CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sersan Stubby, Pahlawan Amerika Berkaki Empat Pada Era Perang Dunia I
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a0479365c4f45de4e1092/sersan-stubby-pahlawan-amerika-berkaki-empat-pada-era-perang-dunia-i

Sersan Stubby, Pahlawan Amerika Berkaki Empat Pada Era Perang Dunia I


Sersan Stubby ikut serta dalam 17 pertempuran, menyelamatkan resimennya dari serangan gas mustard dan membantu menangkap mata-mata Jerman selama Perang Dunia I. Dengan standar apa pun, Stubby adalah pahlawan. Tetapi yang membuat kisahnya semakin luar biasa, bahwa dia adalah seekor anjing.


Jutaan orang Amerika mengagumi Sersan Stubby. Keberanian prajurit berkaki empat di Perang Dunia I ini sangat legendaris. Anjing berjenis Brindle Bull Terrier pendek ini adalah anjing pertama yang diberi pangkat di pasukan AS. Diyakini Stubby awalnya adalah anjing yang tersesat tanpa pemilik maupun rumah. Suatu hari anjing itu berjalan masuk ke stadion sepak bola Universitas Yale. Stadion ini telah menjadi penampungan bagi para prajurit infanteri ke-102 sebelum penempatan mereka ke Eropa. Di penampungan Yale, Stubby bertemu dengan prajurit J. Robert Conroy yang berusia 25 tahun. Keduanya segera menjadi teman yang akrab dengan cepat. Stubby akhirnya menemukan rumahnya.


Beberapa bulan kemudian Conroy mendapatkan panggilan tugas untuk ditempatkan di Eropa. Dia tidak peduli pada peraturan dan tata tertib tentara AS tentang memelihara hewan peliharaan. Conroy menyembunyikan Stubby di jaket tentaranya agar bisa naik ke kapal. Pada suatu waktu, kru menemukan penumpang gelap berkaki empat. Stubby memesona para petugas di atas kapal.


Pada saat mereka mendarat di Prancis, dia telah menjadi maskot tidak resmi infanteri ke-102. Ketika pecahnya Perang Dunia I, Amerika adalah satu-satunya pasukan tempur yang tidak memiliki unit anjing. Tetapi mereka memiliki Stubby di pihak mereka. Dari bulan Oktober 1917, Divisi 102 menghadapi lebih banyak pertempuran daripada divisi infanteri lainnya. Mereka menghabiskan total 210 hari di front barat dan Stubby ada di sana selama itu.


Stubby adalah prajurit sejati. Dia menangkap banyak tikus yang membawa penyakit dan memakan jatah tentara AS. Suatu ketika dia terluka dalam aksinya akibat peluru Jerman. Dia mengendus tentara musuh yang bersembunyi di semak-semak. Diyakini bahwa ketika Stubby melihat seragam tentara Jerman, dia menjadi seperti banteng yang melihat kain merah. Dia menyelamatkan pasukan ke-102 dari pemboman berkali-kali. Telinga anjingnya bisa mendeteksi peluit dan pekikan cangkang artileri terlebih dahulu dari jarak jauh. Ketika itu terjadi, dia akan segera mulai menggonggong dan memperingatkan para prajurit.



Suatu ketika Stubby tertangkap di tengah serangan gas Jerman. Saat itu juga dia nyaris mati. Tapi dia jadi ingat bau senjata baru. Kemudian jika ada serangan gas di bagian depan, Stubby langsung mengenali baunya. Setelah perang berakhir, Stubby menjadi pahlawan nasional di Amerika. Stubby mendapat kehormatan diterima oleh tiga presiden AS yang berbeda, Woodrow Wilson, Calvin Coolidge, dan Warren G. Dia adalah hewan paling terkenal di Amerika ketika itu.


Pada tahun 1926 Stubby meninggal dalam tidurnya di pelukan Conroy. Conroy memutuskan untuk membalsemnya dan kemudian menyerahkan Stubby ke Museum Smithsonian di Washington. Kisah nyata Stubby pernah diadaptasi menjadi film animasi yang luar biasa yang berjudul Sgt. Stubby An American Hero pada tahun 2018. Stubby membuktikan bahwa pahlawan datang dalam segala bentuk dan ukuran. Sersan Stubby anjing pahlawan Perang Dunia I yang tersesat.

Referensi 1, 2

KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eeqsemut dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ashibnu
asu.. pahlawan.. emoticon-Smilie
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di