CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Hewan Punya Cara Unik Tersendiri Untuk Bertahan Hidup Di Tengah Cuaca Panas, Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e16f4415cf6c4280b227384/hewan-punya-cara-unik-tersendiri-untuk-bertahan-hidup-di-tengah-cuaca-panas-loh

Hewan Punya Cara Unik Tersendiri Untuk Bertahan Hidup Di Tengah Cuaca Panas, Loh!



Bumi terdiri dari banyak sekali daerah, GanSis. Mulai dari negara dengan suhu yang dingin hingga suhu yang panas. Nah, untuk bisa bertahan hidup di daerah-daerah dengan cuaca ekstrim yang dingin banget atau panas banget, makhluk hidup pasti punya triknya sendiri-sendiri. Misalnya hewan-hewan berbulu tebal yang memanfaatkan bulunya tersebut untuk menghangatkan diri dan bertahan hidup dari dinginnya cuaca.

Yap! Bulu merupakan andalan hewan-hewan yang hidup di cuaca dingin, tapi bagaimana dengan hewan-hewan yang hidup di cuaca yang super panas? Bagaimana cara mereka tetap mendinginkan tubuhnya sehingga bisa bertahan hidup di tengah cuaca yang panas?

Penasaran? Ini dia cara-cara yang mereka lakukan di cuaca panas!



Burung Bangkai



Hewan pertama yang hidup di tengah cuaca panas adalah burung nasar. Burung yang sering disebut burung bangkai karena sering memakan bangkai ini memiliki cara tersendiri loh untuk menjaga suhu tubuhnya agar bisa bertahan hidup. Burung ini akan melakukan Urohydrosi, yaitu sebuah proses membasahi kakinya dengan campuran air seni dan cairan kotoran. Terkesan sangat jorok memang, tapi ini lah cara burung bangkai untuk bisa bertahan hidup di tengah cuaca yang panas.


Kadal Setan Duri



Salah satu bagian bumi yang memiliki suhu cukup panas adalah Australia. Salah satu hewan yang harus bertahan di tengah panasnya cuaca Australia adalah kadal setan duri. Nah, hewan ini punya cara unik tersendiri untuk bertahan hidup di tengah cuaca Australia yang sangat susah mendapatkan air, yaitu dengan cara menyerap air dengan durinya yang nantinya akan dialirkan ke mulutnya. Air ini akan mengalir ke mulutnya karena adanya labirin pada masing-masing duri yang difungsikan sebagai aliran air.


Katak Afrika



Kalau biasanya kalian melihat katak ngadem di genangan air saat musim panas sedang melanda, hal ini tidak berlaku bagi katak Afrika. Kenapa? Karena Afrika termasuk daerah yang sering dilanda kekeringan, sehingga sangat sulit untuk mendapatkan genangan air. Tapi meskipun begitu, katak Afrika tetap bisa bertahan hidup di tengah cuaca yang terik loh. Cara katak Afrika bertahan hidup adalah dengan cara mengubur dirinya di tanah. Katak ini akan menguburkan diri selama berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun hingga musim penghujan tiba. Tenang aja, dia ga bakalan mati kok, karena katak Afrika ini akan melakukan estivasi selama berada di dalam tanah. Agan dan Sista tau estivasi? Jadi estivasi hampir mirip dengan hibernasi, nantinya sang katak akan merubah lapisan kulit luarnya menjadi kepompong sebelum melakukan estivasi.


Kanguru



Selain kadal setan duri, hewan asal Australia lainnya yang memiliki cara unik tersendiri dalam bertahan di tengah cuaca yang panas adalah kanguru. Hewan berbulu ini bukanlah hewan yang memiliki kelenjar keringat dan akan mengeluarkan keringat ketika ia kepanasan. Untuk bertahan hidup, kanguru akan menjilati bagian lengan bawahnya yang memiliki pembuluh darah khusus agar tubuhnya tetap dingin.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arisentris. dan 7 lainnya memberi reputasi
Balasan post fitria1994
ane malah ngiranya tu kangguru kagak pernah dihabitat panas-panas kek gitu emoticon-Cape d...
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di