CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1be697facb957d17698406/mengenang-pager-gadget-yang-membuat-generasi-z-bingung

Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung

Selamat datang kembali di thread ane.

Di jaman sekarang berkirim pesan jarak jauh memang sangat mudah. Aplikasi pesan instan semisal Whatsapp, Telegram, dan LINE kini menjadi pilihan banyak orang dengan menggunakan perangkan smartphone mereka. Sebelum internet merata seperti sekarang, orang-orang menggunakan SMS untuk berkomunikasi berbasis teks jarak jauh. Akan tetapi sebelum ada SMS ada salah satu teknologi yang masa kejayaannya begitu singkat namun cukup populer di masanya. Ya, teknologi itu berupa perangkat atau gadget yang diberi nama "PAGER". Bagi generasi Z, mungkin akan sedikit kebingungan mendengar nama gadget jadul ini. Tapi bagi para generasi X dan milenial mungkin pernah mendengarnya di masa lalu atau bahkan pernah memilikinya. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai pager.

1. Dikembangkan Sejak 1950an

Radio panggil mulai dikembangkan sejak era 1950an dengan teknologi yang masih sederhana. Diketahui ditemuian oleb Multutone Electronic di rumah sakit St. Thomae, London. Digunakan untuk para dokter yang bertugas dalam situasi tertentu. Sejak saat itu teknologi radio panggil terus dikembangkan untuk keperluan komunikasi jarak jauh. Radii panggil ini tak cuma jadi cikal bakal pager namun juga menjadi awal mula lahirnya telepon seluler alias hape. Seperti yang diketahui ponsel generasi pertama,1G, masih bersifat analog.

2. Cara Mengirimkan Pesan Ke Pager


Pager adalah perangkat komunikasi jarak jauh yang memungkinkan penggunanya menerima pesan singkat berupa teks lewat sinyal frekuensi radio. Namun jumlah karakter yang bisa diterima dalam sekali menerima pesan terbatas, mirip dengan SMS. Cara mengirimkan pesan ke orang yang memiliki pager adalah dengan cara menelepon operator atau provider pager tersebut. Operator akan menanyakan ID pager dan si pengirim tinggal menyebutkan pesan apa yang akan dikirimkan. Selanjutnya operator akan langsung mengirimkan isi pesan dalam bentuk teks.

3. Jenis Pager


Terdapat beberapa jenis pager. Yang pertama adalah pager numeri, tipe ini hanya memiliki tombol berupa angka untuk melakukan panggilan. Kedua, tipe alfanumerik yaitu peger yang memiliki tombol angka dan huruf yang bisa digunakan untuk membuat tulisan. Yang ketiga adalah tipe alfanumerik dua arah dengan menggunakan tombol yang kecil kita bisa mengirimkan pesan teks. Metode pengiriman menggunakan jaringan satelit.

4. Cukup Populer Namun Singkat
Di era 1990an pager cukup populer. Namun perangkat radio panggil ini harganya relatif mahal dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu. Memiliki pager saat itu adalah suatu kebanggaan. Namun kejayaan pager tidak begitu lama, di 90an GSM sudah ditemukan. Ponsel sudah mempunyai SMS yang lebih canggih dan mudah digunakan. Pengguna pager menurun dan ponsel mulai menjamur.

5. Pager Jaman Sekarang
Seperti yang dijelaskan di atas, jika pager kini sudah jadul dan orang-orang sudah menggunakan smartphone yang sangat canggih. Akan tetapi pager belum sepenuhnya menghilang. Akan tetapi penggunaannya terbatas, yaitu digunakan oleh tim penyelamat dan pemadam dalam kondisi tertentu seperti dalam keadaan darurat dan medan yang sulit.

Adakah di sini kaskuser veteran yang pernah punya pager? emoticon-Ngakak

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hendipradesta dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cintadine
udah langka banget tu barang
profile-picture
hendipradesta memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di