CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Manusia Mengkarantina Diri, Para Hewan Menginvasi Kota
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7a08d909b5ca1779364a50/manusia-mengkarantina-diri-para-hewan-menginvasi-kota

Manusia Mengkarantina Diri, Para Hewan Menginvasi Kota


Gambar

Wabah virus corona yang kini telah menyebar ke banyak negara di dunia, memaksa negara-negara terdampak untuk membatasi pergerakan warganya. Ragam cara dilakukan demi menekan penyebaran wabah, mulai dari menerapkan aturan social distancing, self-quarantine, hingga yang agak lebih berani dengan menyatakan status lockdown.

Namun di saat orang-orang sekarang ini memilih mengkarantina diri mereka di dalam rumah, muncul fenomena 'alami' di mana para hewan mulai lalu-lalang dengan bebas memasuki daerah pemukiman warga. Para hewan yang tadinya berada di habitat alamnya, sekarang seolah berani berkeliaran di jalanan kota yang biasanya dilalui oleh manusia.





Seperti yang terjadi di Jepang, para rusa lokal yang berada di Nara Park terlihat turun ke jalan untuk mencari-cari makanan. Sebelum wabah corona menyerang, Nara Park kerap dikunjungi oleh para turis. Turis-turis biasanya akan memberi rusa-rusa di sana cemilan berupa kerupuk yang disediakan khusus oleh pengelola taman.

Namun karena jumlah pengunjung taman anjlok dalam beberapa minggu terakhir akibat dampak dari wabah corona, rusa-rusa ini nampaknya tidak punya pilihan lain selain keluar dari sarangnya untuk menemukan sesuatu yang bisa mereka kunyah. Kejadian ini pun langsung menyita perhatian dan diabadikan oleh segelintir penduduk lokal setempat.





Di Italia, para penduduk yang sedang mengkarantina diri di rumah juga menemukan gerombolan domba, kuda, hingga babi hutan berkeliaran bebas di kota mereka. Para hewan ini terlihat keluyuran, mengorek-ngorek tempat sampah untuk cari-cari sesuatu untuk di makan. Di sisi lain, pemandangan ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi warga yang bosan karena terpaksa harus mengunci diri di rumah.





Melihat fenomena ini entah kenapa ane jadi merasa, mungkin wabah corona yang meneror seluruh dunia saat ini adalah bentuk 'hukuman' dari alam terhadap manusia. Jika bukan karena manusia, para hewan ini tentu bisa punya tempat tinggal dan makanan yang lebih baik (layak). Tapi manusia, dengan keserakahannya mengambil begitu saja apa yang seharusnya jadi jatah mereka.

Dan percaya atau tidak, beberapa hari lalu ane sempat baca-baca artikel kalo ternyata wabah corona ini punya dampak positif buat alam. Kanal-kanal di Venice yang sebelumnya keruh dan tercemar gegara aktifitas warga/turis, sekarang jadi bening sampai ikan-ikan yang berenang bisa terlihat. Kualitas udara di kota-kota besar juga katanya dilaporkan jadi lebih baik karena polusi berkurang drastis.

Yah, apapun itu ane sih cuma berharap setelah masa-masa sulit ini berakhir semua orang bisa mengintrospeksi diri, jadikan keadaan saat ini sebagai pelajaran. Karena dibalik cobaan pasti ada hikmahnya, dibalik masalah pasti ada pemicunya...
emoticon-cystg


Referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh codename.isal
Quote:


Wuih oplovers nih agan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
hendrawan.poh dan kakekane.cell memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di