CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bahaya Gak Sih, Kita Konsumsi Buah Yang Masak Dengan Karbit?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0da5b05cf6c4748f0a3fce/bahaya-gak-sih-kita-konsumsi-buah-yang-masak-dengan-karbit

Bahaya Gak Sih, Kita Konsumsi Buah Yang Masak Dengan Karbit?



Setelah kemarin aku buat thread tentang Benarkah Pisang Cavendish Itu Pisang Impor? di mana buah pisang cavendish itu dimasakkan dengan menggunakan gas etena untuk menjadikan warna kulit buahnya masak dan kekuningan.

Terus di sana ada komen kayak gini,
Quote:


Tahu gak sih apa itu gas etena yang buat memasakkan buah pisang atau jeruk?

Kalau gas etena gak tahu, tentu tahu dong yang namanya karbit, gak tahu tentang karbit juga, googling aja deh, hahaha

Memang sih ya, makan buah itu paling enak adalah makan buah yang matang di pohon, jadi kita petik tinggal dikonsumsi, itu paling nikmat, rasa manisnya juga alami dan asli.

Tapi kan gak mungkin ya, setiap buah akan kita temui dengan matang di pohon, buat para pedagang jelas akan rugi kalau semua matang di pohon, bisa busuk sebelum laku buahnya, bukan untung malah buntung, duh...

Jadi solusinya, adalah buah yang akan dijual itu dipetik dengan kematangan sekitar 80% lalu dimasakkan dengan gas etana atau karbit itu.

Sekarang, aman gak sih kita mengkonsumsi buah yang matang dengan karbit seperti itu?

Dilema sih ya, satu sisi kita ingin sekali makan buah tertentu yang ada saat itu, akan tetapi di sisi lain, buahnya matangnya dengan karbit, gimana ya kira-kira efeknya buat tubuh kita setelah mengkonsumsinya?

Seperti kita tahu, pisang yang matang dengan karbit juga cepat membusuknya, gak jauh beda sebenernya dengan buah matang di pohon, dan dampak terhadap kesehatan, terutama bila buah berkarbit itu membusuk dan diberikan ke hewan ternah, bisa menyebabkan ternak sakit, meski itu juga gak mutlak.

Nah, kalau manusia yang mengkonsumsi buah matang dengan karbit ternyata belum ada bukti ilmiah bahwa buah berkarbit berbahaya buat tubuh manusia.

Hanya saja, penelitian yang pernah ada adalah: bila pisang dimasakkan dengan karbit maka matangnya akan lebih cepat, akan tetapi proses busuknya juga paling cepat.

Jadi kesimpulannya adalah:

Buah yang matang dengan gas etilen atau karbit, tidak ada dampak negatif buat tubuh kita yang mengkonsumsinya, karena kadar vitamin dan mineral pada buah tidak berubah walaupun sudah terkena proses pemasakan dengan karbit. Sifat karbit hanya membantu agar kulit buah lebih cepat menguning dan daging buah lebih lunak dan siap dikonsumsi.

Setelah tahu bahwa kita konsumsi buah berkarbit itu tidak berbahaya, jangan lupa rutin konsumsi buah yaa, lebih baik lagi kalau buah yang sesuai musim, tentunya sudah diatur bahwa tubuh kita butuh buah musim itu, coba deh. emoticon-Big Grin

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
X3N0NX dan 20 lainnya memberi reputasi
ternyata gak bahaya
profile-picture
X3N0NX memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di