CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Alasan kenapa Sitkom Tukang Ojek Pengkolan mengajarkan nilai positif menurut ane
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e79fc745cf6c466f43ba012/5-alasan-kenapa-sitkom-tukang-ojek-pengkolan-mengajarkan-nilai-positif-menurut-ane

5 Alasan kenapa Sitkom Tukang Ojek Pengkolan mengajarkan nilai positif menurut ane


Dampak dari merebaknya wabah virus Covid-19 adalah diterapkannya WFH atau Work From Home kepada mayoritas pekerja khususnya di Jakarta, salah satunya ane gan....setelah bekerja di rumah sesuai dengan jam kerja pada umumnya, ane mencari hiburan dengan menonton TV. kebetulan salah satu sitkom (sinetron komedi) yang masih ane pantau adalah sinetron Tukang Ojek Pengkolan.




Sinetron ini sepenglihatan ane udah sampe episode 2300-an dan udah ada dari tahun 2015 kalo liat di wiki hehehehe. Tukang Ojek Pengkolan atau TOP menceritakan tentang lika liku kehidupan 3 tukang ojek pengkolan di daerah Rawa Bebek (sepenelusuran ane di mbah gugel sih fiktif ya daerahnya, pemainnya juga ada yg pernah konfirmasi soal ini) yang bernama Ojak (diperankan Eza Yayang), Tisna (diperankan Andri sulistriandi) dan Purnomo (diperankan oleh Furry Setya).


Di dalam keseharian tayangannya, diceritakan bagaimana kehidupan di daerah rawa bebek yang merepresentasikan kehidupan nyata kehidupan kota Jakarta. Ada cerita percintaan, ada cerita keluh kesah jadi tukang ojek, ada cerita yang biasa terjadi di masyarakat seperti: miskomunikasi, terlalu percaya sama omongan 1 orang saja, keluh kesah pedagang makanan dan minuman, pencarian kontrakan dan lain2 yang dikemas secara konyol.

Ada 5 alasan kenapa Sitkom Tukang Ojek Pengkolan mengajarkan nilai positif menurut ane:

1. Mengajarkan orang untuk mengucapkan salam dan menjawab salam.
Hampir di setiap tokoh yang mendatangi suatu tempat atau bertemu dengan tokoh lainnya, pasti diucapkan Assalamualaikum dan dibalas waalaikumsalam. Kalau ada yang tidak menjawab salamnya, biasanya akan ada adegan yang mengingatkan kewajiban menjawab salam. Ada juga adegan yang tidak memberi salam terlebih dahulu lalu ditegur untuk memberi salam terlebih dahulu.

2. Mengajarkan untuk memakai helm ketika naik motor.
Di setiap adegan naik motor pasti ada scene memakai helm baik itu tukang ojeknya, penumpang ataupun tokoh lain yang sedang naik motor. Kalo ane lihat hampir tidak ada yang naik motor tapi tidak menggunakan helm. Bahkan kalau ada adegan pencurian motor atau jambret, tetep loh pakai helm...hehehehe

3. Mengajarkan untuk menghormati orang yang lebih tua/salim.
Di setiap adegan yang melibatkan orang tua dan yang lebih muda, ada kegiatan salim atau mencium tangan orang tua. kalo ini sih menurut ane mencerminkan sekali budaya indonesia.

4. Mengajarkan nilai-nilai persahabatan.
Pertemanan 3 tokoh utamanya yaitu Ojak, Tisna dan Purnomo memang tidak bisa diganggu gugat. seringkali mereka saling membantu jika salah satu di antaranya yang sedang kesulitan tanpa memikirkan perasaan sendiri. walaupun beberapa kali ada adegan mereka berantem dan musuhan, pasti mereka akan berbaikan dan saling memaafkan.

5. Dan yang terakhir menurut ane adalah mengajarkan untuk lebih mengutamakan telepon dibanding dengan chat atau sms.
Kalo agan juga nonton sitkom ini, perhatiin deh, mereka lebih sering telepon-an ketika ingin berkomunikasi dengan tokoh lain. sering banget ada adegan pulsanya habis atau baterai habis. Jarang sekali diperlihatkan screen shot chat whatsapp atau adegan chattingan di antara tokohnya. Ini mengingatkan ane waktu jaman HP bukanlah kebutuhan primer kehidupan atau waktu jaman hp sudah ada tapi aplikasi whatsapp belum booming seperti sekarang. Menurut ane telepon itu lebih penting dan lebih menimbulkan sepemahaman dalam memaknai suatu pembicaraan. yaa seringkali kita kadang miskomunikasi hanya karena salah menginterpretasikan sebuah tulisan di aplikasi whatsapp.

Yaa itulah sedikit pandangan ane mengenai sitkom Tukang Ojek Pengkolan ini sambil menemani WFH ane hehehehe...kalau ada yang tidak sepemahaman, ane minta maaf yaaaa ini cuma pandangan ane doang kok...mau setuju silahkan, gak setuju juga gak masalah.

emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 22 lainnya memberi reputasi
Sitkom yang selalu di tunggu-tunggu gan..
Top banget pokoknya TOP.. emoticon-Cendol (S)
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di