh di depan mata emoticon-Mad (S)
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di