CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Siapa Yang Menang? Thomas Edison dan Nikola Tesla Dalam Perang ACDC
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e14459fa2d1956de408f67f/siapa-yang-menang-thomas-edison-dan-nikola-tesla-dalam-perang-acdc

Siapa Yang Menang? Thomas Edison dan Nikola Tesla Dalam Perang ACDC


Dunia penemuan selalu menjadi arena yang bisa diperdebatkan. Begitulah kasus Thomas Edison dan Nikola Tesla yang selama beberapa dekade telah berselisih tentang penemuan mereka. Dua penemu besar dari dunia teknik listrik ini menjadi musuh satu sama lain meskipun mereka berbagi koneksi tertentu di masa lalunya.


Persaingan antara Thomas Edison dan Nikola Tesla adalah salah satu hal yang paling terkenal dalam sejarah sains. Kedua ilmuwan itu memiliki pemikiran yang brilian. Edison adalah pelopor para penemu di belakang bola lampu pijar, perekam suara fonograf dan kamera motion picture pertama. Tesla pada gilirannya sangat dihargai untuk pengembangan x-ray dan remote control pertama.


Pada akhir 1880-an Edison dan Tesla terlibat dalam apa yang disebut dengan perang arus. Pada waktu itu Tesla bekerja untuk Edison di Edison Machine Works di New York City. Edison bertanggung jawab untuk mengembangkan arus searah (DC). Arus DC mengalir terus menerus dalam satu arah seperti dalam baterai. Pada tahun-tahun awal perkembangan listrik, lsitrik DC Edison adalah standar yang digunakan di Amerika Serikat pada saat itu. Tetapi ada satu masalah dengan aliran DC pada tegangan yang tidak dapat dengan mudah disesuaikan.


Tesla pada gilirannya menemukan arus bolak-balik (AC) sebagai solusi untuk masalah ini. AC dapat dengan mudah dikonversi ke tegangan yang lebih tinggi atau lebih rendah menggunakan transformator. Listrik AC mudah didistribusikan tanpa perlu banyak pembangkit listrik. Edison bahkan bertaruh pada Tesla $ 50.000 bahwa arus AC tidak dapat membuat mesin Edison lebih efisien. Tesla membuat kemajuan yang signifikan, tetapi Edison menerima kembali tawaran itu dengan mengatakan "Itu hanya lelucon". Sebaliknya Edison menawarkan kenaikan gaji $ 10 per minggu untuk Tesla. Dan Tesla berhenti bekerja pada Edison.

Untuk melindungi royalti yang diperoleh Edison dari paten DC-nya, ia mulai mendiskreditkan AC. Dia menyebarkan informasi yang salah tentang bagaimana arus bolak-balik yang lebih berbahaya dari DC. Edison bahkan menyetrum hewan untuk menunjukkan kelemahan AC. Namun terlepas dari semua itu pada tahun 1895 Tesla membangun pembangkit listrik tenaga air pertama di Air Terjun Niagara.


Dan pada 1895 General Electric resmi menggunakan arus bolak-balik Tesla. Jadi sepertinya Tesla telah memenangkan perang arus ini. Tetapi penting untuk dicatat bahwa saat ini lampu LED, sel surya dan kendaraan listrik ditenagai oleh arus DC. Edison adalah seorang pengusaha yang berakhir kaya dengan lebih dari 1000 hak paten atas namanya. Tesla lebih peduli dengan penemuan daripada bisnis. Dia meninggal bangkrut dan sendirian. Dia memiliki lebih dari 300 paten, beberapa masih ditemukan sampai hari ini.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
intel.pro dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ashibnu
Tesla gak terlalu business oriented itu yang bikin dia dibenci investor emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
intel.pro dan ciptawan memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di