CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sensus Penduduk 2020 Dimulai Hari Ini, Begini Cara Mengisinya Secara Online
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e477c51f4d6950b277a2112/sensus-penduduk-2020-dimulai-hari-ini-begini-cara-mengisinya-secara-online

Tutorial Mengisi Sensus Penduduk 2020 Secara Online

Halo GanSis,

Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Online/Daring dimulai hari ini (15/02) loh. GanSis sudah bisa mengisi pertanyaan SP2020 secara daring di https://sensus.bps.go.id.

Sekadar informasi, Sensus Penduduk 2020 kali ini berbeda dengan Sensus Penduduk tahun-tahun sebelumnya. SP2020 kali ini terdiri dari 2 jenis yaitu Sensus Penduduk Online dan Sensus Penduduk Wawancara. GanSis dapat mengikuti salah satu dari 2 jenis Sensus tersebut.

Untuk Sensus Penduduk Online diadakan pada 15 Februari - 31 Maret 2020 dan Sensus Penduduk jenis Wawancara diadakan pada Juli 2020. Bagi GanSis yang belum dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan SP2020 Online dapat mengikuti SP2020 jenis wawancara. Untuk jenis yang kedua, petugas akan mendatangi GanSis untuk melakukan wawancara.

Nah bagi kalian generasi Y/milenial dan generasi Z mungkin lebih memilih untuk jenis yang pertama ya GanSis wkwk (secara lebih mudah dan efisien ye kan).

Saya mencoba membuka webnya dan mengisi data-datanya.

Pertama yang GanSis perlu siapkan adalah KK dan KTP.

Lalu buka website nya di https://sensus.bps.go.id
Isikan KTP dan KK GanSis. Selanjutnya masukkan kode Captcha dan klik "Cek Keberadaan".



Nah kalo GanSis pertama kali melakukan ini, buat password dan pilih pertanyaan keamanan GanSis. Lalu klik "Buat Password".

Kalo GanSis sudah membuat password dan pertanyaan keamanan sebelumnya cukup masukkan password dan kode Captcha seperti yang saya lakukan.


Setelah masuk portal, ada 4 menu yang ada di SP2020 Online yaitu Keterangan Keluarga, Daftar Anggota Keluarga, Data Penduduk, dan Ringkasan.


Untuk Keterangan Keluarga, GanSis akan ditanya alamat keluarga saat ini sampai jenis lantai terluas rumah.





Untuk Daftar Anggota Keluarga, GanSis akan ditanya informasi mengenai daftar anggota keluarga dalam tempat tinggal GanSis. Nah GanSis bisa menambahkan anggota keluarga jika belum ada di dalam daftar keluarga, yang dapat GanSis tambahkan yaitu bayi atau asisten rumah tangga yang sudah tinggal satu tahun atau lebih.





Klik "Lanjut", maka GanSis akan dihadapkan pada Data Penduduk. Pada menu ini GanSis akan ditanya data setiap anggota keluarga, akan ada pertanyaan mulai dari Keberadaan, Kewarganegaraan, Suku, Agama, sampai Aktivitas yang Biasa Dilakukan anggota keluarga. Pada tahap ini memerlukan waktu sekira 5 menit untuk setiap anggota keluarga.





Nah jika GanSis sudah mengisikan semua anggota keluarganya dan klik "Lanjut", maka terakhir akan dihadapkan pada menu Ringkasan. Pada menu ini GanSis bisa melihat kelengkapan data yang sudah diisikan oleh GanSis.

Nah GanSis dapat menyimpan sementara informasi dengan mengklik "Simpan sementara" sebelum mengakhiri sensus dan dapat disunting kapan saja.



Sebelum mengklik "Kirim" cek lagi kelengkapan data yang sudah diisikan ya GanSis. Kalo ane sih belum dikirim. Hehe.



Sekian tutorial mengisi Sensus Penduduk 2020 Online/Daring. Semoga membantu ya GanSis!

#SensusPenduduk2020
#SP2020
#Sensus2020
#MencatatIndonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Dian9395
ane ga pernah disensus maklum kota kecil emoticon-Bingung
Diubah oleh JALWEX
profile picture
TS Dian9395
kaskuser


Ente daerah mana gan, seluruh Indonesia disensus dong harusnya..
profile picture
JALWEX
kaskus addict
@Dian9395 daerah aceh gan.., dikampungnya hehe
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di