CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f922c349d0f057949cce0/lebih-mematikan-dari-corona-7-wabah-penyakit-paling-mengerikan-sepanjang-sejarah

Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Hai... agan agan semua, berjumpa kembali dengan saya.emoticon-Hai 

Akhir akhir ini sedang marak munculnya wabah virus Corona yang membuat geger negara-negara di seluruh dunia. Sejak kemunculan pertamanya di provinsi Wuhan- China, virus corona terus menginveksi populasi manusia. Tercatat hingga saat ini sudah sekitar 774 orang meninggal dan 8.098 orang terinveksi virus mengerikan ini. Jumlah ini pastinya akan terus naik, sebab penyebaran virus ini sangat cepat dan orang akan mudah terinveksi karena virus menyebar lewat udara. Selain virus corona yang mematiakn ini, sejarah mencatat dunia pernah dihantam beberapa kali oleh wabah mengerikan. Apa saja wabah mengerikan tersebut ? emoticon-Thinking Biar tidak penasaran, langsung saja berikut daftarnya.


1. Black Death
Quote:

Maut hitam atau yang lebih dikenal dengan nama Black Death, merupakan pandemi dahsyat yang pernah menerjang Eropa pada abad ke-14. Wabah mengerikan ini telah membunuh sekitar 60% populasi Eropa saat itu. Wabah Maut Hitam disebabkan oleh bakteri Yersinia Pestis yang menumpang lewat tikus dan kutu, kemudian ditularkan kepada manusia. Persebaran wabah sangat cepat, asal usul wabah ini juga masih simpang siur, tapi beberapa sumber berpendapat bahwa wabah ini berasal dari asia tengah yang terbawa ke Eropa melalui jalur sutra. Sistem sanitasi penduduk Eropa yang buruk saat itu kian memperparah penyebaran maut hitam. Mayat bergelempangan di jalan dan memperburuk kondisi sosial masyarakat saat itu.

2. Wabah Justinian
Quote:


Jauh sebelum Maut Hitam menyerang Eropa, pada abad ke-6 wabah Justinian telah terlebih dahulu meluluhlantahkan wilayah Eropa dan kawasan Mediterania. Wabah yang juga disebabkan oleh virus Yersinia Pestis ini, telah merenggut sekitar 50 juta jiwa atau sekitar 26% dari populasi dunia saat itu. Wabah ini diduga berasal dari China, kemudian terbawa oleh para pedagang Konstantinopel dan akhirnya tersebar ke belahan dunia barat. Di Konstatinopel sendiri 10.000 orang setiap harinya meninggal karena wabah ini. Bahkan sang kaisar sendiri pernah tertular wabah ini, namun bisa bertahan. 

3. Flu Spanyol
Quote:

Flu Spanyol merupakan pandemi Influenza yang pernah mengguncang dunia pada tahun 1918. Seusai perang besar di Eropa wabah mematikan ini muncul, menyebar dengan sangat cepat hingga Asia dan Amerika Utara. Menginfeksi hingga 500 juta orang dan mengakibatkan kematian sekitar 50-100 juta orang. Meskipun dinamai dengan Flu Spanyol, wabah tersebut sama sekali tidak berasal dari Spanyol. Asal muasal penyebaran wabah flu spanyol masih menjadi perdebatan, tapi ada beberapa sumber yang mengatakan wabah ini berasal dari kamp tentara di Perancis. Karena peralatan dan perawatan medis yang kurang saat itu, korban yang terinfeksi flu spanyol dipastikan akan meninggal.

4. Pandemi Ketiga
Quote:


Penamaan wabah pes ini didasarkan pada kemunculannya setelah wabah besar Maut Hitam dan Justinian. Wabah yang menyerang Cina pada tahun 1850-an ini, telah merenggut sekitar 12 juta jiwa di kawasan Cina dan India, dengan perkiraan sekitar 60.000 orang meninggal setiap minggunya. Wabah ini semakin menyebar ke seluruh dunia termasuk Amerika, karena terbawa oleh arus perdagangan dan pertukaran yang sedang ramai kala itu. Pandemi ini masih terus aktif hingga tahun 1959, dan diperkirakan minimal ada 200 korban jiwa setiap tahunnya. Selain korban jiwa, wabah ini juga mengakibatkan pergolakan politik di india koloni.

5. Kolera
Quote:


Wabah besar kolera pertama kali muncul di India pada tahun 1816. Wabah ganas ini mengakibatkan sekitar 40 juta orang meninggal sampai wabah berakhir tahun 1960. Wabah kolera disebabkan karena makanan dan air yang telah terkontaminasi oleh bakteri jenis Vibrio Colerae. Orang yang sudah terinveksi bakteri kolera akan sering sakit perut (diare) disertai dengan muntah muntah. Bakteri kolera akan memproduksi racun yang dapat menggangu usus kecil, akibatnya usus akan dipenuhi dengan air dan mengakibatkan orang tersebut mudah dehidrasi, jika terus terjadi maka pasien kolera dapat dipastikan meninggal.

6. Cacar
Quote:


Meskipun di zaman modern ini penyakit cacar mungkin tidak rerlalu menakutkan, tapi di zaman dahulu ketika teknologi dan pengetahuan akan kesehatan masih sangat minim, cacar menimbulkan wabah penyakit yang mengakibatkan ratusan juta orang meninggal dunia. Bermula di pesisir timur Amerika pada tahun 1775  ketika terjadi perang revolusioner, cacar mulai menggrogoti para pasukan tanpa disadari. Orang yang terkena penyakit cacar akan mengalami demam dan sakit kepala, kemudian akan muncul benjolan kecil berisi cairan diseluruh tubuh.

7. SARS

Quote:


Sebelum wabah virus Corona yang mulai booming akhir akhir ini, China juga pernah dilanda wabah virus SARS pada tahun 2003 silam. Sama halnya dengan corona, SARS juga menyerang sistem pernapasan manusia. Wabah SARS dimulai dari provinsi Guandong dan dengan cepat menyebar keseluruh dataran Cina hingga akhirnya keseluruh dunia. Wabah ini telah menginveksi sekitar 8.000 orang diseluruh dunia, dengan total kematian sebanyak 775 orang. SARS ditularkan melalui melalui hewan mamalia seperti kelelawar dan musang.


Di atas adalah beberapa wabah mengerikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Wabah penyakit bisa terjadi kapan saja, oleh sebab itu kita tentunya harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh maupun lingkungan sekitar. Membiasakan hal hal kecil seperti menjaga kebersihan makanan, kebersihan tubuh dan tempat tinggal, dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit berbahaya.emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup


Sumber: http://www.tahupedia.com/

Terimakasih atas kunjungannya, emoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 42 lainnya memberi reputasi
Balasan post monkeydfarly
Nah, tapi apakah DB juga termasuk ke virus?
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di