CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Faktor Penyebab Penyakit Kanker
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3b8d6a9a972e0149479af2/faktor-penyebab-penyakit-kanker

Faktor Penyebab Penyakit Kanker


Sumber Foto : Shutterstock

emoticon-Ngamukemoticon-Mewek

Pasti sudah tidak asing lagi buat kamu untuk mendengar penyakit kanker. Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling diwaspadai oleh semua orang di dunia ini. Sudah sekitar 9,6 juta orang banyaknya yang mengalami kematian dan mereka merupakan penderita penyakit kanker. Walaupun begitu tidak semua orang yang menderita penyakit kanker akan mengalami kematian.
emoticon-Sorry

Ada sejumlah 3,7 juta orang yang bisa dikatakan mengalami mujizat karena sembuh dari penyakit kanker melalui beberapa perawatan dokter dan menjalani pengobatan dengan tepat. Dengan catatan penyakit ini sudah dideteksi dan mulai dilakukan perawatan dan pengobatan sejak keadaan penyakit kanker belum terlalu parah. Nah, sangat penting untuk kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana faktor-faktor risiko penyakit kanker sebelum terserang oleh penyakit ini.

Dilansir dari CNNIndonesia.com.

Apa penyebab dari penyakit kanker ini bisa terus bertumbuh dan berkembang dalam organ tubuh manusia memang belum diketahui dengan pasti sampai saat ini. Tetapi tenanglah karena faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan untuk terkena penyakit kanker ini sudah diketahui melalui studi yang telah dilakukan.
emoticon-No Hope

Lihat lah faktor-faktor risiko terkena kanker, dan bagaimana dengan tubuhmu? Jika semakin banyak faktor risiko terkena penyakit kanker yang kamu miliki, maka akan semakin besar juga kemungkinan untuk terkena penyakit kanker dikemudian hari. Faktor-faktor risiko ini ada yang bisa dihilangkan dari tubuh kamu, namun juga ada yang memang sudah tidak bisa dihindari lagi.
Ini lah faktor-faktor risiko penyakit kanker.
emoticon-Matabelo
Usia
Mengenai faktor risiko yang satu ini memang sudah tidak bisa dihindari karena menyangkut dengan usia. Usia ini akan terus bertambah dengan sendirinya. Nah, semakin bertambah semakin tua usia kamu maka akan semakin besar kemungkinannya untuk terserang penyakit kanker. Telah didiagnosis usia seseorang yang rentan terkena penyakit ini berdasarkan statistic NCI (National Cancer Institute) adalah 66 tahun dan sudah 25 persen penderita adalah ketika berusia 65-74 tahun.
NCI menuliskan bahwa telah didiagnosis usia rata-rata terkena penyakit kanker payudara 61 tahun, kanker usus besar 68 tahun, kanker paru-paru 70 tahun, dan kanker prostat 66 tahun. Tidak hanya pada usia tua saja, usia muda pun bisa terkena penyakit kanker tulang dan leukemia.

Rokok dan alkohol
Sudah menjadi hal yang diketahui oleh masyarakat luas bahwa kedua barang ini memang paling sering menjadi biang timbulnya berbagai penyakit. Dengan tidak langsung tembakau yang ada dalam rokok adalah penyebab utama penyakit kanker hingga berujung kematian. Tembakau ini bisa merusak DNA sehingga sel kanker bisa berkembang dengan cepat.
Mengapa bisa merusak DNA? Karena tembakau mengandung bahan kimia yang merusak. Tidak hanya perokok aktif saja yang memiliki kemungkinan besar terkena penyakit kanker, perokok pasif pun juga memiliki kemungkinan itu.
Selain rokok, minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab kanker yang lebih tinggi dibandingkan rokok. Kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, hati, dan payudara merupakan penyakit kanker yang bisa diakibatkan oleh alkohol.
Untuk faktor risiko ini, sudah jelas bisa dihindari. Oleh sebab itu, berhentilah merokok dan juga minum minuman beralkohol supaya faktor risiko penyakit kanker bisa menurun.

Riwayat keluarga
Kalau ada dari keluarga maupun saudara kandung kamu yang sedarah dan pernah terkena penyakit kanker, maka bukan tidak mungkin lagi faktor risiko terkena penyakit kanker pada tubuh kamu akan meningkat. Faktor risiko ini jelas tidak bisa dihindari lagi.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat yang disebut dengan CDC ini pun mengatakan hal yang sama. Karena keluarga itu memiliki gen yang mirip, kebiasaan, dan lingkungan yang sama dengan kamu, sehingga berpengaruh dengan faktor risiko kanker dalam tubuh kamu.

Obesitas dan diet
Nah, ini lah hal yang paling sering dilakukan oleh sebagian anak muda yang ingin menurunkan berat badannya. Kanker payudara, usus besar, rektum, rahim, kerongkongan, ginjal, pankreas, dan kantung empedu adalah penyakit kanker yang disebabkan oleh kelebihan berat badan.
Selain itu, jika kamu menjalani program diet dan program itu tidak sehat seperti makan makanan yang cepat saji, makanan olahan, akan meningkatan risiko penyakit kanker.

Lingkungan
Bagaimana keadaan lingkungan kamu? Paparan radiasi dan sinar matahari bisa terkena penyakit kanker kulit. Selain itu, paparan karsinogen ataupun zat-zat yang dikatakan menyebabkan kanker juga akan meningkatkan risiko. Zat karsinogen ini memiliki kemampuan untuk mengubah DNA sehingga kanker bisa berkembang dalam tubuh.
 emoticon-Salam Kenal

Oleh sebab itu, untuk kamu yang masih memiliki kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, memiliki berat badan yang berlebih, melakukan program diet yang tidak sehat, dan berada di lingkungan yang tidak sehat, ubah lah gaya hidup kamu supaya tidak terkena penyakit kanker apapun.

Banyak-banyak lah berolahraga gengs, jangan mager-mager...

Terapkan juga gaya hidup sehat yaaaa!

Perhatikan dulu tubuh kamu, baru perhatikan doi kamu hahaha

emoticon-2 Jempolemoticon-Big Kiss

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moccadark dan 4 lainnya memberi reputasi
kanker ini sama dg virus yg di buat di lab. dan salah satunya sperti corona.
lalu di buat obat buat di jual mahal.
smua sama aja emoticon-Cape d... (S)
profile picture
anggita2208
newbie
sabar yee pak, bersyukur ajee udah
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di