CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Domestik /
MENGENAL DESTINASI WISATA DI KABUPATEN SINJAI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0d55bca2d19539f56d5265/mengenal-destinasi-wisata-di-kabupaten-sinjai

Mengenal Destinasi Wisata di Kabupaten Sinjai

Sinjai dengan Sejuta Pesona Alamnya



Hei... hei... hei gansis, jumpa lagi dengan ninaahmad. Kali ini akan mengangkat sisi keindahan kota kelahirannya ane gangsis. Kabupaten Sinjai, ditempuh kurang lebih 6 Jam dai Makssar Ibu Kota Sulawesi Selatan. Adalah sebuah kota kecil yang sebagian orang tidak mengenal kota ini. Bahkan tidak banyak yang menjadikan Kabupaten Sinjai sebagai tujuan utama travelling nya mereka. Namun siapa sangka ternyata kota ini menyimpan seribu pesona alamnya. Klik disini



Berkunjung kesuatu wilayah, tentulah rasanya akan terasa sangat kurang jika tidak menjelajahi tempat tempat wisatanya. Kabupaten Sinjai adalah salah satu Kabupaten dibagian Timur Sulawesi Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Gowa, Kabupaten Bone dan Kabupaten Bulukumba.


Tidak ada salahnya jika mengagendakan liburan akhir pekan di Kabupaten Sinjai. Daerah ini memiliki destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi.
Jangan khawatir, suguhan pesona alamnya tidak hanya mampu menghilangkan penat setelah beraktivitas namun juga menyimpan sisi edukasi. Tidak hanya wisata alam, Kabupaten sinjai juga memiliki tempat tempat bersejarah, cagar budaya, kuliner khas daerah, tempat tempat romantis hingga area bermain anak yang aman dan menyenangkan.


Berikut beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Sinjai

1. Batu Pake Gojeng





Batu Pake Gojeng merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Kabupaten Sinjai. Terletak di Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara yang berjarak kurang lebih 2 KM dari pusat kota Sinjai. Dari puncak Batu Pake Gojeng, kita bisa menyaksikan pusat Kota Sinjai. Batu Pake Gojeng dikenal pula dengan nama Taman Purbaka Batu Pake Gojeng, yang memiliki nilai historis tersendiri. Di lokasi ini masih memiliki 3 peninggalan yaitu megalitikum, artefak dan ekofak. Bukti peninggalan peninggalan arkeologis telah dirapikan dan dibuat jalan setapak sebanyak 120 buah anak tangga menuju bukit Batu Pake Gojeng. Tempat ini ramai dikunjungi pada musim liburan, dan seringkali digunakan oleh lokasi penelitian oleh kalangan pelajar.


2. Benteng Balangnipa







Benteng Balangnipa terletak di Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai yang didirikan pada tahun 1557 oleh tiga kerajaan setempat yaitu Kerajaan Bulo Bulo, Lamatti dan Tondong. Dahulu benteng ini dijadikan sebagai benteng pertahanan oleh para pejuang. Benteng ini menjadi saksi dentuman meriam penjajah Belanda, yang pada akhirnya takluk tahun 1959 – 1961. Benteng ini berdiri kokoh dengan sejumlah bangunan ala Eropa yang memiliki sejumlah gedung yang dulunya digunakan sebagai pusat administrasi bagi pemerintah kolonial Belanda saat itu. Meski beberapa bagian telah direnovasi namun sampai sekarang masih ada bangunan asli yang berdiri kokoh dan tidak di renovasi sebagai bukti sejarah.


Quote:


3. Pulau Sembilan



Salah satu tempat wisata yang menyimpan seribu pesona alam laut di Kabupaten Sinjai. Pulau ini merupakan nama untuk kawasan yang terdiri dari 9 Pulau yaitu Pulau Burung Loe, Pulau Liang – Liang, Pulau Kambuno, Pulau Kodingare, Pulau Batang Lampe, Pulau Katindoang, Pulau Kanalo I, Pulau Kanalo II, dan Pulau Lare – rea. Saat anda tiba di kawasan pulau sembilan, kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan suara desiran ombak. Seiring perkembangan tekhnologi Pulau Sembilan sudah memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti listrik, tower untuk jaringan telekomunikasi, dan bahkan disana terdapat Pos polisi untuk penjagaan pengamanan. Jadi tidak perlu khawatir berada dipulau ini.


4. Hutan Mangrove Tongke – Tongke







Tongke – tongke adalah desa yang berada di Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Di kawasan inilah terdapat tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal. Kepadatan pengunjung biasanya terjadi di hari hari libur. Selain tarif masuknya yang sangat murah, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan hutan mangrove dan hamparan laut yang sangat indah. Dan pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan, disana terdapat pedagang pedangang yang mewarkan dagangan dan beberapa kafe terapung dengan berbagai aneka makanan dan minuman.



5. Pantai Bulokkong



Pantai Bulokong terletak di Desa Bua, Kecamataan Tellulimpoe, 16 Kilometer dari Kota Sinjai dengan jarah tempuh kurang lebih 30 Menit. Lokasi yang masih sangat sejuk dan tertata rapi menambah kesan indah pantai ini. Saat memasuki wilayah wisata kita disuguhi pemandangan yang sangat indah dan deburan ombak. Tempat tempat istirahat yang disediakan ditempat ini menambah kenyamanan bagi para mengunjung.



6. Taman Hutan Rakyat (TAHURA)






Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Abdul Latif yang terletak di Kecamatn Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, ini menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu diakhir pekan. Pemandangan yang sangat indah dan hawa yang sangat sejuk menambah kesan indahnya alam Taman Hutan Rakyat ini.


Untuk sampai pada tempat ini membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam dari Kota Sinjai. Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan stamina selain tempatnya yang terletak diketinggian juga jalanan berkelok – kelok, namun pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan sangat indah dan sejuk.


Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, pengunjung disarankan membawa pakaian yang cukup tebal. Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi baik dikalangan masyarakat umum maupun aktifis lingkungan dan Kelompok Pencinta Alam. Selain menyediakan beberapa aneka tumbuhan dan hewan yang dimanfaatkan untuk edukasi juga menyediakan gazebo – gazebo yang nyaman untuk tempat berdiskusi. Tidak jarang lokasi ini dikunjungi sebagai lokasi penelitian oleh di kalangan pelajar dan mahasiswa



Nah masih banyak gansis tempat wisata di Kabupaten Sinjai, seperti Rumah Adat Karampuang, TPI Lappa, Bamboo Village Tanassang, Air terjun Pussanti, Air Terjun Barania, Air Terjun Laliako, Air Terjun Kembar Barambang, Air Terjun Lembang Saukang, Air Terjun Pincuni. Tempat Wisata lainnya akan ane ulas pada artikel berikutnya.


Demikian gansis semoga pada liburan berikutnya destinasi Wisata Kabupaten Sinjai menjadi tujuan utama ya gansis.
Sampai jumpa gansis.


Penulis : ninaahmad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ninaahmad
masih banyak lagi gan, entr ane ulas lebih banyak lagi di artikel berikutnya..
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di