CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Curhatan Si Mbak Cynd
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e37edde337f93321a7ccf2b/curhatan-si-mbak-cynd

Curhatan Si Mbak Cynd

Hai, beda nih dari Keseharian Kantor Ajaib.

Kali ini cuma curhat kegelisahan gue ajah.
Mungkin udah pernah ada yang bahas masalah SUKUis di sini , cuma blm gua baca ajah.

Sekarang, keResahan gue adalah soal pernikahan yang harus sesuai sama suku.
YUPS!!
mbak cynd, saya, orang Batak dan ribet nya HARUS NIKAH SAMA BATAK JUGA.
ada beberapa yang emang gag nikah sama orang batak, dan gua udah diskusiin ini sama kelluarga gue.

"mih, klo misal nih gag nikah sama orang Batak , apa konsekuensi nya?" gue nanya ama nyokap gue.
"ya banyak, klo kamu nikah sama yang bukan batak mama gag kenal sama mereka, terus klo gag nikah secara adat, nanti kalian bakalan di kucilkan, lagi pula orang batak itu cuma  nikah 1 kali dan jarang ada yang bercerai. Yang paling penting yang harus kamu inget sih, klo kamu nikah gag sama orang batak, dan mama atau bapak meninggal kamu gag bisa ikut adat penguburan nya"

"masa sihh? seribet itu ?"
"gak ribet koq"
"yaudah gmana klo nikah, sm orang batak tp banyak tahap adat yang d skip?, cape banget ngebayangin nya."
"Gak bisa, karna klo tahap nya ada yang ilang berati masih kurang"
"huuffhhh..." gua meng akhir i obrolan soal itu sama nyokap gua, karna gua merasa gerah sm ribet.

Soal yang nyokap gua bilang, "gag kenal sama mereka" itu masalah suku nya, klo gua nikah sama suku menado atau jawa atau ambon, gag se-arus gitu. Banyak yang mesti di pertimbangin, harus di cocokin, gitu gitu lah.

nahh ini yang paling gua merasa sangat, "kejam".
GAK BISA IKUT ACARA ADAT PENGUBURAN ORANG TUA MENINGGAL .
gue lahir d jakarta banget, pengetahuan gua soal adat batak tuh NOL BANGET , sedikit - sedikit tau sih, tapi sedikit banget.
Jadi pas nyokap gua bilang gag bisa ikut adat penguburan, gua kya aneh gitu, emang bener ? kan gua anak kandung nya, masa gag boleh ?
ini. INI BANGET YANG GUE SANGAT ANEH.
Walaupun begitu gua tetep kya yaudahlah nyari cowo batak ajah.

TAPI CARI DIMANA ???!!!!!!!

gua gereja, anakan gereja gua tengil tengil semua, sok kecakepan, sok kepentingan. Berasa aura nya. Cara jalan nya, ADUH.
Taulahh, mungkin gua nya ajah kali yang julid.

Gue mikir dong, JAKARTA ini yang semua jenis suku aur-aur'an di sini. Dari Sabang sampe Merauke juga ada (kecuali yang gag merantau ke jakarta ).
Ibarat gua adalah seorang Pemancing, jika gua mau Lele gua harus ke kolam LELE.
jika gua mau mancing Mujaer , maka gua TIDAK BOLEH KE KOLAM IKAN HIAS.

Walaupun di Lautan sana banyak ikan nyampur-nyampur. Tapi bakalan sulit klo bukan di Lahan tempat tinggal nya.
(dapet gag sih keresahan gue???!!!)

Gua mau pulang kampung, mau k sumatra utara ajah, tp kerjaan gua disini gmana ?
dan di sono gua mau kerja apa ? Bercocok Tanam Shopee ?? hemm.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 3 lainnya memberi reputasi
Bener yang dikatakan ortu TS, kalo merujuk adat batak yang ASLI nya emang begitu, tp itu berlaku kalau TS menikah (sesama orang batak atau pun beda suku) tanpa adat batak.
Berkembangnya zaman, agar hal yang dinilai sangat baik (anak ikut terlibat acara pemakaman) tidak terhalang karena adat batak. Tua tua adat membuat aturan khusus. Jd yg bersangkutan harus dibuatkan adat kecil terlebih dahulu. Setelah itu, yg bersangkutan bisa ikut dalam adat utamanya.

Case lain misalnya, TS nanti punya anak dan anak TS menikah dengan suku batak dan pernikahan pakai adat Batak, TS juga tidak Bisa ikut menikahkan anak TS secara adat. Jd TS dibuatkan adat kecil dulu, lalu bisa ikut adat utamanya.

Pokoknya semua yg berbau adat TS tidak bisa ikut serta, kecuali dibuatkan adat kecilnya terdahulu.

Untuk itu lah penting suku batak, menikah pakai acara adatnya.
1. Rasa malu di kalangan suka batak
2. Setiap acara adata harus dibuatkan acara adatnya terlebih dahulu, ini buat tambah ribet dan uang yg dikeluarkan juga bertambah

Kebanyakan ortu menginginkan anaknya menikah sesama orang batak, agar dalam pelaksanaan acara adatnya, biar ga tambah ribet.

Y memang bgitulah adat batak, terkesan ribet, tp kalau sudah mengalami sendiri bakal berasa, "indah y adat batak itu". Itu pengalaman pribadi gua, gua baru dapatin feel nya saat bokap gua meninggal
profile-picture
bam09 memberi reputasi
Diubah oleh jems52
profile picture
TS rcynddd
newbie
iyah, karna kembaran gue juga udh nikah dan pake adat bataak, setiap step sebelum hari H gue juga udh ikutan nonton.
mungkin karna ikutan nonton kali ya, d ngerasa ribet. klo lagi ngejalanin mah mungkin tinggal d setir" ajah,, tau tau acara nya selesai ajah.
yakan ?

turut berduka juga.

tengkyu for your respon.
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di