CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Telkom IndiHome mempermainkan pelanggan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5777ba68cc951fe2215cfd/telkom-indihome-mempermainkan-pelanggan

Telkom IndiHome mempermainkan pelanggan

Mohon maaf terkait kondisi internet yg putus, mumpung lagi tethering dengan kuota dadakan jadi saya posting tulisan dulu. Screenshot bukti akan dilampirkan nanti lewat HP.

Kronologi lengkap:
[1] Pemasangan
- Tanggal 5 Feb saya install aplikasi & bayar pemasangan 345rb lewat BCA Virtual Account untuk pasang internet 20Mbps & telfon.
- Saya request pemasangan tanggal 6 Feb lewat aplikasi.
- Berhubung sampai tanggal 8 Feb saya dianggap belom bayar, akhirnya saya komplain via email dan 147. Sebetulnya ada banyak email & telefon nya, tapi yg berhasil dihubungi cuma customercare@telkom.co.id dan 147 aja.
- Respon email & 147 hanya sekedar "akan diteruskan ke tim terkait, mohon alamat & nomor HP verifikasi lagi takut ada yg salah".
- Lupa pasti nya secara detail, yang jelas sampai tanggal 10 Feb sudah berapa email dan telefon. Tapi kondisi nya dibilang saya masih belom bayar, akan diteruskan ke tim terkait, verifikasi HP dan alamat lagi.
- Tanggal 11 Feb saya udah muak karena saya harus kehilangan kesempatan kerja, waktu kumpul keluarga rapat penting, duit juga kepakai lebih banyak untuk bensin, pulsa, & kuota dadakan. Akhirnya saya mampir ke plasa telkom. Kondisi di sana super rame. Banyak orang gak dapat tempat duduk. Saya sampai jam 11:45AM, baru dapet giliran sekitar jam 3:30PM.
- Saat saya cerita keluhan ke CS nya, beliau masuk ke dalam cukup lama sekitar 15 menit. Lalu beliau keluar bawa print out bahwa bukti pembayaran saya status nya masih nunggu masuk tapi sebenernya sistem sudah di cek bahwa duit saya udah masuk. Jadi saya tinggal nunggu teknisi pemasangan dateng ke rumah.
- Saya minta hari itu juga dipasang. Lalu si mba CS yg terhormat tersebut menjadwalkan pemasangan secepat mungkin, yaitu untuk besok hari nya. Sambil nunggu beliau input request pemasangan, saya akhirnya dapat email 4 biji sekaligus bahwa pembayaran saya sudah diterima.
- Tanggal 12 Feb pagi2 saya ditelfon teknisi yg katanya lagi jalan ke rumah. Sampe nya sekitar 2 jam padahal kata nya deket, yang normal nya kalau naik motor cuma 30 menit kurang lebih. Saat sudah sampai, mereka bilang mau tarik kabel. Tapi entah kenapa hilang sekitar 1 jam lalu kembali sambil pasang kabel. Setelah saya tidur siang entah berapa lama, akhirnya internet & telefon bisa dipakai.

Inti masalah pemasangan nya adalah pembayaran saya dianggap tidak ada. Dikomplain lewat telefon & email tidak ada perubahan. Saya harus datang dan rela menunggu seharian di Plasa Telkom baru masalah selesai.

[2] Internet mati
- Tanggal 25 Feb jam 5:40PM internet saya mati. Saat itu juga saya langsung email ke customer service. Lalu saya tinggal pergi acara makan2 keluarga.
- Pulang jam 10:00PM internet belom nyala dan gak ada auto reply dari email customer service. Baru ada reply 26 Feb jam 1:00AM dengan instruksi untuk lepas pasang kabel.
- Selanjut nya hanya berbalas pantun yang kira2 seperti ini

Quote:


A: sudah saya lepas pasang masih gak bisa. tolong kirim teknisi secepatnya.
CS: kami sudah buatkan laporan. pastikan HP aktif. sedang dilakukan perbaikan dari jaringan pusat.
27 Feb
A: INTERNET BELOM NYALA, TEKNISI TIDAK ADA, KALIAN EMANG SENGAJA MAU BIARKAN SAYA. (pokoknya ngegas)
CS: kami hubungi nomor HP xxxx tapi di reject. Mohon informasikan nomor lain.
A: Pake logika deh. Saya nunggu teknisi, kerjaan terhenti. Mana mungkin HP gak aktif.
Saya internetan pakai apa kalau bukan pakai HP. Emang sengaja kalian mau main2 aja sama pelanggan.
CS: sedang dalam penanganan rekan teknisi kami dari jaringan pusat
A: Barusan ngibul katanya teknisi menghubungi saya. Terus ngibul lagi katanya perbaikan koneksi dari pusat. TETANGGA SAYA SATU RUMAH KONEKSI INDIHOME NYA AMAN!
CS: Kami informasikan untuk titik ODP di lokasi memiliki jalur yg berbeda-beda.

tetangga yg ane maksud adalah pemilik kontrakan. dia di bawah, ane di atas dia. kabel nya juga keliatan narik nya dari sumber yg sama. laporan kodisi lewat robot CS dari aplikasi my indihome juga bilang tidak ada gangguan masal.

