CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
20 Brand Tiruan China Paling Absurd dan Maksa, Dijamin Bikin Ngakak Guling-guling
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1e9ee07414f554274eeede/20-brand-tiruan-china-paling-absurd-dan-maksa-dijamin-bikin-ngakak-guling-guling

20 Brand Tiruan China Paling Absurd dan Maksa, Dijamin Bikin Ngakak Guling-guling



Kita pasti sangat sudah tidak asing dengan produk tiruan China. Banyak perusahaan di negara tirai bambu membuat brand yang sama dengan yang sudah, khususnya bran-brand yang sangat populer. Entah agar mudah dikenali oleh masyarakat atau memang perusahaan kehabisan ide. Bagi sebagian orang, produk tiruan China dianggap lucu dan menghibur. Namun, bagi sebagian yang lain menanggap tindakan ini tidak benar dan melanggar hak cipta.

Di thread kali ini, @malaikatrindu akan memberitahu GanSis 20 brand tiruan asal China yang dijamin bakal bikin ngakak guling-guling. Brand apa sajakah itu? Yuk, simak satu-persatu!

1. Mike


Foto: Viralthread.com

Semua orang pasti tahu brand kenamaan Nike. Merek yang sebagian besar memproduksi pakaian olahraga ini sudah tersohor ke seantero dunia. Ketenatan Nike rupanya menginspirasi sebuah perusahaan di China. Dia membuat sepatu dengan nama brand Mike, lengkap dengan simbol centangnya.


2. SunBucks Coffee


Foto: Viralthread.com

Salah satu tempat nongkrong paling bergengsi adalah Starbucks. Belum hits dan dianggap horang kayah kalau belum posting tumbler Starbucks di media sosial. Iya, engak?Populeritas kafe ini dimanfaatkan oleh orang China dengan membuat kafe tiruan bernama SunBucks. Warna dan desain logonya hampir sama. Namun, SunBucks meletakan gambar naga di bagian tengah logo.


3. Pizza Huh


Foto: Viralthread.com

Pizza Hut merupakan restoran pizza yang outletnya tersebar di mana-mana. Meski banyak pesaing, namun brand ini tetap menjadi yang paling populer. Namun ada pesaing nakal dari China, di mana mereka membuat restoran pizza dengan nama Pizza Huh. Aduh, ada-ada saja.


4. KFG


Foto: Viralthread.com

Kentucky Friend Chiken atau lebih akrab disingkat KFC pasti sangat familiar di telinga kita. Kita bisa sangat dengan mudah menemukan rumah makan yang terkenal dengan ayam gorengnya ini. Namun di China, ada perusahaan serupa dengan nama KFG. Logonya pun sangat mirip. Hanya saja foto Harland Sanders diganti dengan foto sang pemilik.


5. Nokla


Foto: Viralthread.com

Brand telepon seluler yang hits di tahun 2010-an ini pasti sebagian besar di antara GanSis sudah tahu. Nokia merupakan brand asal Finlandia. Di China juga ada produk satu ini, namun dengan nama yang sedikit berbeda yakni Nokla.


6. OMC McDonald's


Foto: Viralthread.com

Salah satu kompetitor terberat KFC yakni McDonald's ternyata ada jiplakan brand-nya juga di China. Restoran bernama OMC McDonald's ini menggunakan logo yang hampir sama, perbedaannya hanya terletak di huruf M yang memiliki tiga lengkungan.


7. POP


Foto: Viralthread.com

PSP sangat terkenal di kalangan anak-anak dan remaja, khususnya sebelum permainan ponsel ada. Hal ini rupanya tak lupa dilirik oleh salah satu perusahaan asal China dengan membuat produk serupa dan diberi nama POP.


8. Jhon Daphne


Foto: lolwot.com

Produk bir satu ini untuk banyak orang sudah tidak asing lagi. Lagi-lagi, salah satu perusahaan China membuat brand serupa dengan nama berbeda yakni Jhon Daphne. Aduh, kenapa tidak membuat nama yang otentik saja, sih?


9. Okay


Foto: Therichest.com

Brand yang sebelumnya bernama Oil of Olay ini adalah sebuah produk perawatan kulit asal Amerika Serikat. Jika negeri Paman Sam punya Olay, maka di China ada barang tiruannya yang bernama Okay. Hm, kreatif sekali dalam meniru.


