CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rusia Pesan Tank Boat Buatan Indonesia, Speknya Mengerikan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e26942d018e0d67835b5fe8/rusia-pesan-tank-boat-buatan-indonesia-speknya-mengerikan

Rusia Pesan Tank Boat Buatan Indonesia, Speknya Mengerikan




100kpj – Kendati dikenal sebagai salah satu kekuatan militer terbesar di dunia, namun Rusia rupanya masih melakukan kegiatan impor terkait penyediaan moda tempur. Terbaru, negeri yang dipimpin Vladimir Putin itu memesan tank boat Antasena buatan Indonesia yang diproduksi PT Lundin Banyuwangi, Jawa Timur.

Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Wahid Supriyadi menyebut, sejauh ini sudah ada tiga unit yang dikirim ke sana, sedang ada satu lagi yang masih dalam tahap pengerjaan dan menunggu giliran untuk diantarkan.

“Saya waktu melihat ke sana, ada satu unit yang masih dikerjakan. Tapi yang diekspor tiga, itu yang pakai bahan komposit dengan kekuatan empat lapis baja dan memiliki kecepatan 150 kilometer per jam,” kata Wahid, dikutip dari Militermeter , Selasa 21 Januari 2020.



Lantas yang menjadi pertanyaan besar ialah, mengapa Rusia sampai memesan tank boat dari Indonesia? Bukankah negara berjuluk Beruang Putih itu kerap membuat perlengkapan tempur sendiri, dan menjualnya ke berbagai negara yang membutuhkan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita telusuri spesifikasi lengkap Antasena.

Belum banyak yang menyadari jika Antasena merupakan monster dua alam yang mengerikan. Sebab, selain bisa digunakan di rawa-rawa, pantai, dan perairan dangkal, tank boat itu juga mampu melindungi penumpang serta logistik dari berbagai jenis serangan. Bayangkan saja, tubuh Antasena terbuat dari komposit dengan basis kapal catamaran (double hill).



Secara dimensi, tank boat itu memiliki panjang sekira 18 meter dengan mesin buatan MAN yang bisa melaju hingga kecepatan 40 knots di perairan dangkal. Teknologi lain yang tertanam di dalamnya ialah remote control weapon system (RCWS) berkaliber 7.62 milimeter dengan sistem nadir dan spesifikasi canggih.

Sedang senjata utamanya menggunakan meriam 105 mm yang terpasang di bagian atas kendaraan. Sehingga, sangat tepat jika digunakan untuk melakukan penyerangan langsung ke garis pertahanan lawan.



Sekadar diketahui, sebelum Antasena, PT Lundin juga pernah mengekspor hasil produksi lain ke Rusia pada pertengahan 2018 lalu, yakni tujuh unit kapal rigit inflatable boat (RIB) berjenis carbotech. Hebat sekali, bukan? (re2)


https://www.100kpj.com/mobil/5043-ru...nya-mengerikan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 36 lainnya memberi reputasi
Lumayan cpt dijalan diaer
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di