- ane memutuskan untuk berhenti berbalas email. nanti kalau sudah ada waktu ane samperin lagi ke plasa telkom. buat yg tengsin liat ane ngomel2, ane gak mungkin ngomel kalau orang yg bertugas melayani mau menjalankan tugas nya. di plasa telkom ane nunggu dengan tenang berjam-jam, bicara dengan sopan. security, greeter, & CS yg ketemu di plasa semua menjalankan tugas nya. di telfon pun meski ane mengeluh tapi kalau beda orang ya ane gak ngomelin. kalau dapet orang yg sama lagi baru ane omelin.

Inti masalah internet mati ini adalah customer service nya terbukti ngibulin saya. Awalnya bilang sudah ada teknisi mencoba menghubungi saya, padahal gak ada. Normal nya orang kalau ditelfon gak bisa pasti ada SMS atau whatsapp. Ini HP ane aktif, gak ada telfon sms whatsapp dari teknisi. Terus omongan nya berubah jadi sedang ada perbaikan dari pusat. Berarti terbukti mereka hanya bohongin saya. Saya sih udah gak punya harapan terhadap online customer service telkom. Berdasarkan pengalaman saya udah tau bahwa ujung-ujung nya harus dateng ke plasa lagi. Cuma kesel nya mereka pakai coba mau bohongin pelanggan.

Kesimpulan:
- Sudah bayar deposit pemasangan internet tapi dianggap gak bayar. Harus sampai email 3x, buang2 pulsa telfon 147 4x cuma berhasil ngobrol ke CS 2x, buang waktu seharian datang & nunggu di Plasa Telkom baru mereka bisa mengakui bahwa saya udah bayar. Pemasangan masih harus nunggu sehari lagi.
- Baru 2 minggu koneksi internet & telefon mati. Sudah email berbalas sampai 7x ternyata hanya dipermainkan dengan cerita palsu seperti disuruh lepas pasang kabel, tunggu teknisi, ditelfon teknisi gak diangkat, sedang dilakukan perbaikan dari pusat. Omongan tidak konsisten, pengalaman pemasangan memang mereka sengaja gak mau lanjut proses keluhan, jadi saya tau mereka emang gak mau ngasih service ke pelanggan. Mau duit nya doang.
- Bukti kecurangan lain yang membuktikan mereka emang niat mainin pelanggan, indihome gak menuliskan soal FUP baik lewat aplikasi pendaftaran ataupun lembar yg diterima saat pemasangan. Saya baru tau nya karena nanya ke 147.

Saran untuk telkom:
- Tidak ada. Sukses skema penipuan nya.

Saran untuk calon pelanggan:
- Kalau anda kakek nenek yang gak kerja, gak ada pilihan internet service provider lain, telkom adalah pilihan yang layak. Anda akan sering bolak balik plasa telkom, disambut ramah.
- Tapi kalau internet nya penting, lebih baik pakai simcard saja. Pengalaman saya untuk unlimited sudah coba indosat unlimited jumbo 150rb tapi diam2 ada FUP nya yang tidak diakui bahkan oleh CS nya. Untuk smartfren unlimited ada 50rb, 75rb, dan 100rb. Lebih stabil dari indosat dan diakui ada FUP nya tertulis jelas sebelum beli paket.

Update:
- Sejak pemasangan teknisi nya bilang kalau masih awal2 gini masih dia bantu kalau ada kendala.
- Tanggal 26 Feb pagi saya hubungi untuk minta bantuan. Tapi seperti nya dia sibuk.
- Tanggal 27 Feb saya tanyain kabar lagi. Katanya nanti mau mampir ke rumah.
- Kata teknisi masalah nya port saya ada yg entah copot / pindahin disaat pemasangan indihome client orang lain. Segoblok itukah? Tapi masalah emang langsung kelar sih berarti bener pemasangan nya segoblok itu.
- Masalah yg sama kejadian ke saya lagi di tanggal 2 Maret.
- Uploading barbuk screenshot.

Spoiler for barbuk:
profile-picture
luxboy memberi reputasi
Diubah oleh fuuuuuu
Quote:

Kurang barbuknya mod emoticon-Request
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di