CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e26aced337f934c4c5f633e/antara-jongkong-lengko-bongko-lemet-ternyata-satu-nama-semua-olahan-dari-singkong

Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong

Cemilan berbahan dasar singkong yang memiliki beberapa nama





Hai ... Hallo apa kabar Agan Sista diseluruh Nusantara, semoga di hari yang masih saja diguyur hujan ini tetap dalam keadaan sehat, tetap semangat bahagia selamanya.

Kalau musim hujan nggak tahu perut bawaannya lapar mulu, bener nggak Gan Sist? Apalagi kalau pas ujan nggak ada cemilan duh jadi kayak jones deh, jomlo ngenes banget. Hihihi.

Gan sist tahu nggak cemilan yang bahan dasarnya adalah singkong. Betul cemilan kali ini didominasi oleh umbi hasil tanaman Pak Tani.



Singkong dikala musim hujan, bisa menjadi makanan yang istimewa. Gan Sist tahu makanan yang dibuat mirip arem-arem atau lontong. Rasanya enak kenyal- kenyal di mulut. Hmmm apalagi kalau bukan lengko.



Gan Sist pernah makan lengko? Ini baru makanan Nusantara tanpa bahan pengawet, beneran! Pembuatannya pun masih sangat sederhana. Ternyata makanan ini mempunyai nama yang berbeda-beda ada yang menyebutnyaJongkong, lemet, lengko dan bongko, entah kalau Gan Sist nyebutnya apa? Yang jelas bahan dasar utamanya adalah singkong.



Kalau yang ini dibungkusnya tidak seperti lontong tapi seperti pasung, makanan yang terbuat dari beras.
Gaimana Gan Sis pernah nyobain makanan ndeso ini, kalau mengesekusinya bisa, pasti deh rasanya bikin nagih.

Gimana sih cara membuat, Jongkong alias lengko, alias lemet, alian bongko ini, Ayo buruan cap cus deh;




1.Pilih singkong 500 gram yang tidak pahit , kupas cuci bersih lalu parut 

2. Kelapa parut 100 gram

3. 200 gram Gula merah, iris 

4.  200 gram Gula pasir 

5. 1 sdmTepung sagu / tapioka 

6. 1 sdm Garam 

Cara membuatnya adalah sebagai berikut;

Campur bahan jadi satu, uleni, Kemudian bentuk mirip lontong, sematkan dengan lidi, kukus kurang lebih 45 menit agar tanak dan tidak mudah basi.


Ctatan;
Daun pisang, untuk membungkus. Untuk membungkus gunakan daun pisang kepok atau daun pisang kluthuk. Daun pisang ini menjadikan bentuk tampilan jajanan menjadi menarik

Demikianlah Thread ane kali ini semoga bermanfaat, mari bersama kita ngemil dengan cemilan tradisional, entah namanya, jongkong, lengko,bongko, lemet yang penting bahan utamanya tetep singkong hihihi. Dan soal rasa pastinya hmmm Yummy deh.

Jangan lupa rate, komen dan cendolnya ya. Bye ... bye...



Opini pribadi
Foto doc.pri dan google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhammadafdal15 dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
makanan tradisional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
b4perman
kaskus addict
jajajan tradisional yang tak lekang oleh waktu
anak jaman now harus dikasih tau tuhhh jajanan jaman dulu ya melegendaa jgn sampe punahh
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di