CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Yok Kenalan Sama Reaktor Nuklir Pertama Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e12916909b5ca51ed0b985a/yok-kenalan-sama-reaktor-nuklir-pertama-indonesia

Yok Kenalan Sama Reaktor Nuklir Pertama Indonesia

WELCOME TO MY THREAD




Quote:


Reaktor nuklir pertama indonesia berada di Jl. Tamansari No. 71, Bandung, yang bernama Triga Mark II.Nama TRIGA sendiri adalah kependekan dari "Training, Research, Isotopes, General Atomics". yang diresmikan pada jaman Soekarno pada tahun 1965, kemudian setiap tanggal 5 desember menjadi hari yang bersejarah bagi perkembangan teknologi Nuklir di Indonesia sehingga tanggal itu menjadikan hari jadi BATAN. Yang dilansir dari Batan.go.id

Pada saat itu Soekarno mengeluarkan Keppres No 230/1954 tentang pembentukan Panitia Negara, tugasnya itu menyelidiki aktivitas radiasi (Penjelidikan Radio-Aktivitet) pada 23 November 1954. Kemudian 4 tahun setelahnya yaitu pada 1958 pemerintah mengeluarkan peraturan No. 65 tahun 1958 dengan di bentuknya Dewan Tenaga Atom dan Lembaga Tenaga Atom (LTA) pada 5 desember 1958, kemudian semakin berkembang nya di ubah lagi yang sebelumnya (LTA) menjadi (BATAN) Badan Tenaga Atom Nasional. Pembangunan Tenaga Nuklir pertama Indonesia ini bekerjasama dengan Pemerintah Amerika Serikat pada waktu itu.

Tak segan-segan US kala itu mengucurkan data sebesar $350 ribu untuk pembangunan reaktor nuklir, dan $141 ribu untuk keperluan riset, Tak hanya itu Ilmuan US datang langsung ke Indonesia. Kenapa US berani mengucurkan dana yang besar dan bantuan Ilmuannya dikarenakan Presiden US ke-34 kala itu Dwight D. Eisenhower menginginkan adanya “Atoms for Peace” melalui kebijakannya itu ia ingin adanya perdamaian dunia agar dunia tidak hanya mengembangkan Nuklir untuk keperluan militer saja, melainkan untuk Penelitian maupun pengembangan Nuklir keperluan Masyarakat yang bermanfaat.



Reaktor Triga Mark II sendiri dari tahun ke tahun mengalami peningkatan secara signifikan seperti pada tahun 1971 yang sebelumnya berkekuatan 250 KW menjadi 1000 KW, kemudian tahun 1996 menjadi 2000 KW dengan kapasitas yang besar nama Triga Mark II berubah menjadi Triga 2000. Bahan bakar Triga 2000 di produksi oleh General Atomic yaitu Triga Mark II setelah General Atomic tidak memproduksi bahan bakar tsb berubah lah bahan bakar nya menjadi tipe MTR Fuel Plate. Tak hanya itu General Atomic menghentikan produksi seperti batang kendali dan berbagai komponen Triga lainnya.

Dengan penghentian Produksi dari General Atomic tsb pemerintah Indonesia melalui BATAN ingin Indonesia menjadi bangsa yang mandiri untuk mengelola sumber daya Nuklir hal itu sejalan dengan BATAN mengolah uranium secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar Nuklir Triga 2000.



Sempat pada 2011 sampai 2016 terjadi penghentian operasi Triga 2000 dikarenakan kendali Reaktor bahan bakar sudah melebihi batas operasi yakni sekitar 50%. Selain itu tak hanya persoalan bahan bakar melainkan persoalan usia yang sudah tua sehingga perlu adanya penguatan struktur gedung agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Kemudian pada tanggal 29 Mei 2017 dioperasikan kembali setelah mendapatkan izin operasi dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Mendapati ijin tersebut dikarenakan BATAN berupaya membuat batang kendali sendiri dengan memanfaatkan produksi dalam Negeri dan melakukan penguatan struktur gedung reaktor.

“Batang kendali buatan sendiri telah diujicobakan di teras reaktor, dan hasilnya cukup memuaskan. Dengan kesungguhan para ahli di Batan, akhirnya batang kendali buatan dalam negeri dapat dihasilkan dan menjadi sebuah karya yang patut dibanggakan,” seperti yang dikatan Jupiter Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT
) ujarnya.



Triga Mark II atau Triga 2000 menjadi bukti bahwa Negara kita Indonesia bisa membuat reaktor nuklir pertama di indonesia. Tak hanya soal membuat nya saja melainkan Indonesia sudah paham akan pengetahuan soal teknologi Nuklir tsb. Dengan bantuan US dan keinginan Soekarno Indonesia bisa menunjukan taring pada dunia bahwa negara Kita bisa membuat reaktor nuklir pertamanya.

Tak ayal mungkin pada Soekarno memimpin Indonesia bisa membuat Bom Atom sendiri dikarenakan Uranium senyawa yang paling berhaga bagi negara maju untuk keperluan Militer seperti membuat Bom Nuklir. Tapi Soekarno melihat dampak nya untuk masyarakat Indonesia di buatlah Triga 2000 ini pada masanya.

Ok gan jangan lupa emoticon-Cendol Gan dan emoticon-Rate 5 Star



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 27 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bahaya kalo failure. Kalo gak sih aman2 aja
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Kup4s memberi reputasi
profile picture
thenamesrama
newbie
Takutnya klo fail kayak di Chernobyl gan emoticon-Takut (S)
profile picture
barrikaddin019
kaskuser
@thenamesrama dari sumber yang ane baca, untuk kejadian di Chernobyl dikarenakan SDM yang kurang pengalaman serta desain reaktor yang kurang mumpuni gan. semoga di Indo akan selalu aman tapi harus tetap waspada.
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di