CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Hati-hati saat menggunakan jeruk nipis/lemon untuk mengatasi jerawat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1d3a92f4ae2f1d974bf652/hati-hati-saat-menggunakan-jeruk-nipis-lemon-untuk-mengatasi-jerawat

Hati-hati saat menggunakan jeruk nipis/lemon untuk mengatasi jerawat


Jeruk nipis memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, termasuk wajah. Tidak sedikit wanita di dunia menggunakan jeruk nipis/lemon sebagai masker untuk merawat wajah mereka. 

Namun, apakah jeruk nipis/lemon benar-benar bisa digunakan untuk merawat wajah yang berjerawat?

Jeruk nipis memiliki kandungan zat asam alfa-hidroksi (AHA) yang bisa membantu membuka pori-pori yang tersbumbat. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki efek antibakteri yang dapat digunakan sebagai salah satu perawatan wajah untuk mengatasi jerawat. 

Perlu diketahui, individu yang memiliki wajah sensitif dan berjerawat tidak disarankan menggunakan perasan jeruk nipis/lemon karena sifatnya yang sangat asam.
Dermatologis Doris Day New York, menjelaskan kepada CNN, lemon/jeruk nipis memiliki zat kuat yang dapat membuat kulit wajah sangat sensitif terhadap cahaya.

Bagi anda yang memiliki wajah berjerawat ada baiknya di tes terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulit wajah anda termasuk kedalam kulit yang mudah teriritasi atau tidak. Jika wajah ada mudah teriritasi, sebaiknya gunakan masker alami yang lain.
Namun, untuk anda yang memiliki wajah berjerawat tetap ingin menggunakan jeruk nipis sebaiknya beri campuran bahan alami lainnya kedalam perasan jeruk nipis. Contohnya, madu dan jeruk nipis. Madu juga dipercaya dapat mengatasi wajah berjerawat dan terdapat zat sebagai antibakteri.

Kesimpulan : Anda yang memiliki wajah berjerawat dan ingin menggunakan perasan jeruk nipis/lemon sebagai masker, ada baiknya tes di kulit wajah anda bagian dagu ataupun daerah lainnya (Oleskan air jeruk nipis sedikit saja untuk mengetahui apakah kulit wajah anda iritasi atau tidak). Jika terjadi ruam/kemerahan, sebaiknya gunakan masker alami yang ainnya seperti lidah buaya atau madu. Jika tidak ada reaksi iritasi, ada baiknya beri campuran madu untuk mencegah iritasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fildzah067 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fildzah067
wahhh baru tau gan ane. ternyata kudu di tes dlu yak sebelumnya takut ada yang sensitif. untung ane selama ini kaga sensitipp
profile-picture
fildzah067 memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di