CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Anak Jaman Now Mungkin Gak Tahu Motor Ini, Nenek Moyang Satria FU Dan Ayago
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de9e92a337f9329ef35d5d5/anak-jaman-now-mungkin-gak-tahu-motor-ini-nenek-moyang-satria-fu-dan-ayago

Anak Jaman Now Mungkin Gak Tahu Motor Ini, Nenek Moyang Satria FU Dan Ayago



Deretan motor ayam jago atau yang disingkat ayago saat ini hanya beberapa pabrikan yang mengisi lineup tersebut. Dan motor yang banyak dikenal adalah Honda Sonic 150 dan Suzuki Satria FU.

Motor ini sangat terkenal di kalangan anak remaja, karena memang spirit dan konsep sebuah motor ayago itu sangat cocok serta masuk di kalangan anak muda seperti ini.

Tapi selain dua motor tersebut, Kawasaki juga sempat mendatangkan motor berjenis ayago ini. Mereka menyebutnya dengan Kawasaki Athelete, yang sayang penjualannya tidak sebagus Suzuki Satria dan Honda Sonic.



Kira-kira anak muda jaman sekarang tahu atau tidak sejarah motor ayago di Indonesia, dan apakah pada penasaran dulunya motor ayago itu seperti apa.
Jadi di era 90an...mungkin disini ada yang pernah dimasa tersebut?...motor bebek diera 90an itu masih sangat populer ketimbang era yang sudah menggeser ke perkembangan motor matic ini.

Dulu pertama kali motor jenis ayago sudah mengaspal di Indonesia di akhir tahun 80an, dan mulai hits di era 9pan sampai 2000 awal.

Sebenarnya saat itu popularitas ayago tidak begitu besar, penjualannya masih kalah dengan motor bebek biasa. Alasannya adalah motor ayago dinilai jauh lebih mahal dari motor bebek biasa dan karakter ayago itu kesannya lebih racy dan tidak senyaman motor bebek biasa.



Jika yang masih ingat, dulu Suzuki sempat mengeluarkan motor ayago bernama Suzuki RC Sprinter pada tahun 1988. Bisa dibilang motor ini adalah kakek dari Satria Fu yang sering kalian temui di jalan-jalan.

Secara desain motornya masih terlihat sangat kuno dan sekilas mirip Suzuki Bravo. Motor ini pakai mesin 2-tak berkapasitas 99.6 cc (100 cc) berpendingin udara, memiliki tenaga 9,5 dk pada 6.500rpm dan torsi 1.15 kg.m pada 5.000 rpm.



Selanjutnya dari Yamaha, dan siapa bilang Yamaha gak punya motor ayago. Dulu mereka sempat mengeluarkan motor bernama Yamaha Champ seperti yang bisa kalian lihat diatas.

Motor ini keluar pada tahun 1989, dan Yamaha menggunakan basis dari motor Alfa. Jadi secara desain hampir tidak ada bedanya, cuma bentuk depan menunjukkan ciri khas sebuah bebek ayago. Keunggulan dari Champ dibanding RC Sprinter adalah rem depan sudah pakai cakram.



Terakhir yaitu Honda Tena, motor ini baru keluar di pertengahan tahun 90an jadi kalau bicara soal desain sudah jauh terlihat modern dan keren. Secara resmi motor ini tidak diperjual belikan di Indonesia lewat APM, tapi dulu importir umum ada yang memasukkannya ke Indonesia sehingga secara populasi tidak begitu banyak.

Sekedar tambahan, Honda Tena yang merupakan motor Thailand ini dulu hadir dengan beberapa varian yaitu Tena S, Tena R dan Tena RS. Peerbedaannya yaitu di bagian kopling, Tena S kopling otomatis, Tena R manual dan Tena RS yaitu manual dengan close ratio.

Referensi : gridoto.com(30/11/2019).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 2 lainnya memberi reputasi
dulu honda tena sama suzuki rg sport lawan berat f1zr di road race kelas tune up sama di ARRC
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di