CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rumah Tangga Berantakan, Nuril di Pemalang Bakar 7 Kitab Al-Qur'an
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e33a9c388b3cb71431a4640/rumah-tangga-berantakan-nuril-di-pemalang-bakar-7-kitab-al-quran

Rumah Tangga Berantakan, Nuril di Pemalang Bakar 7 Kitab Al-Qur'an


Nuril Ma'arif ditangkap polisi. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Pemalang - Nuril Ma'arif ditangkap polisi karena membakar kitab suci Al-Qur'an di Alun-alun Pemalang, Jateng. Tak cuma satu, 7 kitab dihanguskan sekalian. Belakangan pria 34 tahun tersebut diketahui mengalami depresi setelah diceraikan istrinya.

"(Barang bukti) Al-Qur'an tujuh (kitab yang dibakar)," kata Kapolres Pemalang, AKBP Edy Suranta Sitepu, kepada wartawan di Mapolres Pemalang, Kamis (30/1).

"Selain Al-Qur'an, ada buku tulis. Dilakukan pemeriksaan intensif," lanjutnya.

Warga juga menyaksikan aksi Nuril tersebut. Misbahul Alim (25), penjual seblak yang berjualan di depan lokasi kejadian menceritakan awalnya pelaku datang dengan bersepeda. Pria tersebut kemudian berhenti di depan Rutan Pemalang yang berseberangan dengan Alun-alun Pemalang.

Misbahul bercerita, Nuril Ma'arif sempat duduk-duduk sebelum membuka sebuah bungkusan. "Saya kira itu cuma kertas biasa. Pas dia jongkok menghadap ke selatan, pas dibuka (kertas bakaran) kok ada sampul Al-Qur'annya," ucapnya.

Aksi itu diketahui banyak orang. Tak lama kemudian pembakaran kitab suci itu kemudian juga meluas di berbagai akun medsos.

Hasil pemeriksaan sementara, Nuril mengaku kepada polisi mendapatkan bisikan sebelum melakukan aksinya. Warga Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, itu juga menulis bisikan-bisikan yang dia dapatkan di buku tulis.

"Selain Al-Qur'an, ada buku tulis (yang disita polisi). Di buku tulis dia menulis setiap mendapatkan bisikan, dia perintah dari bisikan (untuk bakar Al-Qur'an)," jelas Kapolres Edy S Sitepu.

Langkah polisi selanjutnya adalah membawa pelaku ke rumah sakit jiwa untuk diperiksa kondisi kejiwaannya.

"Langkah kami dari kepolisian yang pertama melakukan pemeriksaan, yang bersangkutan akan kami bawa ke RS jiwa untuk dilakukan pemeriksaan dokter," kata Edy.

Hal tersebut perlu dilakukan karena pengakuan dari keluarga, Nuril beberapa bulan terakhir mengalami depresi semenjak Mei 2019 lalu.

Kakak kandung Nuril, Fathikin (45) menyebut adiknya memang labil setelah ditinggal istrinya.

"Dari bulan puasa sudah aneh-aneh tingkahnya. Sejak ditinggal cerai oleh istrinya, bulan Mei tahun lalu," kata Fathikin saat ditemui di Mapolres Pemalang.

Fathikin menyebut adiknya mengaku mendapatkan bisikan dan suka menuliskan bisikan-bisikan itu di buku miliknya. Selain itu Nuril juga kerap mengamuk. Bahkan hampir semua buku yang ada di rumahnya juga dibakar.

Fathikin mengaku sudah berusaha mencari pengobatan untuk Nuril. "Sudah kami mencoba mengobati. Tapi belum sembuh. Dia jarang keluar rumah ataupun bergaul dengan tetangga hanya menyendiri," bebernya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pemalang segera mengeluarkan imbauan terkait insiden itu. "Warga kami harapkan untuk tidak mudah terprovokasi atas kejadian ini. Persoalan ini untuk diredam agar tidak dikembangkan liar," kata Ketua MUI Pemalang, KH Syaifullah.

Syaifullah mengimbau masyarakat tidak perlu resah. Karena kasus ini telah ditangani oleh kepolisian dan pelaku sudah diamankan. "Kita mengajak pada masyarakat luas, untuk meredam persoalan ini. Karena ini sudah ditangani Polres Pemalang," ujarnya.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-t...tab-al-quran/3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.vtg. dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Thread sudah digembok
astajim emoticon-Kagets


Pasti abis ngaji dan bacaan Tafsir bareng ustadz CP al Yutubi ya akhi emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KelinciManies dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh monyet2012
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di