10. RedBerry


Foto: Viralthread.com

BlackBerry sangat populer di zamannya. Sebelum Android dan iOS menguasai pasar seperti sekarang ini, dahulu seseorang yang mempunyai pondel BlackBerry dianggap masuk kategori Horang Kayah. Karena harganya cukup mahal bagi sebagain orang, rupanya hal ini menginspirasi perusahaan China dengan membuat barang tiruan bernama RedBerry. Harga jualnya pun lebih murah dibanding brand asli.


11. iPear


Foto: Dream.co.id

Untuk banyak orang, memiliki iPhone merupakan sebuah kebanggaan dan memiliki gengsi tersendiri. Apalagi saat ada seri baru launching, gercep banget langsung beli. Tapi, bagaimana kalau ponsel kita adalah iPear seperti foto di atas? Masih bergengsi atau tidak, ya?


12. Daidas


Foto: Dream.co.id

Selain Nike, produk pakaian olahraga Adidas turut jadi korban jiplakan perusahaan China. Jika Nike ditiru dengan nama Mike, Daidas adalah jiplaka dari Adidas. Selain itu, ada jugq Adadis dan nama-nama tiruan lainnya.


13. Panasoanic


Foto: Dream.co.id

Panasonic adalah produsen elektrikal asal Jepang yang berbasis di Kadoma, Jepang. Berbagai jenis produk dihasilkan, khususnya barang-barang rumah tangga. Di China, ada sebuah perusahaan yang meniru brand ini dengan nama yang cukup aneh yakni Panasoanic.


14. Borio


Foto: Dream.co.id

Borio adalah produk asal China yang meniru brand biskuit kenamaan Orio. Tak hanya di negeri tirai bambu, di Indonesia pun kita pasti sering sekali menjumpai tiruan dari Oreo.


15. King Burger


Foto: Dream.co.id

King Burger adalah salah satu restoran yang berada di Tiongkok. Pasti banyak yang berpikiran seharusnya 'kan Burger King dan bukan King Burger. Itu sudah benar, kok, karena restoran tersebut adalah brand tiruan.


16. KicKer


Foto: Kicker

Kicker adalah makanan ringan tiruan dari KitKat. Dari bentuk, desain dan warna, kemasan hingga logo semuanya benar-benar mirip. Malah, foto di atas menunjukan produk ini berada satu rak dengan KitKat sebagai produk asli. Waduh, bahaya itu. Apalagi jika barang tiruannya lebih murah.


17. Keweseki


Foto: Flicker.com

Kawasaki adalah brand sepeda motor asal Jepang yang sangat terkenal di seluruh dunia. Seperti biasanya, pasti selalu ada tiruannya di China. Perusahaan yang memproduksi barang jiplakan ini memberi nama produk motornya Keweseki.


18. OFC


Foto: Adadas

Jika sebelumnya ada KFG yang meniru KFC, ternyata masih ada satu lagi perusahaan restoran yang melakukan hal serupa. Rumah makan ini bernama OFC. Mungkin OFC adalah singkatan dari Obama Friend Chiken. Hal ini bisa diamati dari logonya yang mengganti foto Harland Sanders dengan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.


19. Roxana


Foto: Roxana

Produk deodoran Rexona ternyata tidak ketinggalan juga jadi korban plagiat perusahaan China. Mereka memberi nama yang hampir serupa yakni Roxana. Aduh, kalau tidak fokus saat membeli di mall atau secara online bisa terkecoh ini.

20. PolyStation


Foto: Dream.co.id


Terakhir, ada PolyStation. Perusahaan ini meniru sebuah konsel permainan grafis yang diproduksi oleh Sony, PlayStation. Mereka memberi nama produk tiruannya dengan PolyStation. Hanya beda Play dan Poly. Ngecoh banget, ya.


Nah, itulah 20 brand tiruan asal China paling absurd dan maksa. Semoga GanSis terhibur dan ngakak guling-guling saat membaca thread ini. Jangan lupa kunjungi thread @malaikatrindu lainnya.

---

Penulis: @malaikatrindu
Referensi: viralthread.com, dream.co.id, lolwot.com, flicker.com & therichest.com
Keterangan foto utama: Beberapa foto brand tiruan asal China (Dok. Pribadi)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfikrisaga dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh malaikatrindu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfikrisaga dan 5 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di