CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Empat hal berikut bisa jadi tips membentuk karakter anak lho gansis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e158916337f935d35731173/empat-hal-berikut-bisa-jadi-tips-membentuk-karakter-anak-lho-gansis

Empat hal berikut bisa jadi tips membentuk karakter anak lho gansis

Assalamu'alaikum agan sista semua.

Kali ini ane mau membahas soal pembentukan karakter anak, wew. Bukan karena TS jago ngurus anak ya gansis, tapi jadi bahan pembelajaran bagi ane pribadi juga. Semoga ini bermanfaat buat semua ortu dan calon ortu sejagad Kaskus dan Indonesia. emoticon-Betty



Spoiler for Ikatan orang tua dan anak:




Siapa sih yang ga mau anaknya jadi anak yang sukses, berbakti, dan bermanfaat buat orang banyak. Tentu itu semua dimulai dari karakter yang baik yang dibentuk sejak dini. Nah 4 (empat) hal berikut ini bisa jadi tips untuk pembentukan karakter anak. Langsung aja ya, cekidot:


1. Sentuhlah anak setiap hari.


Memenuhi kebutuhan emosional dan psikologis anak merupakan kewajiban orang tua. Hal ini bisa dilakukan dengan memberinya sentuhan kasih sayang seperti memeluk, mencium ataupun merangkul anak setiap hari. Pelukan ibu bisa jadi sumber energi buat anak lho gansis. Selain itu juga dapat mempererat hubungan orangtua dan anak.

 

2. Memberikan penghargaan saat anak melakukan hal positif.


Penghargaan perlu diberikan pada anak sebagai motivator untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Kita bisa memberikan penghargaan kepadanya berupa pujian, sentuhan seperti point 1, makanan, minuman, bahkan mungkin juga mainan. Jika akan memberikan hadiah sesuaikan besarnya dengan perjuangan yang telah dilakukan anak.


 

Spoiler for Sumber penjelasan dan gambar:




3. Memberikan penjelasan secara santun saat anak melakukan kesalahan.


Tentunya sebagai orang tua kita suka jengkel ya saat si kecil melakukan kesalahan, seperti membuang makanannya, menumpahkan susunya, menghambur mainan ke mana-mana sampai rumah kayak kapal pecah. (kata emak ane begono) emoticon-Ngakak (S)

Tapi gansis, jangan sampai hal ini membuat kita jadi lepas kendali, marah-marah ga jelas (nasehatin diri sendiri ini fix).  emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) Berilah penjelasan yang santun, tenangkan diri kita dulu, kasih contoh yang baik buat anak. (baik, saya akan mencobanya). emoticon-Malu (S)



Quote:




4. Tak pernah jenuh untuk mengingatkan anak agar berbuat kebaikan.


Nah yang terakhir jangan pernah bosan untuk mengingatkan kebaikan pada anak. Seperti halnya orang tua kita dulu, sering banget kan ngomong diulang-ulang supaya kita inget, semisal bangun pagi, kerjain PR, buang sampah pada tempatnya, beresin mainan dan lain-lain. Banyak banget deh hal baik yang bisa kita ajarkan pada anak. 


Demikian thread ane kali ini, semoga bisa menginspirasi sahabat kaskuser di manapun berada. Terima kasih dan sampai jumpa.



Sumber : IG @parenting.dream
Gambar : google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
widi2685 dan 5 lainnya memberi reputasi
Ucapkan kata TOLONG ketika membutuhkan bantuan,, dan bilang TERIMA KASIH ketika mendapat kebaikan dari orang lain..

Untuk mengajarkan hal tersebut, orang tua bisa mengucapkan kata TOLONG ketika hendak menyuruh anak,, misal: "Nak, tolong belikan sabun cuci di warung".. dan jangan lupa ucapkan terima kasih ketika anak sudah melakukannya..
Sehingga anak akan merasa lebih terlibat dan dihargai.

Semoga bermanfaat 🙏


Mampir juga, gan 🤭👇

Anak Malas Belajar? Jangan Marah, Cobain Deh 7 Tips Ampuh Berikut Ini!

profile-picture
widi2685 memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di