CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bikin Panas Dingin, Berikut Pesona Tersembunyi Laut Natuna yang Ingin Diklaim China!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e12e38fc9518b51614d84c0/bikin-panas-dingin-berikut-pesona-tersembunyi-laut-natuna-yang-ingin-diklaim-china

Bikin Panas Dingin, Berikut Pesona Tersembunyi Laut Natuna yang Ingin Diklaim China!



Belakangan ini, Laut Natuna (Indonesia) atau yang lebih dikenal dengan Laut China Selatan kembali diusik oleh nelayan yang berasal dari China. Parahnya lagi, kapal-kapal penangkap ikan tersebut dijaga oleh kapal perang negara yang bersangkutan. 

Sebetulnya, apa sih pesona Laut Natuna hingga begitu digemari nelayan negara lain? 

1. Ikan Napoleon 



Didalam perairan yang terbentang disekitar Kepulauan Natuna, hidup ikan yang sangat langka. Ikan yang juga dikenal sebagai King of Ocean, ialah Ikan Napoleon. Penamaan Ikan Napoleon ini dikarenakan bentuk kepala ikan yang seperti memiliki poni yang mirip dengan poni pemimpin militer perancis yang sangat terkenal, yaitu Napoleon Bonaparte.

Spoiler for Napoleon Bonaparte:
Spoiler for Napoleon Bonaparte:


Ikan yang beratnya bisa mencapai hingga 190 Kg dengan panjang 2 meter ini, memiliki minat pasar yang sangat tinggi meskipun harganya terbilang mahal (dapat mencapai 1,6jt/kg), dikarenakan mitos yang dipercaya bahwa jika memakan Ikan Napoleon dapat meningkatkan derajat seseorang, dan juga dapat meningkatkan vitalitas pria, oleh sebab itu juga lah raja para ikan ini sekarang terancam punah.



Sumber : Ikan Napoleon

2. Kekayaan Perikanan yang Berlimpah



Bukan cuma memiliki kekayaan kandungan minyak dan gas alam yang besar, kawasan Laut Natuna juga memiliki kekayaan perikanan yang berlimpah, diantaranya adalah ikan pelagis kecil (621,5 ribu ton/tahun), demersal (334,8 ribu ton/tahun), pelagis besar (66,1 ribu ton/tahun), ikan karang (21,7 ribu ton/tahun), udang (11,9 ribu ton/tahun), cumi-cumi (2,7 ribu ton/tahun), hingga lobster (500 ton/tahun).

Wajar saja jika Laut Natuna dianggap surga bagi para nelayan, bahkan nelayan (nakal) dari negara asing. Letaknya yang berada didaerah perbatasan, membuat potensi perikanan di Laut Natuna sering dicuri oleh nelayan dari negara lain.



Sumber : Kekayaan Perikanan Kawasan Laut Natuna

3. Letak Geografis yang Strategis



Secara geografis, posisi Laut Natuna berada di jalur pelayaran internasional, yakni antara Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Indonesia, dan Taiwan. Letak tersebut tentu merupakan posisi yang amat strategis, terbukti dengan ditemukannya artefak kuno dari abad ke-10 hingga ke-19 masehi di perairan Laut Natuna.



4. Keindahan Pariwisata Alam



Natuna, adalah kepulauan paling luar bagian utara yang dimiliki oleh Indonesia. Rupanya menyimpan begitu banyak keindahan alam. Contohnya saja Pulau Senua.



Keindahan laut yang jernih, serta hamparan pasir putih menjadikan Pulau Senua sebagai salah satu wisata yang insta-worthy banget kan. Selain itu, tempat yang masih sangat alami ini tentu juga merupakan surga bagi terumbu karang, rupa-rupa ikan, serta biota laut lainnya disekitar Pulau Senua. 

Selain Pulau Senua, ada juga pantai-pantai lain yang tak kalah indah, ialah Pantai Sisi,  Batu Sindu, Alife Stone Park, dan masih banyak lagi.

sumber : Surga Paling Utara Indonesia

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 63 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
Pemandangannya keren sekali ternyata
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan ajang.dee memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di