CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
E-tilang Mulai Berlaku 1 Februari Di Jakarta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e27edfda7276873f7563abd/e-tilang-mulai-berlaku-1-februari-di-jakarta

E-tilang Mulai Berlaku 1 Februari Di Jakarta

Jakarta -Mulai 1 Februari 2020, sistem tilang elektronik atauelectronic traffic law enforcement (ETLE) bakal diterapkan untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor.



Fahri Siregar, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP menuturkan sistem tilang elektronik pada sepeda motor baru akan berlaku di dua jalur, yakni di Jalan Sudirman-Thamrin serta di jalur koridor 6 Transjakarta atau ruas Ragunan hingga Dukuh Atas.

Ia menyebut ada sejumlah pelanggaran yang ditindak dalam sistem tilang elektronik terhadap pengguna sepeda motor. Di antaranya pelanggaran terhadap rambu, pelanggaran terhadap marka, hingga penggunaan helm.

Disampaikan Fahri, sistem penindakan tilang elektronik pada sepeda motor sama dengan mobil. Ia menjelaskan jika kamera mendeteksi ada pelanggaran, data tersebut langsung disampaikan pada sistem.

Setelahnya, kepolisian bakal mengirimkan surat tilang kepada pelanggar sesuai dengan alamat yang tertera pada sistem berdasarkan nomor polisi dan STNK.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya sudah memasang 12 CCTV untuk menangkap berbagai pelanggaran pengemudi mobil. CCTV tersebut dipasang di sejumlah titik termasuk kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Saat ini kepolisian juga tengah dalam tahap proses instalasi atau pemasangan kamera sebanyak 45 buah. Diharapkan pemasangan tersebut bisa selesai pada Februari mendatang.


Kepolisian mengklaim sejak penerapan 1 November 2018 hingga November 2019 sebanyak 54.074 pelanggar sudah ditindak. Melalui sistem ini denda tilang yang terkumpul dan diserahkan ke negara berjumlah Rp3,9 miliar. Polisi juga mengklaim jumlah pelanggar lalu lintas karena sistem ini turun 27 persen.

Sumber : http://surabayapagi.com/read/1-febru...k-sepeda-motor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
intersenal dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:

Bukan ikan teri tapi kakap bos, banyak pemasukan nih negaraemoticon-Wakaka
Uda jalannya sempit banyak aturan, waduh asik banget dah pemerintah kite iniemoticon-Ngakak
profile picture
Mandalorian
kaskus maniac
Teri dong karena ukurannya kecil tapi bergerombol ada banyak. emoticon-Stick Out Tongue sekali tangkap menang di kuantitas.
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di