CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bersikap Bijak Menyikapi Kabar Di Dunia Maya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e65bb4afacb950af22cf52d/bersikap-bijak-menyikapi-kabar-di-dunia-maya

Bersikap Bijak Menyikapi Kabar Di Dunia Maya

Mendapatkan informasi di masa kini memang mudah, tiap detik demi detik setiap informasi akan bisa kita dapatkan dengan cara mencari informasi di internet. Berbagai macam kabar dan berita bisa ditemukan mulai dari kabar yang populer hingga kabar yang biasa-biasa saja.  Ditengah banyaknya berita yang beredar seringkali tak sepenuhnya benar, terkadang kabar hoax dan juga menyesatkan seringkali muncul di internet yang seringkali membuat resah banyak orang.

Credit : hellosehat.com

Ditengah banyaknya informasi yang ada tentu kita harus bisa bersikap bijak, ada beberapa hal yang harus kita soroti berkaitan dengan kabar dari dunia maya atau internet mulai dari kabar hoax, kabar yang masih menjadi perdebatan hingga sudut pandang diri kita pada suatu berita. Tiga hal tersebut baiknya menjadi pertimbangan dan juga renungan dalam menghadapi kabar berita. Antara benar atau salah, itulah berita yang seringkali beredar di dunia maya sehingga kita mau tau mau harus bisa benar-benar bijak dalam menghadapinya.

Mulai dari kabar hoax, sebagaimana telah diketahui bahwa kabar hoax tidak dulu hingga sekarang selalu ada. Hadirnya dunia maya di masa kini membuat kabar hoax semakin luas disebarkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Kabar hoax bisa ditemukan dengan mudahnya mulai dari media sosial hingga media berita abal-abal yang dipercayai oleh sebagian orang. Berita hoax seringkali membuat ironi dimana tak sedikit orang termakan berita hoax, padahal jika mereka bisa bersikap bijak dan mencari tau lebih jauh tentang sebuah berita tentu akan bisa bersikap bijak dalam menyikapi kabar maupun berita di dunia maya.

Beralih ke berita atau kabar yang penuh perdebatan, hal ini juga seringkali ditemukan di sekitar kita entah itu masalah politik maupun pro kontra pada sebuah masalah. Tak dapat dipungkiri bahwa seringkali kabar yang beredar di dunia maya baik lewat media sosial hingga media berita online seringkali membuat heboh. Tak sedikit pemberitaan di media menggunakan judul dan click bait dan juga banyak cerita viral yang seringkali menjadi perdebatan. Setiap kabar yang diterima alangkah baiknya tak sepenuhnya ditelan mentah-mentah karena kabar yang beredar di dunia maya tak selamanya selalu bisa dipercaya dan persis dengan kejadian sebenarnya di dunia nyata. Bersikap bijak diperlukan agar kita tak gampang emosi dalam menyikapi sebuah berita yang belum jelas benar atau tidaknya. Untuk judul berita yang mengandung click bait tentu harus dibaca beritanya dengan jelas dan teliti sampai akhir agar tidak salah dalam menyikapi sebuah berita. Untuk cerita yang viral di dunia maya yang masih menjadi perdebatan alangkah baiknya ikuti kabar cerita tersebut sampai akhir sebelum menyimpulkan mana yang benar maupun yang salah, hal ini karena tak sedikit netizen yang blunder karena salah menyikapi kabar yang beredar di dunia maya.

Selain tentang hoax maupun kabar yang menjadi perdebatan, masalah sudut pandang tak kalah pentingnya dalam menyikapi sebuah berita. Tak jarang kita akan menyetujui berita yang sesuai kesepahaman kita dan menolak berita yang tak sesuai dengan paham atau pikiran kita, hal seperti ini sering terlihat ketika setiap orang menyikapi suatu peristiwa terutama yang berkaitan dengan politik. Memang pandangan setiap orang tidaklah sama, namun alangkah baiknya kita bisa berpikiran terbuka karena sudut pandang kita terhadap sebuah kejadian entah itu opini dan sebagainya belum tentu benar. Sebuah kebenaran tentu bukan hanya milik satu golongan semata, untuk itulah jika sesuatu itu benar katakan benar dan jika itu salah maka katakan salah. Punya sudut pandang tersendiri boleh-boleh saja, akan tetapi dalam menyikapi sebuah kabar atau berita harus bisa dicermati dengan benar agar kita bisa tahu mana yang benar dan mana yang salah.

Credit : liputan6.com

Kita memang bukan manusia sempurna, akan tetapi sudah semestinya kita bersikap bijak dalam menyikapi setiap informasi yang ada. Jangan mudah termakan kabar hoax dan juga berhati-hati pada setiap kabar cerita yang viral di dunia maya jika memang kita tak tahu akan masalah sebenarnya. Tempatkan sudut pandang kita pada sudut pandang yang tepat dalam menyikapi kabar berita yang beredar karena dengan bersikap bijak kita akan mengetahui mana yang salah dan mana yang benar. Bersikap bijak dalam menyikapi kabar atau jika tidak lebih baik diam tak berkomentar daripada mengeluarkan pendapat yang salah yang mungkin merugikan diri sendiri. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. 

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images

profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sibuk di rl ya om? emoticon-Big Grin
profile-picture
panjialiansyah memberi reputasi
profile picture
artdo
kaskus geek
iya paman heheheheh, lagi wabah covid 19
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di