CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Untuk Para Pemotor, Hindari Kebiasaan ini Saat Berkendara, Bahaya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cd0cc8d94d0287a53105d/untuk-para-pemotor-hindari-kebiasaan-ini-saat-berkendara-bahaya

Untuk Para Pemotor, Hindari Kebiasaan ini Saat Berkendara, Bahaya!


Menurut pengamatan Ane, banyak pengendara motor di negara +62 ini lebih mengutamakan “cepat sampai tujuan.” Mereka seolah – olah tidak mempertimbangkan keselamatan mereka dalam berkendara. O iyah sama satu lagi GanSis, yang penting gak kena tilang polisi. Aneh gak sih...?

 

Ini aneh banget sih GanSis, soalnya udah jelas – jelas di sampaikan ama pak polisi kalau berkendara itu utamakan keselamatan dalam berkendara. Gimana caranya biar selamat dalam berkendara? Patuhi aturan dan rambu – rambu lalu lintas. Soalnya gak ada aturan dan rambu yang bikin pengendara celaka GanSis.

Karena keselamatan bukan menjadi prioritas utama saat mengendarai motor, jadilah banyak pengendara yang ngelakuin kebiasaan – kebiasaan buruk saat berkendara. Tujuannya biar “cepat sampai tujuan” dan nyaman dalam berkendara (menurut pengendara). Beberapa kebiasaan yang Ane maksud adalah:

Dengerin musik saat berkendara


Ini sering banget Ane temuin GanSis. Mereka biasanya sibuk masang – masang headset di parkiran, pas mau naik motor. Jelas ini tujuannya biar mereka nyaman dalam beerkendara, karena ada musik yang nemenin. Menurut pengemudi mungkin iya GanSis, tapi secara etika berkendara, ini sangat berbahaya, entah untuk si pengendara atau pengendara lain. Karena dalam kondisi seperti ini pastinya bikin fokus si pengendara akan terganggu. Selain itu, pemakaian headset juga bisa bikin pengendara tidak begitu mendengar terhadap apa disekitarnya.

Ngerokok saat berkendara


Ini udah jelas ngelanggar aturan lalu lintas GanSis. Ngerokok sambil bawa motor bisa ngeganggu fokus. Selain itu, abu rokok juga sangat berbahaya apabila terkena pengendara lain. Ane dulu pernah ngalamin GanSis, Jadi pas Ane bawa motor, ada pengendara motor depan Ane lagi ngerokok, terus abu atau api rokoknya tiba – tiba terbang dan kena tangan Ane. Otomatis Ane langsung kepanasan GanSis, untung motornya masih tetap stabil...huhu

Makanya buat Agan dan Sista yang perokok, janganlah bawa motor atau mobil sambil ngerokok, bahaya buat diri sendiri dan juga orang lain soalnya.

Main handphone sambil benkendara

Ini masih terkait ama fokus dalam berkendara GanSis. Penggunaan smartphone pada saat berkendara sangatlah berbahaya GanSis. Kebiasaan seperti ini otomatis akan ngilangin fokus si pengendara. Selain itu juga berbahaya bagi pengendara lain. Kalau emang mendesak, gak salah kok untuk berhenti dulu.

Ngeboncengin anak kecil sambil berdiri


Ini sering banget kita temuin di jalanan GanSis, terutama di area pemukiman. Sering kali kita temui dua orang dewasa bawa anak kecil naik motor dan memposisikannya di tengah dengan posisi berdiri. Kondisi seperti ini bisa jadi akan membuat pengendara kehilangan keseimbangan GanSis. Lagian jok motor itu kan biasanya licin dan bukan diperuntukkan sebagai pijakan, jadi jangan digunakan untuk yang tidak semestinya.

Motoran bertiga, berempat, ampe berlima


Pada dasarnya motor itu di desain untuk mengangkut dua penumpang, bukan tiga, empat, apalagi lima. Bukan hanya karena aturannya seperti itu, tapi jika ditumpangi lebih dari dua orang, maka akan berpengaruh pada keseimbangan saat berkendara, dan itu sangat berbahaya. Jangankan tiga atau lebih, motor yang bermuatan dua aja seringkali gak seimbang.

Keasyikan ngobrol atau berdebat

Ngobrol sesekali dengan penumpang mungkin gak ada masalah GanSis, asalkan tetap fokus pada perjalanan. Yang bahaya adalah ketika dua orang yang terlampau asyik ngobrol saat berkendara dan bikin motor jadi gak stabil. Biasanya yang kayak – kayak gini banyak dilakuin ama anak muda yang lagi pacaran GanSis.

Lawan arah


Pemotor (gak semua ya), terutama di Jakarta, udah kayak raja jalanan GanSis. Sering banget mereka berbuat sesukanya, termasuk melawan arah. Macet dikit, pemotor sering mengambil jalur sebelahnya dan melaju tanpa rasa bersalah. Selain mengganggu pengguna jalan dari arah yang berlawanan, tindakan kayak gini tentunya berbahaya GanSis.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhammadeltar dan 5 lainnya memberi reputasi
Justru semua ini yang dilakukan oleh pemotor dan keliatan setiap hari..
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di