CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gokil! Satu Kotak Masker N95 di Pasar Pramuka Harganya Ngalahin 1 Gram Emas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e44318af0bdb2306c698ad0/gokil-satu-kotak-masker-n95-di-pasar-pramuka-harganya-ngalahin-1-gram-emas

Gokil! Satu Kotak Masker N95 di Pasar Pramuka Harganya Ngalahin 1 Gram Emas

Jika suatu permintaan barang sedang merosot, maka harga barang tersebut akan turun karena daya belinya rendah. Sebaliknya, jika suatu permintaan barang sedang tinggi-tingginya, ya harga barang bakalan naik. Begitulah hukum ekonomi yang berlaku, kadang bikin kita bahagia karena harga barang jadi murah, namun juga sering bikin kesel karena harga barang melambung naik. Apalagi kalau kenaikan harganya berkali-kali lipat, rasanya yang dagang seperti gak punya empati aja deh mikirnya. Iya gak?

Sama nih kasusnya seperti yang baru-baru ini terjadi di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Pusat. Pasar tersebut menjual sekotak masker N95 dengan harga yang bisa dibilang gak masuk akal, yakni 150 Dollar Singapura atau sekitar 1,5 juta rupiah. Harga yang cukup fantastis untuk sekotak masker berisi 20 item dengan merek N95 3M.




Alasan masker N95 bisa semahal itu dijual di Pasar Pramuka ya karena mewabahnya virus corona yang melanda dunia. Agar masyarakat terhindar dari virus tersebut ya perlu menggunakan masker. Karena jumlah permintaan masker yang membludak itulah membuat harga masker jadi meroket.

Situasi seperti ini memang memungkinkan penjual masker untuk mendulang banyak cuan Gan. Bahkan lebih epic-nya lagi pegadang grosiran sekarang ini mulai membatasi jatah masker untuk dipasok ke pengecer. Menurut pemilik Toko Aini yang berlokasi di Pasar Pramuka, pemasok masker untuk dijual ditokoknya hanya diberikan jatah mengambil sebanyak lima hingga sepuluh karton masker. Alasannya sih karena pedagang grosir mau memenuhi pemesanan dari luar negeri dulu, misalnya China dan Jepang.




Fenomena ini tentunya cukup mengejutkan banyak pihak. Karena untuk pertama kalinya, harga sekotak masker mampu mengalahkan harga satu gram emas di Indonesia. Perbedannya pun hampir setengah harga. Jika satu gram emas dijual sekitar 800 ribu rupiah, maka satu kotak masker N95 lebih mahal 700 ribu rupiah dari harga emas tersebut. Gokil. emoticon-Genit




Seperti biasa, kalau suatu produk yang dijual ke konsumen harganya udah gak masuk akal begini, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bakal unjuk gigi. Menanggapi fenomena ini, YLKI menyerukan kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan polisi untuk bersikap tegas agar menghentikan pihak-pihak yang gak bertanggung jawab terkait hal ini. Lembaga tersebut juga meminta para stakeholder yang berwenang untuk menyelidiki harga masker N95 yang melonjak naik tersebut.

Dagang masker yuk? emoticon-Angkat Beer


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 11 lainnya memberi reputasi
yang terjadi itu panic buying, ada yang mengail di air keruh. padahal N95 itu hanya perlu untuk tenaga kesehatan di ruang isolasi RS. secara umum masker biasa sudah cukup, kalau kurang yakin pakai aja 2 rangkap. N95 itu nggak nyaman dipakai pula, percuma kalau dibeli tapi cara pakainya salah karena nggak nyaman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
justkraken
kaskus holic
masker sensi biasanya cuma 18rb sekarang 200rban dan itu banyak yang beli emoticon-Hammer2
profile picture
billyns
kaskus geek
kalau masker biasa jadi mahal, pakai masker kain aja asal tiap hari dicuci pakai deterjen. kalau di tempat risiko tinggi, masker kainnya lapis 2.
profile picture
tetep aja bagusan n95, partikel virus corona itu kecil banget gan ukurannya 0.12 mikron, masi bisa nembus filter di masker biasa. FYI emoticon-Embarrassment
profile picture


itu yg beli kemungkinan ga tau harga asalnya, malah di apotik masker sensi dijual 50k sebelum ada wabah corona2 macem sekarang emoticon-Hammer (S)
profile picture
billyns
kaskus geek
nah, ini yang dipercaya oleh kalangan dokter, padahal keliru. sama kayak ada profesor FKUI yang mengatakan kalau kondom nggak bisa cegah HIV karena ukuran HIV << pori2 kondom.
semua infeksi begitu baik COVID-19 atau HIV ditransmisikan lewat cairan, nggak bisa terbang sendiri di udara. kalau COVID-19 itu menyebar lewat droplet (percikan ludah), selama droplet bisa dihambat, maka infeksi nggak akan terjadi. begitu pula HIV, selama nggak terjadi kebocoran cairan, maka nggak akan bisa terjadi infeksi. itu sebab yang sakit infeksi pernafasan harus pakai masker, bukan kita yang sehat supaya droplet mereka nggak ke mana2 (tertahan di masker).
profile picture
billyns
kaskus geek
sekarang pun saya masih dapat harga Rp 45 ribu/box, cuma pembelian dibatas hanya 1 box/orang/pekan. kalau sedang normal, yang Rp 15 ribu/box juga ada. di xxxmart saya kemarin lihat masih banyak stok masker biasa Rp 7 ribu/5 lembar.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di