CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Historical Role Play - Theatrum Orbis Terrarum : 1200 Anno Domini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2db59aa2d1952acc3c23f8/historical-role-play---theatrum-orbis-terrarum--1200-anno-domini

Historical Role Play - Theatrum Orbis Terrarum : 1200 Anno Domini

Historical Role Play Simulation, Forum Sejarah & Xenology Kaskus




Berhubung Historical Role Play sebelumnya sudah selesai, maka dengan ini diresmikan kembali Historical Role Play season kedua, dengan wilayah lebih luas dan setting level makro. diharapkan RP ini dapat memberikan prespektif bagi peserta dan pembaca atas geopolitik abad 13 di asia dan eropa.

untuk selanjutnya diserahkan kepada GM untuk mengambil tempat di panggung

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

profile-picture
dellesology memberi reputasi
Diubah oleh khiekhan
Quote:



pict ref : http://www.absolutechinatours.com/ch...-Painting.html

1206.3 SONG

Pertanyaan anda mengundang pertanyaan di benak para kasim senior. mereka berjanji akan memulai penyelidikan rahasia untuk membuat anda merasa tentram, jauh dari pertanyaan atau kekhawatiran tentang ratu dan selir.

setelah beberapa minggu muncul laporan oleh kasim senior bahwa memang ada hubungan yang kurang harmonis antara ratu dengan selir, terutama (katakanlah) selir X yang memang merupakan favorit anda. sang kasim menganjurkan untuk menjauhkan sang selir dan membuat senang sang Ratu untuk sementara waktu.

apa tindakan anda?
- bebas

esok harinya datang laporan bertubi-tubi dari medan tempur. walau sulit dicari tahu apa kejadian yang sebenarnya tetapi tampaknya rencana penyerangan mengalami masalah serius. yang pasti pasukan utama tampak terputus dari garis belakang anda yang terus menerus diserang dan seringkali direbut kembali oleh pasukan lawan.

para pendukung Jendral Mentri mengatakan "itu tidak masalah, dalam pertempuran kesempatan yang baik jarang terjadi, sekarang sang Jendral pasti melihat celah dan mengeksploitasinya dengan berani, karena itu resiko terputus dari garis belakang menjadi harga yang harus dibayar."

sedangkan kubu mentri sebelah tampak tidak senang dan menyuarakan untuk berhati-hati dan memerintahkan konsolidasi, menarik pasukan agar tidak terlalu jauh dan terputus, apalagi kalau sampai diisolasi, terkepung lalu kalah secara konyol.

demikian kabar dari garis depan.



Quote:


1206.3 JAPAN

Penyerangan total anda sudah berlangsung beberapa hari dalam sebuah siege melawan kastil yang melawan dengan keras. namun datang kabar mengejutkan bahwa pasukan kavaleri Honda berada di belakang pasukan anda.

"kita tertipu, Honda tidak sakit! ini adalah akal busuk dirinya untuk memancing kita keluar!" pekik salah seorang daimyo yang berada di dekat anda.

telat untuk berbuat apa-apa, para kapten segera mempersiapkan pasukan untuk melawan front dari belakang. dengan tergesa-gesa barisan dibuat. naasnya seperti sudah bisa diduga, gerbang kastil HOnda dibuka dan terlihat pasukan infantri dan berkuda lawan berhamburan keluar dari kota dengan pekik perang. anda melawan 2 front sekaligus sekarang.



setengah jam berlalu, ini mungkin setengah jam paling intens dalam hidup apa. sekarang tidak ada lagi formasi, kiri, kanan, depan, belakang lawan bisa muncul secara tiba-tiba.

