CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Zaman Edan, Ditagih Hutang Malah Ngamuk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2ac68382d4950f8a067a7f/zaman-edan-ditagih-hutang-malah-ngamuk

Zaman Edan, Ditagih Hutang Malah Ngamuk




"Pan aing ngomong hade, nagih geh hade. Jeung deui aing na geh teu maksa, ari dia kunaon nyorocos bae?"

"Dia pan ku aing geus ditulungan, ceurik ceurik dia nginjeum duit ka aing, ari aing boga mah ja harita geh ku aing dibere"

"Ayeuna aing keur butuh makana aing kapaksa nagih ka dia. Ja aing nyaho dia keur boga duit"

"Ari dia goblok amat! Lain mayar dia ka aing malah mamarahan"

"Moal kudu nagih lamun aing teu butuh mah, ieu mah pan aing keur bener-bener butuh"

"Goblok dia! Dia nu ngahutang kunaon jadi aing nu dicarekan"



Percakapan di atas adalah dialog dalam bahasa Sunda Banten, antara temen gua sama tetangganya yang ribut gara-gara hutang.

Hasil translate :

"Kan gua ngomong baik baik, nagih juga baik baik dan gua juga gak maksa. Terus kenapa lu nyerocos aja?"

"Elu kan udah gua tolongin, nangis-nangis lu minjem duit ke gua. Kalo gua punya kan saat itu juga lu gua kasih"

"Sekarang gua lagi butuh makanya gua terpaksa nagih. Dan gua tau lu lagi punya duit"

"Kok lu goblok amat, bukannya bayar malah marah-marah"

"Gak bakalan gua nagih kalo gua gak butuh. Ini kan gua lagi butuh"

"Goblok lu! Elu yang ngutang kenapa jadi gua yang diomelin?"




Dari peristiwa temen gua di atas, gua jadi sangat berpikir keras. Kenapa sekarang dunia jadi kebolak balik? Yang salah jadi bener yang bener jadi salah.....

Otak gua sulit memahami bagaimana mungkin ada orang yang saat ditagih hutang bukannya bayar malah marah-marah. Bahkan banyak juga yang sampe ribut besar hingga makan korban.....

Ini fenomena zaman edan apalagi?



Kadang gua juga ikutan stress gara-gara mikirin hal aneh kaya begini. Ada orang minjem duit dengan alasan ini itu. Lalu diberilah pinjaman. Tiba-tiba saat ditagih bukannya ngasih malah ngamuk....

Ini orang otaknya dimana? Di dengkul kah? Di pantat kah? Atau jangan jangan emang asli gak punya otak?

Gua juga termasuk orang yang pernah beberapa kali ngutang duit. Dan ketika gua ditagih ya gua bayar..... Kalo pun misalnya emang asli belum ada duit, ya gua jelasin baik-baik.

Bahkan gua termasuk orang yang sangat malu kalo pas ditagih kebetulan belum bisa bayar. Gua sangat menjaga perasan si penagih apalagi kalo yang nagih adalah teman dekat......

Kembali ke persoalan teman gue di atas. Peristiwa semacam itu sebetulnya sangat sering terjadi hampir dimana mana. Tapi entah kenapa bisa bisanya orang yang punya hutang sering memposisikan dirinya sebagai korban (main play victim).


Padahal, kita yang waras ini kadang kalo nagih hutang suka dipikir-pikir dulu. Kira-kira enak gak yah kalo gua tagih.... Apalagi kalo yang minjem adalah teman baik kita.

Gua juga gitu, gua termasuk orang yang gak enakan kalo mau nagih hutang. Gua suka mikir yang enggak-enggak.... Gua khawatir nanti dia marah atau tersinggung.

Padahal pikiran semacam itulah yang justru mengungkung kita sehingga kita menjadi merasa serba salah.


Ditagih malah ngamuk emang kenapa?



Belajar dari kasus teman gua di atas. Dia minjemin duit ke temennya (bahkan tanpa perjanjian). Nah, saat temennya ditagih temennya malah marah-marah....

Padahal temen gua datang baik-baik, mintanya juga baik-baik, terlebih dia juga tau kalo yang mau ditagih ini lagi pegang duit.

Tapi orang selalu saja salah faham. Bahkan mencari alasan buat mengulur-ulur waktu. Tujuannya satu emang mungkin niatnya gak mau bayar......

Kalo lu ditagih dengan cara kasar apalagi sampe mengancam mungkin lu boleh marah atau ngamuk. Tapi selama lu ditagih dengan cara baik-baik, bicara baik-baik, apalagi saling kenal mbok ya santai aja....

Kalo emang duitnya udah ada ya bayar aja hutang lu biar tenang. Ngapain harus ditahan-tahan kalo bikin idup lu gak tenang.....

Ingat! Hutang sampai kapan pun akan tetap menjadi hutang. Selama masih di dunia mungkin lu bisa aja kabur atau menghindar.

Tapi ingat! Kelak di akherat lu tetap bakalan ditagih juga........





Oleh : davinof 2020 @kaskus


Source of Pictures : Google Images

Sumber dialog : Narsum temen gue


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 58 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wow, pemahaman orang yang sering ane temui. emoticon-Leh Uga

Yang ane tekankan, Di saat ente memberi utang, ente ikhlas gak? Ada prasangka buruk mengenai orang yg dikasih utang?

Kalo ada mah, mending kasih banyak aja, minjem ceban, ente kasih goban; atau gak usah dikasih, beresss...

Begitu juga kalo nolongin orang gan, gak usah nanggung. Misalnya ada orang yg lapar, agan kasih seribu, nasi padang aja gak dapet... Lah ente kasihlah ceban buat beli nasi padang.

Di situ agan salah pengertian tentang ikhlas. Semoga tercerahi hidup agan soal ikhlas di hari yang cerah ini. emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
davinof dan kakekane.cell memberi reputasi
profile picture
kecatriatamvan
kaskus addict
siap gan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di