CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ajarkan Yel-Yel Berunsur SARA, Pembina Pramuka Dipanggil Kwarcab Jogja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1c33e5dbf764103e0177bf/ajarkan-yel-yel-berunsur-sara-pembina-pramuka-dipanggil-kwarcab-jogja

Ajarkan Yel-Yel Berunsur SARA, Pembina Pramuka Dipanggil Kwarcab Jogja

SuaraJogja.id - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogyakarta mengakui ada seorang pembina pramuka yang melakukan tindakan berbau SARA saat mengikuti Kursus Mahir Lanjut (KML) yang digelar organisasi tersebut, Jumat (10/01/2020), di SDN Timuran, Jalan Prawirotaman, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Jogja. Peserta mengajarkan yel-yel berbau SARA pada siswa itu berasal dari Gunungkidul.

"Sebenarnya dalam microteaching [kursus] tidak ada diajarkan tepuk pramuka [tepuk Islam] yang seperti itu, enggak ada. Nah tiba-tiba peserta ini menyampaikan tepuk [yang megandung unsur SARA] seperti itu," ungkap Ketua Kwarcab Pramuka Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi ketika dihubungi, Senin (13/01/2020).

Menurut Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut, peristiwa ini berawal dari kegiatan KML bagi para pembina se-DIY dan sekitarnya. Kwarcab membuka kesempatan bagi pembina pramuka dari berbagai kabupaten/kota untuk ikut kursus.

Kegiatan diikuti 25 peserta pembina pramuka. Mereka mengikuti kursus sesuai golongan masing-masing, baik Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

"Jadi di sana kita melatih tentang menjadikan pembina yang mahir. Kasus yel-yel SARA yang di SD Timuran yang dilakukan salah satu peserta dari Gunungkidul terjadi saat praktik," ungkapnya.

Heroe menjelaskan, salah seorang yang ada di sekolah mengetahui yel-yel yang menyebut antikafir dari salah satu peserta, kemudian melaporkan ke pembina pramuka. Panitia kemudian meminta maaf atas ketidaknyamanan di sekolah negeri tersebut.

Heroe memastikan, yel-yel berbau SARA tersebut merupakan spontanitas dari peserta. Sebab tidak ada materi tersebut dalam KML.

Karenanya, kejadian kali pertama itu jadi pengalaman bagi Kwarcab untuk lebih berhati-hati dalam menyampaikan aturan KML. Kwarcab pun akan memanggil pihak yang bersangkutan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Secepatnya [peserta] akan dipanggil di kantor Kwarcab. Kita undang [dan] kita luruskan kembali persoalan-persoalan yang terjadi seperti apa, bagaimana, dan konsekuensinya seperti apa," ungkapnya.

Sebelumnya, kasus peserta pembina pramuka yang mengajarkan yel-yel berbau SARA pada peserta didik di SDN Timuran dalam KML muncul di medsos. Salah seorang wali murid, K, melaporkan kejadian tersebut pada pembina pramuka di sekolah. K juga mengunggah kejadian tersebut ke medsos.

https://jogja.suara.com/read/2020/01...-kwarcab-jogja



Indonesia darurat radikaslime.

Bahaya.

Awas.

Ajaran kebencian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 43 lainnya memberi reputasi
Owwww.....yang ini rupanya
Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
profile picture
Schivver
kaskus addict
Kalo gitu coba dong yang kafir bikin yel2 juga.

Aku... Anak Manusia
Tidak suka meledak
Tidak suka bunuh orang
Jidatnya gak gosong
Gak kayak ninja
Aku kafir... yes yes yes
Islam... no no no

Kan untuk diri sendiri benar kan ?

Kita lihat reaksinya bakalan kayak gimana.
Dijamin standar janda keluar.
profile picture
Ojodupeh
kaskuser
@Schivver ya ga match..kafir itu artinya ingkar..lagu itu ga nyebut agama A,B,C secara kusus. Beda dengan ente yg langsung tunjuk...ISLAM NO
profile picture
Schivver
kaskus addict
@Ojodupeh
Yang gw bilang kan kebalikannya doang, gimana gak match.
Toh sampai uda ada komplain karena ada yang anaknya "dikucilkan" karena "kafir"

Lagian gimana yel-yel kayak gini bisa ada di acara pramuka ?
profile picture
sarnosantosa
kaskus addict
Perasaan dulu kg ada kafar kafir deh...
profile picture
masboeing
kaskuser
Oooo... Mendikbud, ya?

Muhadjir Effendi, ya?

NOTED. INTOLERANT DETECTED.
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di