Honda memang pintar berstrategi buat jebakan tetapi ilmu militernya tidaklah tinggi, jebakan depan belakang yang dibuat membuat pasukan anda terpaksa perang mati-matian untuk menyelamatkan diri. tidak ada jalur pelarian membuat pasukan anda membulatkan tekad untuk bertempur atau mati. para kapten anda dengan gagah bertempur hingga ke ashigaru terakhir.

jubah dan baju anda kotor dengan beceknya tanah, napas anda masih menderu setelah beberapa kali terpaksa menyingkir menhindari sortie besar prajurit lawan yang mendekat ke rombongan anda yang masih bertahan. serang menyerang terus terjadi secara sporadis, pasukan anda secara natural membentuk semacam formasi melingkar untuk saling melindungi diri. walau berantakan tetapi masih menyediakan struktur bagi prajurit yang bertahan.

ratusan sudah gugur dan ribuan terluka di pihak anda. pasukan kavaleri Honda terus menerus menyerang dengan panah sebelum kembali untuk mengambil panah dan mengulangi serangan. infantri dari dalam kastil lebih berbahaya. beberapa rombongan daimyo yang panik mencoba lari tetapi dibasmi dengan cepat oleh kavaleri lawan. hal ini membuat mass route tidak terjadi di pihak anda.

kavaleri kecil milik anda hanya bertahan dalam waktu singkat sebelum dihancurkan, hanya tersisa beberapa untuk menghalau lawan, merekapun sudah lelah.

selang beberapa menit apa yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, serangan frontal infantri Honda tidak terbentuk. pasukan anda kehilangan kohesi dengan cepat, mereka menuju ke arah anda. anda melihat dan mendengar dengan jelas pasukan Honda.

semua pasukan anda memegang erat tombak di tangan dan menyiapkan katana mereka. apa tindakan anda sekarang?
- bebas




Quote:



1206.3 JIN

Kabar demi kabar dari garis depan tiba. semuanya berisi berita kemenangan demi kemenangan.

pasukan Jendral anda berhasil menghancurkan lini belakang pasukan Song yang sekarang terisolasi dari wilayah yang bersahabat.

sang Jendral meminta izin (ini prosedural saja karena terlalu jauh untuk meminta izin, dan biasanya sudah berangkat sebelum izin anda tiba) untuk merebut kembali kota di selatan. hal ini memunculkan pertentangan.

"lawan masih tidak jauh dari ibukota dan mengancam keselamatan kekaisaran, mengapa hendak merebut kota-kota di perbatasan?"

tapi ada juga mentri yang berpendapat bahwa hal tersebut untuk mengukuhkan isolasi terhadap pasukan Song agar semakin kuat.

bagaimana reaksi anda?
- bebas

pasukan utama Song kabarnya sudah merebut beberapa fortifikasi sebelum masuk ke provinsi ibukota kekaisaran. tidak ada jaminan mereka akan mundur atau memutar untuk mengamankan lini belakang mereka.




Quote:


SYRIA 1206.3

confidant diperingatkan, dengan ini, ia meliburkan diri dari court anda untuk sementara waktu.

Hasan bertugas mulai hari ini, salah satu laporan pertamanya adalah tentang keadaan gawat di Persia. tanpa bisa diketahui raja Persia sudah menghimpun pasukan besar dan menyerang pasukan anda ketika mundur dari kota Hamadan.

hal ini berakhir dengan tragis. walau masih dihitung tetapi pasukan anda sudah jauh dari kata utuh, hampir semua sitaan dari ibukota Persia berhasil direbut kembali oleh lawan.

walau demikian banyak yang tidak percaya kalau pasukan pulang dengan tangan kosong. ketika anda berada dengan para mentri tanpa kaitan dengan para Mamluk, mereka berkata, "para Mamluk pastilah menyembunyikan harta sitaan tersebut dan melaporkan kehilangan ini kepada anda. mereka memang sangat gemar harta, mungkin mereka merasa inilah pesangon dari almarhum sultan lama."

apa anda akan bertindak?
- bebas

tamu dari Anatolia akan menetap untuk sementara waktu, waktu anda tersita oleh seremonial dengan royalty dari Anatolia. mereka merasa senang dan puas dengan jamuan anda.

