CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
TAMAN BATU PURBA NAN EKSOTIK, STONE GARDEN GEO PARK BANDUNG BARAT
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e02bc75c9518b375450bfa3/taman-batu-purba-nan-eksotik-stone-garden-geo-park-bandung-barat

TAMAN BATU PURBA NAN EKSOTIK, STONE GARDEN GEO PARK BANDUNG BARAT

Taman Batu Purba, Stone Garden Geo Park Bandung Barat


Assalamualaikum Agan dan Sista terkece badai ... Ketemu lagi sama VitaArkana, TS yang doyan makan. Namun kali ini ane ga akan membahas soal makanan, Gans.



Sumber : Google


Ane akan mengulas sebuah tempat wisata yang menarik di kawasan sekitar rumah ane. Musim liburan gini enaknya berwisata. Sesekali wisata yang agak berbeda dari biasanya. Salah satunya adalah sebuah wisata pendakian gunung kapur di daerah Padalarang Bandung Barat.


Apa yang agan dan sista pikirkan jika mendengar kata Stone Garden? Bukan Meteor Garden lho yaaa ....


Stone Garden atau taman batu. Adalah suatu tempat yang berisi batuan purba. Stone Garden Geo Park Citatah Cipatat Padalarang namanya. Lokasinya tidak jauh dari Situ Ciburuy, sebuah danau di kawasan Padalarang Bandung Barat.



Sumber : dokumen pribadi


Stone Garden terletak 1-2 jam perjalanan dari pusat kota Bandung, ke arah Cianjur. Dari pintu tol Padalarang kurang lebih 5 km sesudah Situ Ciburuy.

Stone Garden garden merupakan sebuah hamparan tanah yang luas yang di isi oleh formasi bebatuan yang sangat indah yang terletak di Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab.Bandung Barat, Jawa Barat. Kawasan ini berada di areal sekitar + 2 hektar dan berada di ketinggian 908 Mdpl ( explorebandungbarat.com ).

Menariknya nih Gansist, batuan di stone Garden tidak seperti batuan pada umumnya, namun lebih mirip batu karang yang ada di dalam lautan. Menurut para peneliti stone Garden, kawasan ini dahulu adalah sisa dari puing-puing dasar danau purba Bandung.



Sumber : dokumen pribadi


Berikut adalah alasan Stone Garden cocok untuk dikunjungi, antara lain :

1. Keindahan panorama batu kapur yang sangat eksotik
2. Lokasi cantik untuk selfie maupun wefie
3. Keperluan fotografi
4. Wisata sejarah dan budaya serta untuk keperluan penelitian

Lokasi Stone Garden ini terdiri dari hamparan batu kapur yang tak beraturan. Akan tetapi sekitarnya masih dipenuhi rumput-rumput yang hijau membentang dan pepohonan di sisi-sisinya. Selain itu juga, masih banyak ditemukan kawanan monyet liar yang mendiami area ini.


Untuk mencapai puncak dari stone Garden diperlukan fisik dan kekuatan kaki yang cukup bagus. Dari mulai area parkir menuju ke kawasan ini sudah disuguhkan dengan kondisi jalan menanjak yang berupa tangga-tangga dari bebatuan. Sesampai di awal lokasi, Agan dan sista akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Berada dari ketinggian melihat sekitar yang lebih rendah sangat memacu adrenalin dan menantang. Pepohonan mulai jarang namun, rumput liat yang hijau masih terlihat indah.


Mulai menanjak melewati bebatuan, Gansist harus ekstra hati-hati, karena tak ada tangga khusus menuju puncak, hanya bebatuan sebagai tumpuan.


Jika kondisi cuaca sedang panas, disarankan memakai topi untuk pelindung kepala. Sepanjang bebatuan yang menanjak, Gansist tidak perlu khawatir jika kelelahan dan butuh tempat istirahat sejenak, karena banyak tersedia saung ataupun pondok kecil tanpa dinding sebagai tempat untuk istirahat.


Jika Gansist kebingungan, ada juga pemandu lokal yang siap menunjukkan arah. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kawanan monyet liar yang terkadang mendekat. Bersikap santai dan tidak memakan makanan yang dapat menarik monyet untuk mendekat adalah solusinya.



Sumber : dokumen pribadi


Jangan lupa berbekal air minum yang cukup selama pendakian, karena pada area tidak ada penjual yang menjajakan minuman. Jika berniat membeli makanan atau minuman, Gansist bisa membeli pada sekitar area parkir. Selain itu kondisi alami stone Garden masih dijaga. Gansist tidak akan menemukan toilet umum diatas. Toilet disediakan di dekat area parkir.

Jadi sebelum mendaki, persiapan diri dan perbekalan kita ya Gansist. Untuk mencapai puncak lokasi ini dibutuhkan kondisi fisik yang lumayan, tidak disarankan untuk yang punya rematik.



Sumber : dokumen pribadi


Kelelahan selama perjalanan akan terobati saat kita mencapai puncaknya, panorama alam yang eksotik udara yang segar alami dan hembusan angin betul-betul menyentuh kalbu kita. Rasa kagum akan ciptaan Tuhan membuat kita bersyukur akan kebesaran-Nya.

Stone Garden Geo Park Citatah Cipatat ini lebih ramai pada sore hari, karena para pengunjung ingin melihat keindahan sunset dari ketinggian. Namun tak ada salahnya jika Gansist mencoba datang pada pagi hari, tentunya kita dapat menghirup segarnya udara di Stone Garden tersebut. Satu lagi yang tak kalah penting adalah harga tiket yang terjangkau. Waktu ane ke lokasi dikenakan biaya tidak sampai 10 ribu per orang.



Sekian ulasan dari ane. Semoga bermanfaat untuk agan dan sista semuanya. Berwisata tidak harus ke tempat yang mahal ya, Gans.

Selamat berlibur ....


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 27 lainnya memberi reputasi
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di