sedangkan permintaan penyelidikan anda ke Kairo didukung oleh Hasan, "lebih baik paduka memanggil kepala mamluk kairo, tokh mereka belum menyatakan setia kepada anda secara langsung. juga gubernur Mesir, lebih baik keduanya anda panggil secara khusus. lalu setelah itu bisa anda jatuhkan vonis apabila ditemukan kejanggalan pada saat pemeriksaan dadakan."

apa keputusan anda?
- bebas


Quote:


1206.3 PERSIA

dalam waktu singkat anda sudah menerima kabar bahwa pertempuran sedang berlangsung. dan tampaknya cukup sengit dengan kejar-kejaran hingga jarak jauh ke perbatasan Persia di bagian barat. sang Jendral veteran Kipchack melaporkan bahwa ia akan melakukan pengejaran untuk merusak lawan selagi mundur.

dalam beberapa pertempuran di minggu yang sama, beberapa kali pasukan anda menang sebelum akhirnya menemui kebuntuan karena adanya fortifikasi lokal yang dikuasai oleh Syria dan dipertahankan dengan kuat. terpaksa pasukan anda mundur karena ketiadaan logistik yang cukup, perang yang dimulai tergesa-gesa dan pengejaran jarak jauh membuat supply acak-acakan.

tidak lama datang kabar bahwa pasukan Syria meninggalkan fortifikasi tersebut dan seluruhnya keluar dari Persia.

kita menang, ibukota Hamadan membuka pintu terhadap pasukan anda.

apa anda akan masuk ke Hamadan dengan segera?
- bebas

walau demikian situasinya di dalam kota sangat kepayahan, logistik nyaris tidak ada dan warga kota berhamburan ke luar daerah untuk mengungsi sementara waktu.

apa yang akan anda prioritaskan sekarang?
- perbaikan infrastruktur kota Hamadan
- perbaikan pertahanan ibukota

muncul masalah baru. pembayaran uang prajurit yang sudah dihutang tidak bisa anda penuhi dan terpaksa diundur ke tahun depan. hal ini lambat laun akan membuat masalah besar apabila tidak ditangani dengan baik. salah seorang menteri yang selamat mengatakan untuk menggunakan alasan perang dan kematian ribuan prajurit untuk memulangkan sisanya dan mestrukturisasi militer. dengan ini beberapa brigade yang mahal ongkosnya bisa diperkecil jumlahnya sehingga kas tahun depat bisa membaik.

apa reaksi anda terhadpa peleburan menjadi 1 atau "pembubaran" 1 atau 2 unit Cataphract?
- bebas

Diubah oleh hannepin
profile picture
runpid123
kaskus maniac


1206.3 PERSIA

Sebelum masuk, selidiki dulu keadaan Hamadan, jangan2 ada assassin yang menunggu untuk membunuh saya.

Utamakan perbaikan infrastruktur kota Hamadan. Percuma pertahanan ok, tapi logistik dan ekonomi acak adut.

Leburkan menjadi 1 unit cataphract, supaya tidak membebankan kas Persia.
profile picture
xiongdi108
kaskus maniac


1206.3 SONG

Jauhkan sang selir untuk membuat senang sang ratu untuk sementara waktu.

Bagaimana perkembangan ekonomi negara Song saat ini? Bagus atau tekor per tahun nya?

Mengenai kabar dari garis depan, saya serahkan semuanya pada jendral dilapangan. Biar mereka ambil keputusan sendiri.
profile picture
huali944
kaskus maniac


1206.3 JAPAN

Saya akan kabur bersama sisa pasukan saya. Selama langit masih biru, selama hutan masih hijau, selama air sungai masih mengalir ke laut, kita pasti akan bangkit kembali!
profile picture
white wolf
kaskus maniac


1206.3 JIN

Ijinkan sang jendral untuk merebut kembali kota di selatan. Dia tentunya punya strategi yang manjur untuk mengalahkan Song.

Tanya kabar pasukan didaerah Liaodong. Baik2 aja atau lagi ada masalah?
Gimana progress untuk melahap Mongolia?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di